Adsense Di YoutubeDunia Internet

Buat Video Untuk YouTube? Coba 5 Software Video Editor ini

Software video editor merupakan hal wajib dimiliki oleh para pencinta dan penggiat YouTube. YouTube merupakan sebuah situs berbasis web sharing yang sangat populer hingga saat ini. Walaupun sekarang sudah banyak bermunculan situs yang serupa seperti Vimeo, Dailymotion, dan MeTube, tidak menjadikan YouTube kehilangan posisi sebagai situs web berbagi teratas.

Situs yang didirikan oleh tiga orang bekas karyawan PayPal ini, menghadirkan fitur monetise video. Sehingga video yang diupload memiliki nilai royalti dan menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan.

Namun, untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube, tentunya YouTubers (sebutan penggguna) harus memiliki video yang berkualitas. Seperti konten yang menarik, up to date, dan memiliki kualitas gambar yang beresolusi cukup.

Untuk membuat video yang berkualitas dengan resolusi gambar yang baik, ada beberapa software video editor yang direkomendasikan bagi para YouTubers untuk membuat dan mengedit video. Dibawah ini diantaranya..

Adobe Premiere Pro CC 2017

Software video editor yang satu ini merupakan software yang paling banyak digunakan oleh para editing film. Bahkan, pembuatan film sekelas Hollywood saja menggunakan software ini untuk membuat film. Adobe Premiere Pro CC 2017 merupakan software besutan Adobe System yang sudah sangat terkenal dikalangan para pembuat film.

Software Editor Video
Adobe Premiere CC Pro – Sumber : Adobe System

Software video editor ini mampu melakukan segala teknik editing, mulai dari standart editing, hingga profesional editing dengan interface yang cukup friendly. Untuk mencoba software video editor ini, kamu bisa mengunduh pada halaman resmi Adobe System.

Akan tetapi kamu hanya akan mendapatkan versi trial yang tidak memiliki plugin lengkap. Kamu akan diberikan waktu mencoba selama 30 hari dan pada hari terakhir kamu diwajibkan membeli serial aktivasi.

Camtasia

Software video editor keluaran Techsmith Corporation yang satu ini tergolong cukup bagus untuk dicoba. Software ini memiliki kinerja yang lebih ringan dan mudah untuk di gunakan. Kamu bisa mengedit video, membuat tampilan slide foto, dan menambahkan narasi suara.

Software ini juga mendukung untuk merekam aktivitas laptop atau screen recording. Banyak orang menggunakan software ini untuk membuat video tutorial, karena pengguna dapat merekam video dan sekaligus menjelaskan menggunakan microphone yang bisa menggunakan headset.

Software Editor Video
Camtasia – Sumber : Techsmith System

Terdapat fitur-fitur menarik didalam software ini, seperti menghilangkan layar belakang atau green screen. Hasil video yang selesai diedit bisa langsung di unggah ke halaman YouTube Channel tanpa harus membuka browser.

Berikut contoh video yang menggunakan software Camtasia yang diupload pada YouTube Channel Meta Belajar yang dikelola penulis.

Windows Movie Maker

Software berikut ini merupakan software yang sebenarnya sudah secara otomatis berada didalam PC atau Laptop. Dikarenakan Windows Movie Maker merupakan produk keluaran Microsoft Windows sendiri.

Namun terkadang, jika installer PC atau Laptop yang digunakan merupakan installer bajakan, software ini terkadang tidak muncul. Namun kamu dapat mengunduhnya dengan mengunjungi halaman resmi Windows Movie Maker.

Software Editor Video
Windows Movie Maker – Sumber : www.windows-movie-maker.org

Di dalam software ini terdapat program-program rekomendasi dalam sistem operasi pada Windows. Pengguna dapat memasukkan beberapa drop maupun drag yang disesuaikan dengan urutan pada story board yang memang diinginkan.

Namun software ini tidak dilengkapi dengan plugin yang sering diperlukan oleh para pembuat video atau editor. Seperti plugin zooming, crop, keying, dan lain sebagainya.

Blender

Blender adalah perangkat lunak untuk modelling, rendering, dan animasi 3 dimensi yang kini menjadi andalan animator di Indonesia dan juga seluruh dunia. Walaupun dengan ukuran file yang hanya 75 MB, namun kecepatan, kemudahan dan kelengkapannya bisa mengalahkan seniornya terdahulu yaitu 3D Studio Max dan Maya.

Software video editor Blender ini juga dapat digunakan sebagai video editing, video effects, image retouching, game development, dan lain sebagainya.

Software Editor Video
Blender – Sumber : www.blender.org

Tetapi terdapat beberapa kelemahan dalam menggunakan software ini. Salah satunya adalah perangkat lunak Blender ini terdiri atas beberapa kode yaitu bahasa C, C++, dan Python. Bahasa kode programming dalam software ini terbilang sulit. Hal ini membuat proses pembuatan video memerlukan sebuah tim khusus untuk menterjemahkan kode program tersebut.

Videopad Video Editor

Kamu dapat dengan mudah membuat video, memotong video, menggabungkan video, menambahkan lirik lagu dalam video musik dan menambahkan efek atau transisi menggunakan software ini. Namun sayang, aplikasi milik NHC Software ini tidak digratiskan alias berbayar.

Software video editor ini hanya dapat digunakan dalam waktu 30 hari sebelum pengguna membeli kode aktivasi dari perusahaan pengembang. Namun software ini masih dapat digunakan untuk proses editing video, hanya saja beberapa plugin yang ada tidak dapat digunakan kembali.

Software Video Editor
Videopad Video Editor – Sumber : www.nchsoftware.com

Seperti yang dilansir pada halaman klikmania.net, software ini dirancang untuk bisa dioperasikan dalam computer dengan spesifikasi standar. Software ini dilengkapi dengan fasilitas upload yang memungkinkan pengguna untuk langsung membagikan hasil videonya di Youtube, Facebook, dan Flickr.

Dengan menggunakan fitur software video editor ini, hasil ukuran yang dihasilkan cukup kecil. Hal ini dimaksudkan agar proses uploading dapat berjalan lebih cepat. Selain itu, software ini juga bisa menyimpan hasil editing dalam bentuk 3D.


Loading...
Baca selengkapnya

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Artikel terkait

3 Comments

  1. Bisa mbak. Pakai aplikasi KineMaster.
    Biasanya dipakai yg suka ngeVlog juga.
    Tp usahakan pakai HP yg kapasitas Harddisknya gede dan RAM minimal 2GB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close