Adsense Di Youtube

Rate Youtubers Gaming Menurun pada 2017

Di Tahun 2017 sepertinya akan menjadi Tahun berkembangnya Youtube. Bahkan kata kata yang mengatakan bahwa youtube lebih dari Tv akan terbukti pada tahun 2017. Namun pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai youtubers gaming yang akan mengalami penurunan minat penonton pada tahun 2017.

Bagaimana kelanjutannya langsung saja kita ke TKP.

Youtubers gaming Banyak

Siapa yang tidak setuju jika saya mengatakan bahwa youtubers gaming sudah banjir di dunia youtube. Saya yakin semua juga mengatakan setuju.

Mulai dari youtubers luar negeri sampai dengan youtubers indonesia sendiri sudah tidak di herankan lagi jumlahnya. Mulai dari yang masih kecil sampai yang sudah dewasa juga turut meramaikan pasar youtubers gaming.

Dengan banyaknya populasi youtubers gaming. Ini bisa menjadi sebuah boomerang untuk menyerang satu dengan yang lainnya. Karena dari konsep youtubers gaming sendiri berbeda dengan youtubers lainnya.

Konten yang mereka buat juga kebanyakan menggunakan konten pribadi dalam arti lain tidak collab dengan youtubers lainnya. Meskipun beberapa youtubers gaming ada yang rutin melakukan kolaborasi dengan youtubers lainnya.

Serangan lain dari banyaknya youtubers gaming sendiri adalah membuat penonton bingung dalam memilih channel. Mungkin sekarang channel gaming masih di dominasi oleh pemain lama. Atau youtubers lama.

Seperti Reza Oktovian, Pokopaw, Miauaug, Danu dkk. Ini adalah youtubers lama yang sudah mempunyai nama di dunia youtubers gaming. Ini masih sebagian kecil dari youtubers gaming. Jika saya tulis semua pasti banyak banget. Saya juga salah satunya. Namun sekarang saya ganti haluan :p karena memang pasarnya sudah menurun.

Game lama nggak laku

Untuk menjadi youtubers gaming. Membutuhkan sedikit modal terutama dalam mengupgrade Pc, dan juga kasetnya atau gamenya. Game merupakan salah satu nilai jual dari youtubers gaming.

Bayangkan jika kalian memainkan game yang sudah lama alias jadul banget. Pasti penonton juga males kan. Kecuali kalian seperti tara arts yang sudah bisa di bilang youtubers gede, itu sih tidak masalah. Pasti ada fans sejatinya yang menonton.

Jika kalian mengikuti perkembangan youtube. Pasti kalian pernah merasakan waktu game Inside booming. Iya nggak? Waktu di mainin sama Reza Oktovian dan Miau Aug. Selanjutnya ada youtubers lain yang ngikut.

Di awal memang gamenya laris banget di pasaran youtube. Bayangkan jika game tersebut dimainkan sekarang, baru di buat walktroughnya dari awal. Apakah laku? Nggak! Meskipun game play kalian unik. Pasti akan sulit menarik perhatian dari penonton.

That’s why kenapa game online lebih laku walaupun memang game nya sudah jadul. Seperti game point blank. Jelas konteksnya beda ya.

“Terus kalau gta kak kok bisa laris?”

Untuk GTA sendiri kebanyakan mainnya mod kan? Itu juga nggak terlalu laku di pasaran. Kecuali yang mainnya youtubers gede. Coba youtubers kecil. Mungkin agak sulit. Bisa dicoba.

2017 kami butuh hiburan

Hiburan! Ini yang menjadi salah satu daya tarik dari pasar youtube saat ini. Meskipun youtubers gaming juga melakukan ‘entertaining’ dalam kata lain juga menghibur. Namun konteksnya berbeda.

Di 2017 ini sepertinya kita membutuhkan hiburan yang lebih fresh. Dan parody sepertinya akan naik daun lagi. Dengan banyaknya kasus kasus atau fenomena yang akan terjadi di 2017 yang pastinya akan lebih greget dari tahun 2016.

Untuk youtubers gaming sendiri sebenarnya sudah pernah mengambil peran pada 2015. Dimana memang 2015 menjadi tahun dimana youtubers gaming mengalami kejayaan. Sudah berselang 2 tahun, 2017 sudah dipastikan youtubers gaming mempunyai peluang untuk lengser.

Hal lain yang mendukung kebutuhan hiburan adalah Tv. Jika kita perhatikan Tv jaman sekarang tidak terlalu fokus dalam memberikan hiburan bagi masyarakat. Benar kata Pandji dalam stand up tour “Juru Bicara” yang mengatakan bahwa Tv jaman sekarang lebih fokus ke Rating.

Sehingga mengesampingkan tujuan adanya acara didalam tv tersebut. Maka dari itu ini bisa berdampak pelarian penonton dari tv ke youtube. Eits jangan senang dulu. Nggak semuanya akan pindah ke youtube.

Karena nggak semua orang tau apa itu youtube. Dan kebanyakan kebiasaan orang indonesia jika tidak ada Wifi males buka youtube. Karena boros kuota. Mereka masih memilih instagram dibanding youtube. Padahal sama saja borosnya.

Tapi untuk youtubers gaming jangan bersedih. Disini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana untuk menyelamatkan diri kalian dari ganasnya persaingan di youtube gaming.

Skill number one

Untuk kalian youtubers gaming. Ingat skill adalah hal utama untuk kalian. Karena jika kalian jago mainnya penonton juga doyan nontonnya. Hal ini sudah terbukti pada beberapa youtubers yang mendapatkan perhatian lebih karena memang jago.

Jadi buat kalian youtubers gaming yang merasa diri kalian jago dan memenuhi kriteria sebagai youtubers gaming yang jago. Selamat kalian sudah masuk tahap aman yang pertama.

Untuk kalian yang belum jago atau pro. Nggak masalah, tetap berkarya sesuai dengan diri kalian masing masing. Siapa tahu dengan tidak pro kalian justru lebih menarik perhatan dari penonton. Kan kita nggak tahu.

Tapi saya saranin untuk terus latihan dalam bermain ya. Siapa tahu kalian gagal di youtube gaming. Tapi bisa lanjut ke kompetisi game nasional. Atau bahkan internasional. Wah itu malah lebih keren.

Pilih game yang seru

Ini menjadi hal yang mendominasi dalam karir youtubers gaming. Seperti yang saya sudah bahas diatas dimana game memang menentukan minat seseorang dalam memberikan perhatian kedalam channel kalian.

Saya saranin kalian sebagai youtubers gaming. Harus update. Jadi memang harus sering sering membuka web gaming untuk membaca updatan game game terbaru. Jadi setelah gamenya keluar kalian sudah bisa buat videonya.

Selain keren kalian juga menjadi orang yang di cari. Terutama jika video yang kalian buat merupakan video walktrough atau cara bermain. Pasti laris di pasaran. Tapi ingat modal yang di keluarkan juga gede. Karena kasetnya ori kan. Kecuali kalian belinya di steam ya. Itu juga biasanya mahal.

Pilihan lain jika kalian tidak mau keluar modal lebih besar. Kalian bisa memainkan game game online yang gratisan. Disana kalian hanya modal internet sudah bisa bikin konten game. Namun ada juga game online yang bayar seperti Overwatch. Itu game steam. Dan memang cukup menjual di pasaran.

PC juga mendukung karir

Percaya atau tidak perangkat kalian itu mendukung karir gaming kalian. Bisa kalian lihat sendiri. Tampilan youtubers yang memperlihatkan mic dengan headset mahal. Biasanya lebih banyak penonton dibanding youtubers amatir. Dengan earphone hp gratisan.

Sudah jelas. Kalian jika punya alat bagus bisa kalian jadikan konten atau kalian bahas dalam video. Bahasnya jangan terang terangan bilang barang ini mahal. Tidak. Mungkin cara bahasnya akan saya share di akun youtube saya di Youtube.com/chardsonz pastikan kalian subscribe dulu.

Karena bakal ada konten konten menarik disana. Lanjut. Jika peralatan kalian memang matang dan terkenal dengan mahalnya kalian bisa melakukan room tour. Ini akan menjadi daya tarik bagi penonton setia kalian.

Kalian bisa pakai keyboard berlampu. Biar kelihatan keren dan kesannya mahal. Jadi bisa jadi daya tarik juga. Jangan lupa nampakkan sedikit mic di dalam video. Biar terkesan elit.

Gaya personal

Ini menjadi ciri kalian. Jika kalian belum memiliki ciri khas. Lebih baik kalian cari terlebih dahulu. Tapi nggak terlalu menjadi masalah. Karena ciri kalian juga bakal muncul seiring waktu.

Yang penting banyak banyakin bikin konten aja. Nanti juga bakalan muncul sendirinya. Sama seperti youtubers gede lainnya. Reza Oktovian juga pernah mengalami perkembangan seperti itu.

Ingat cirinya Reza Oktivian saat di akhir video. Biasa dia sebut “salam gamers” atau di awal dia sempat ngomong “kembali lagi bersama gue Reza Arap si gamers ganteng.” Ini menjadi salah satu cirinya.

Jika kalian berbicara dengan cara seperti itu. Orang orang juga otomatis menangkap jika kalian mengikuti Reza Oktovian. Maka dari itu. Ini adalah fungsi terbersar dari gaya personal seorang youtubers.

Ini sebagai sebuah pengenal seorang youtubers. Beruntung jika kalian mempunyai ciri khas kalian sendiri.

Lakukan collab

Ini penting jika memang channel kalian tidak terkenal. Ya kali kan. Harus ada sesuatu yang dapat menunjukkan channel kalian di publik. Cara lainnya dengan collab.

Bisa kalian lakukan ke youtubers apapun. Yang pasti lebih baik jika youtbers tersebut sudah memiliki nama atau view yang banyak. Akan menjadi sebuah keuntungan bagi kalian.

So itu saja sedikit tips dari saya, semoga membantu karir kalian didalam youtube gaming.
Yang penting 2017 ini merupakan tahun berkarya. Jadi buat kalian jangan lupa untuk berkarya.

Terimakasih untuk sobat klik mania yang sudah membaca artikel ini. Jika ada pertanyaan atau kepingin sharing opini bisa langsung comment dibawah ya. Bisa juga cari di social media saya, di youtube atau instagram.

-RJ-


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :) Find me: Instagram : Chardsonz Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close