Review ProdukTekno

Samsung Galaxy Note 8, Smartphone Mewah dan Berkelas

Samsung Galaxy Note 8, Smartphone Mewah Dan Berkelas. Samsung seakan tiada hentinya terus menggebrak pasar smartphone di seluruh dunia. Dengan label vendor yang kuat, mereka pun terus berinovasi untuk menciptakan smartphone – smartphone mewah dan berkelas. Baru – baru ini, Samsung kembali meluncurkan jagoan terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy Note 8.

Smartphone terbaru Samsung ini tentu menjadi sebuah smartphone yang sangat ditunggu kehadirannya di Indonesia. Memang belum lama ini Samsung sudah memperkenalkan jagoan terbaru mereka tersebut, namun hal itu dilakukan masih terbatas di luar negeri saja dan belum sampai ke Indonesia. Maka tidak heran jika berita dan rumor mengenai smartphone ini memang sangat dicari dan diminati di Indonesia.

Banyak kabar yang beredar jika phablet terbaru dari Samsung ini akan dirilis dan diperkenalkan di Indonesia tepat pada akhir bulan Agustus ini. Tentu ini akan menjadi momen yang sangat eksklusif dan paling ditunggu oleh para pecinta smartphone flagship di Indonesia.

Samsung Galaxy Note 8
Samsung Galaxy Note 8 via androidauthority.com

Berkaca dari kejadian mengerikan yang telah berlalu, Samsung tentu tidak ingin hal tersebut terulang pada smartphone terbaru mereka lagi. Tentu masih jelas di ingatan kita momen mengerikan yang dialami oleh salah seorang pemilik dari Samsung Galaxy Note 7. Samsung Galaxy Note 7 miliknya meledak dan terbakar, membuat ponsle ini dijauhi dan penjualanya pun tidak berjalan mulus di seluruh dunia.

Sama seperti Samsung Galaxy S8 series, Samsung pun ingin membuat kejutan dengan meluncurkan smartphone terbaru mereka ini. Ponsel ini akan disematkan beberapa fitur yang sangat canggih dan belum pernah dipakai oleh smartphone dari vendor lain.

Desain Samsung Galaxy Note 8

Melihat sisi desain dari Samsung Galaxy Note 8, kita mungkin akan langsung teringat dengan desain dari Samsung Galaxy S8 series. Ya, secara keseluruhan, kedua ponsel ini memang memiliki desain yang agak mirip. Perbedaanya terletak pada body Galaxy Note 8 yang lebih besar dan sudut – sudut yang lebih mengotak, sedangkan Samsung Galaxy S8 series memiliki sudut yang lebih membulat.

Samsung Galaxy Note 8
Desain via theverge.com

Untuk konsepnya sendiri, smartphone terbaru Samsung ini akan mengusung konsep Infinity Display, layaknya Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Namun, bezel yang ada pada smartphone ini tentu akan lebih besar dan lebih lebar. Hal ini dikarenakan ponsel ini merupakan sebuah phablet. Kendati demikian, bezelnya tentu tidak akan selebar bezel pendahulunya, Samsung Galaxy Note 7.

Jika diperhatikan secara detail sisi persisi, maka pada bagian kanan body ponsel, Samsung hanya menempatkan sebuah tombol power saja, sedangkan pada bagian kiri terdapat tombol yang berfungsi untuk memunculkan aplikasi pintas yang diatur pada samping kiri smartphone. Tepat di atasnya terdapat tombol volume up down.

Loading...
Samsung Galaxy Note 8
Desain via express.co.uk

Beralih ke bagian bawah, maka kita bisa menemukan sebuah lubang speaker tepat di bagian kanan. Di samping kananya, tepat sebelum bagian lengkungan sudutnya, terlihat S pen khas Samsung yang selalu dilengkapi pada setiap seri Note mereka.

Pada bagian kiri bawah, terlihat lubang jack audio 3.5mm, dan tepat di bagian tengahnya terdapat lubang port micro USB, yang tentunya sudah model Type-C. Untuk slot SIM sendiri bisa kita temukan tepat pada bagian atas smartphone.

Desain Belakang

Berlanjut pada bagian belakang, kita bisa menemukan 2 buah kamera yang ditemani oleh dual LED Flash. Persis disampingnya terdapat sensor fingerprint yang posisinya dan bentuknya sangat mirip dengan sensor fingerprint milik Samsung Galaxy S8 series. Logo Samsung juga bisa kita temukan di bagian belakang, yang diberi warna silver glossy dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Jika dilihat secara keseluruhan, maka bisa dibilang jika desain ponsel ini merupakan hasil kolaborasi dari desain Samsung Galaxy Note 7 dan desain dari Samsung Galaxy S8 series. Bentuknya yang lebih mengotak mencirikan ciri khas dari seri Note Samsung dan bezelnya yang tipis mirip dengan Samsung Galaxy S8 series.

Ukuran Layar Samsung Galaxy Note 8

Berbicara mengenai layar dari Samsung Galaxy Note 8, belum diketahui secara pasti berapa ukuran diagonal layarnya. Namun, jika melihat Samsung Galaxy S8 yang memiliki ukuran layar 5.8 inchi dan Samsung Galaxy S8+ dengan layar 6.2 inchi, maka bisa dipastikan jika Samsung akan membekali seri phablet terbarunya dengan layar 6.4 inchi atau lebih.

Samsung Galaxy Note 8
Layar via valuewalk.com

Hal ini bukanlah hanya omongan belaka dan sangat wajar, mengingat ponsel ini adalah seri Note, yang notabene selalu memiliki layar lebih lebar jika dibandingkan dengan seri ‘S’ mereka. Sepanjang sejarah dari seri Note dan seri ‘S’ miliknya Samsung, seri Note selalu memiliki layar yang lebih lebar.

Layar lebar ini akan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass, yang tentu membuat penggunanya tidak perlu khawatir layar smartphone mahalnya akan tergores benda tajam.

Teknologi Canggih Layar

Samsung akan menggunakan teknologi terbaru untuk layar smartphone besutan mereka ini, yakni AMOLED. Resolusi yang ditawarkan pun tidak main – main, karena mereka akan menggunakn resolusi 4K untuk ponsel ini.

Memang Samsung bukanlah yang pertama menggunakan layar jenis ini, karena Sony sudah menggunakannya lebih dulu pada Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia Z5 Premium.

Samsung Galaxy Note 8
Layar via forbes.com

Layarnya sendiri mengusung teknologi Curved Dispaly. Teknologi ini sudah menjadi fitur umum pada smartphone terbaru Samsung belakangan ini. Pada bagian kanan dan kiri terlihat tidak ada bezel sama sekali dan layarnya menyentuh dinding kiri kanan smartphone.

Beralih ke sudut layar, ponsel ini memang tidak memiliki lengkungan se-ektrim miliknya Samsung Galaxy S8 series. Terlihat jika lekukan layar ponsel ini lebih kecil dan lebih tipis. Samsung menyebut teknologi terbaru mereka ini dengan sebutan ‘Rounded Corner‘.

Pada bagian atas layar, terdapat speaker telepon yang akan berfungsi untuk mendengarkan suara lawan bicara ketika menelepon. Tepat di samping kanannya terdapat sensor Irish Scanner dan sensor kamera depan dengan resolusi 8MP. Pada bagian kiri atas, terdapat sensor proximity dan beberapa sensor lainnya.

Samsung Galaxy Note 8
Layar dalam kondisi mati via mashable.com

Smartphone terbaru Samsung ini tidak memiliki tombol fisik pada bagian depannya. Bagian bawah layar dengan bezel yang tipis tentu tidak akan bisa memuat tombol home lagi. Hal ini pun sudah tidak terlalu digunakan lagi, mengingat sensor fingerprint ponsel ini sudah ditempatkan di belakang. Dan untuk tombol back dan recent apps akan ditempatkan pada layar, layaknya Samsung Galaxy S8 series.

Tampilan dan Antarmuka Samsung Galaxy Note 8

Beralih ke tampilan dan antarmuka, smartphone terbaru ini benar – benar tampil beda dari seri pendahulunya. Jika Samsung Galaxy Note 7 masih menggunakan UI khas Samsung, yakni Toucwiz UI, maka seri terbaru ini sudah menggunakan Dream UI. Tampilan terbaru Samsung ini juga sudah disematkan pada Samsung Galaxy S8 series.

Samsung Galaxy Note 8
Tampilan dan Antarmuka via knowyourmobile.com

Walaupun memang tidak memiliki banyak perbedaan, tetapi UI terbaru Samsung ini tetap kelihatan lebih cantik dan interaktif dari tampilan terdahulunya. UI ini juga dikenal lebih hemat daya dan lebih hemat RAM dibandingkan UI lawas mereka. Samsung juga selalu rutin memperbaharui Dream UI mereka, sehingga tampilanya semakin interaktif dan efisien.

Tampilan smartphone terbaru Samsung ini akan semakin sempurna berkat dibenamkanya layar berteknologi AMOLED. Dengan layar AMOLED, maka layar bisa diatur untuk tetap terjaga dan menampilkan jam, notifikasi, hingga memutar lagu tanpa harus membuka kunci layar. Samsung menyebut teknologi mereka ini dengan sebutan ‘Always On Display‘. Walaupun layar tetap terjaga, hal ini tidak akan membuat baterai cepat habis.

Samsung Galaxy Note 8
Tampilan dan Antarmuka via trustedreviews.com

Untuk sistem operasi sendiri, sudah bisa dipastikan jika Samsung akan membenamkan versi terbaru Android, yakni Nougat 7.0. Hal ini dikarenakan versi Nougat 7.0 adalah versi terakhir dari android untuk saat ini dan Samsung sudah menerapkanya pada Samsung Galaxy S8 series. Samsung tentu tidak akan membuat ponsel ini lebih inferior dengan menyematkan versi Android Marshmallow.

Software dan Hardware

Sudah bisa dipastikan jika Samsung tidak akan tanggung – tanggung dalam menggarap sektor dapur pacu dari smartphone terbaru mereka ini. Untuk versi luar negeri, tepatnya Amerika Serikat, Samsung menyematkan processor Snapdragon 835, yang merupakan versi terakhir dari Snapdragon untuk saat ini.

Samsung Galaxy Note 8
Dapur pacu via cnet.com

Namun, untuk pasar Indonesia, seperti biasanya Samsung akan menggunakan chipset Exynos. Bisa dipastikan jika Samsung akan menyematkan chipset terbaru milik mereka, yakni Exynos 8895. Sedangkan untuk keperluan multitasking sendiri, Samsung akan membekali RAM sebesar 6GB dan memory internal sebesar 64GB. Tentu Samsung akan membuat versi memory internal yang lebih tinggi, yakni 128GB dan 256GB.

Ruang penyimpanan sebesar 64GB tentu sudah sangat lega untuk dipakai. Namun, untuk sebagian orang mungkin belum cukup, tetapi tidak cukup uang untuk membeli versi memory internal yang lebih tinggi. Menyadari hal tersebut, Samsung sudah menyiapkan slot Micro SD hingga 256GB. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan memory saat ingin menyimpan file – file berukuran besar.

Baterai Samsung Galaxy Note 8

Hal yang sangat disayangkan dari produk – produk Samsung adalah kapasitas baterainya yang tergolong kecil. Kebanyakan vendor lain sudah royal dan terbiasa memberikan baterai dengan kapasitas 4.000mAh keatas. Namun, Samsung hanya menyematkan baterai sebesar 3.500mAh.

Samsung Galaxy Note 8
Galaxy Note 8 via kenyaprice.com

Baterai ini tentu akan terasa kurang, mengingat dapur pacu ponsel ini sudah sangat tinggi dan berkelas. Memang harus diakui jika Samsung mampu meracik baterai yang baik dan mampu bertahan lama. Tapi melihat kapasitas yang sangat kecil tersebut, tetap saja akan terasa kurang jika harus digunakan pada ponsel berspesifikasi tinggi.

Berkat penggunaan bahan metal dan desain yang unibody, maka baterai ponsel ini juga sudah mengusung desain non-removable. Belakangan ini, desain unibody dan baterai non-removable memang sudah hal biasa ditemui pada ponsel – ponsel terbaru. Bukan hanya Samsung, tetapi vendor lain juga mayoritas sudah menggunakan baterai jenis ini.

Walaupun memang akan tampil lebih simpel, namun pemakaian baterai non-removable tentu akan menyulitkan pengguna jika ingin mengganti baterai smartphone-nya. Terlebih untuk ponsel Samsung ini, yang hanya memiliki baterai berkapasitas kecil. Bukan tidak mungkin akan lebih soak, dan pengguna harus pergi ke tempat service hanya untuk mengganti baterainya.

Fitur Dan Teknologi Canggih Baterai

Kabar baiknya, Samsung sudah menyematkan fitur fast charging pada ponsel terbaru mereka ini. Dengan fitur ini, pengguna tentu tidak akan merasa bosan menunggu baterai ponsel terisi, karena tidak akan butuh waktu lama untuk melakukan pengisian baterai dengan penuh.

Samsung Galaxy Note 8
Fitur Fast Charging Samsung via phandroid.com

Hal tersebut juga akan berdampak pada keawetan baterai. Bagaimana tidak, dengan waktu charging yang hanya sebentar, pengguna tentu tidak akan kelamaan menunggu baterai terisi penuh. Karena jika kelamaan menunggu, maka seringkali pengguna memakai ponsel mereka sambil mengisi daya. Hal ini akan berdampak buruk pada keawetan baterai ponsel.

Samsung Galaxy Note 8
Wireless Charging Samsung via yzmg.com

Tidak lupa, Samsung juga menyematkan fitur Wireless Charging pada seri Note terbaru mereka ini. Teknologi ini memang sudah lama dipakai oleh Samsung, dan tetap dipertahankan untuk seri flagship-nya.

Sayangnya, Samsung tidak pernah menyertakan wireless charging pad pada paket penjualan smartphone-nya. Tentu dibutuhkan budget yang tidak sedikit untuk bisa mencicipi fitur keren ini, dan itu diluar budget pembelian smartphone-nya.

Kamera dan Video

Berbicara mengenai sektor kamera dan video, tentu Samsung sudah tidak perlu diragukan lagi. Selama ini, Samsung selalu sanggup meracik kamera dengan hasil yang maksimal. Khusus untuk ponsel ini, Samsung kabarnya akan menggunakan sensor kamera beresolusi 12MP untuk kedua kamera belakangnya dan 8MP untuk resolusi kamera depannya.

Samsung Galaxy Note 8
Lensa kamera depan via apktechnical.com

Walaupun memang memiliki resolusi yang jauh lebih kecil dibandingkan para vendor lain dari Tiongkok, namun kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sektor ini tentu akan menjadi buruan para pecinta fotografi untuk mengabadikan momen – momen berharga mereka.

Pengguna juga tidak perlu khawatir jika ingin mengabadikan momen pada kondisi yang kurang cahaya. Penggunaan dual LED Flash pada kamera belakang akan menyelesaikan masalah tersebut. Kamera ini sudah dilengkapi beberapa fitur modern, seperti OIS dan phase detection autofocus.

Samsung Galaxy Note 8
Lensa dual kamera belakang via 9to5google.com

Untuk sektor rekaman video, ponsel ini sudah bisa merekam video hingga resolusi [email protected], [email protected], dan [email protected] Mampu merekam video hingga resolusi tinggi belum cukup buat Samsung. Fitur – fitur canggih lainnya juga turut dihadirkan, seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, dan panorama.

Fitur – Fitur Lain dari Samsung Galaxy Note 8

Ponsel ini memiliki banyak sekali fitur – fitur unggulan. Jagoan terbaru Samsung ini sudah memiliki sertifikat IP68. Dengan IP68 certified, ponsel ini akan sanggup bertahan dari debu dan mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Jadi untuk penggila selfie di dalam air, tidak perlu khawatir untuk menggunakan ponsel ini.

Samsung Galaxy Note 8
IP68 Certified Samsung via trustedreviews.com

Sama seperti Samsung Galaxy S8 series, ponsel ini juga sudah dilengkapi Bixby Assistant. Fitur ini berfungsi untuk mencari informasi yang berkaitan dengan sebuah objek. Caranya sangat mudah, pengguna cukup memotret objek yang ingin dicari, dan Bixby Assistant akan mencari informasi terkait objek tersebut.

Fitur Iris Scanner yang masih tergolong teknologi baru juga turut disematkan pada smartphone ini. Jika pengguna sudah merasa sangat aman dengan fitur keamanan fingerprint, maka fitur Irish Scanner jauh lebih aman dan lebih canggih lagi.

Pengguna cukup mendekatkan mata ke area sensor Irish Scanner, dan sensornya akan membaca kornea mata yang sudah didaftarkan. Jika sudah cocok, maka kunci ponsel akan langsung terbuka.

Samsung Galaxy Note 8
Fitur Irish Scanner Samsung via youtube.com/SuperSafTV

Konektivitas ponsel ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Mendukung 4G LTE Cat16 dengan kecepatan download hingga 930mbps dan upload hingga 127mbps membuat ponsel ini akan sangat kencang ketika browsing maupun mendownload file – file berukuran besar.

Ponsel ini juga sudah menggunakan kabel dan USB Type-C 1.0 reversible connector. USB Type-C ini diklaim 100 kali lipat lebih aman dan lebih awet dari kabel USB biasa. Selain itu, kecepatan transfer data kabel jenis ini juga jauh lebih cepat, sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama ketika harus memindahkan file – file besar dari PC/Laptop ke ponsel.

Harga dan Kesimpulan

Selain itu, persaingan ponsel sekarang ini juga sudah semakin panas, dan mau tidak mau setiap vendor harus mengeluarkan ponsel dengan teknologi dan fitur terbaru mereka.

Harga yang ditawarkan Samsung Galaxy Note 8 memang terbilang sangat mahal untuk smartphone mereka ini. Untuk versi 64GB dibanderol dengan harga 6288 Yuan (Rp.12,5 Juta), versi 128GB dengan harga 7088 Yuan (Rp.14,2 Juta), dan versi tertinggi 256GB dengan harga 7988 Yuan (Rp.16 Juta). Banderol harga yang mahal ini memang sepadan dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung.

Sebagai pabrikan dan vendor terkenal, tentu Samsung ingin menguasai sebagian besar dari pasar flagship smartphone. Mengingat nama Samsung yang sangat besar, tentu bukan hal yang mudah untuk mendapatkan konsumen. Namun, dengan harga yang super mahal, konsumen tentu akan berpikir dua kali untuk memboyong smartphone ini.

Hanya orang – orang dengan budget lebih lah yang akan sanggup untuk membeli ponsel ini. Disamping itu, kebutuhan juga mungkin menjadi sebuah alasan seseorang untuk memboyong sebuah ponsel ini pulang ke rumah. Kita lihat saja apakah Samsung akan sukses dengan ponsel flagship terbaru mereka ini, dan mudah – mudahan saja kejadian yang terjadi pada Samsung Galaxy Note 7 tidak terulang kembali.

Baca Juga :



Loading...

Baca selengkapnya

ronauli80

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait