Review ProdukTekno

Sony Xperia XZ1: Smartphone Kamera Selfi, Tahan Air dan Android Oreo

Sony Xperia XZ1 Kamera Selfi Tahan Air – Sony merupakan vendor Smartphone yang sudah populer sejak lama. Sony dan Nokia sempat sama sama merajai dunia Smarphone di tanah air. Sony awalnya membuat sebuah joint venture dengan Ericsson, dimana dulu vendor Smartphone ini selalu mengeluarkan ponsel dengan merk Sony Ericsson. Namun pada akhirnya Ericcson di akuisisi oleh Sony.

Beberapa tahun terakhir Sony kembali mengeluarkan produk produk Smartphone yang menyasar kalangan menengah ke atas. Karena Sony bukan hanya fokus pada produk Smartphone, tetapi juga pada produk kamera digital, maka tidak heran jika kamera buatan Sony mampu menarik beberapa vendor Smartphone untuk memasang kamera buatannya di produk Smartphone mereka.

Hal ini juga manjadi kelebihan Sony, kemampuan kamera yang dipasang di Smartphone keluarannya terbilang berkualitas dan mampu bersaing dengan pabrikan lain. Selain itu, Sony juga selalu mengikuti perkembangan teknologi Smartphone. Sehingga Smartphone keluarannya hampir tidak pernah ketinggalan teknologi.

Terakhir, Sony merilis sebuah ponsel kelas atas yaitu Sony Xperia XZ1. Smartphone keluaran terbarunya ini sudah dibekali Android Oreo yang bahkan baru saja resmi di Rilis beberapa waktu yang lalu.

Anda penasaran dengan Sony Xperia XZ1 ini? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Gambaran Umum Sony Xperia XZ1

sony xperia xz1
pict via gsmarena.com

Seperti yang sudah Saya sampaikan di awal, Sony benar benar mengadopsi teknologi Smartphone yang kekinian. Disaat Smartphone lain sedang bersiap siap untuk menciptakan Smartphone yang mampu dibekali dengan Android Oreo, Sony sudah menyelesaikannya. Sony Xperia XZ1 yang baru saja dirilis sudah dibekali dengan Android Oreo. Sebuah penawaran yang menarik untuk para pengguna Smartphone yang penasaran dengan performa Android Oreo.

Dari sisi kamera, Sony Xperia XZ1 memang tidak dibekali dengan dual kamera, yang tengah populer di kalangan Smartphone keluaran terbaru. Namun jangan salah, Smartphone ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 19 Mega Piksel. Ditambah lagi dengan kamera depan atau kamera selfi beresolusi 13 Mega Piksel. Sebuah Smartphone keluaran terbaru yang tidak tanggung tanggung memanjakan pecinta fotografi ponsel dan swafoto.

Ada satu hal lagi yang menarik dari Smartphone terbaru keluaran Sony ini, yaitu waterproof. Meskipun bisa dibilang Smartphone kelas menengah ke atas dengan harga yang tidak terlalu mahal, ponsel ini memiliki kemampuan anti air. Dan tidak tanggung tanggung, ponsel ini mampu bertahan hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit di dalam air. Ini setara dengan kedalaman kolam renang bukan?

2. Desain

sony xperia xz1
pict via techradar.com

Dari sisi desain, Smartphone keluaran Sony memang selalu memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan vendor yang lain. Susunan tombol di kanan kiri ponsel, penempatan kamera dan bentuk body selalu unik dan tidak dimiliki oleh Smartphone lain.

Smartphone Sony Xperia XZ1 ini lebih tipis 0,2 mm dengan pendahulunya Xperia XZ yaitu 7,6 mm dan sekarang hanya 7,4 mm. Seluruh bodinya berupa logam dan aluminium, tetapi Smartphone ini terbilang ringan karena hanya memiliki berat 155 gram saja. Selain itu sisi ponsel yang tumpul membuatnya lebih mudah dan nyaman untuk dipegang.

Di sekitar sisi Anda akan menemukan slot SIM dan microSD disebelah kiri, sedangkan di sebelah kanan adalah tombol volume, tombol khusus kamera dan tombol power cekung. Tombol volume telah menyusut sedikit, mengurangi resiko kesalahan ketika Anda menyesuaikan volume. Pemindai sidik jari adalah di tombol daya, kecuali jika Anda di Amerika Serikat. Karena memang Smartphone keluaran Sony ini memiliki versi yang berbeda untuk beberapa negara.

Pada bagian atas dan bawah sisi depan, nampak logam mengkilat yang khas Sony. Sedangkan pada bagian layar, anda akan menemukan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang akan melindungi ponsel anda dari gesekan jari. Di bagian bawah anda akan menemukan port USB C sedangkan pada bagian atas Anda akan menemukan jack headphone 3,5 mm.

Bagian belakang XZ1 sebenarnya cukup bersih. Kamera 19MP ada di pojok kiri atas, diapit plastik, mirip dengan XZ Premium. Sensor kamera utama terletak di tempat yang akrab, tapi flash dan laser yang telah pindah horizontal Perubahan desain terbesar dari semuanya harus menjadi desain unibody logam.

Seperti sebuah tradisi bagi Sony, Xperia XZ1 juga mewarisi sertifikat IP68, yang artinya bahwa XZ1 adalah Smartphone tahan debu dan tahan air. Ketahanan Smartphone ini terhadap air pun cukup mengagumkan. Bagaimana tidak, ponsel ini mampu bertahan di kedalaman 1,5 selama 30 menit di dalam air. Sebuah kemampuan yang sangat menggoda.

3. Display

sony xperia xz1
pict via techradar.com

Bukan hal yang mengejutkan jika ponsel kelas menengah ke atas masih dibekali dengan layar IPS LCD. Meskipun sebenarnya layar jenis AMOLED lebih banyak digunakan untuk Smartphone kelas atas atau flagship. Meskipun begitu, kualitas layar ini juga tidak bisa diragukan lagi karena mampu menghasilkan hingga 16 juta warna. Bisa dibilang bahwa layar ini adalah LCD yang paling populer pada ponsel ponsel kelas menengah ke atas.

Dari sisi ukuran layar, Sony Xperia XZ1 dibekali layar berukuran 5,2 inchi. Yang berarti setara dengan 68,6% rasio layar dengan ukuran body. Dalam banyak Smartphone, Sony memang tidak menawarkan rasio layar yang tinggi. Namun Sony lebih memerhatikan kenyamanan pengguna dengan memberikan space yang lebih lebar.

Resolusi layar itu sendiri adalah 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel 424 ppi. Ini membuat tampilan layar sangat tajam terutama untuk menampilkan video video FullHD. Sehingga ini sangat mendukung kemampuan kamera yang mampu mengambil gambar berukuran besar dan video yang berkualitas FullHD.

Disamping itu Sony Xperia XZ1 juga didukung dengan teknologi Triluinos display, X-Reality Engine, HDR10 compliant dan Dynamic Contrast Enhancement yang dipatenkan. Ditambah lagi dengan multitouch hingga 10 jari.

4.  Performa

sony xperia xz1
pict via gsmarena.com

Meskipun diluncurkan sebagai Smartphone kelas menengah ke atas, Sony Xperia XZ1 ini membawa hampir semua platform kelas atas yang sudah teruji memiliki performa sangat tangguh. Sony Xperia XZ1 mungkin nantinya akan bisa disandingkan dengan Smartphone kelas menengah ke atas yang sudah populer sebelumnya. Bahkan mungkin memiliki performa yang lebih baik.

Sony Xperia XZ1 bisa dibilang menjadi Smartphone pertama yang menggunakan Android Oreo atau Android versi 8. Tentu saja diluar Smartphone keluaran Google yang memang digunakan untuk uji coba Android. Seperti di ketahui bahwa Android Oreo yang baru saja dirilis oleh Google ini dinobatkan sebagai Sistem Operasi yang paling cepat dan paling cerdas yang pernah ada. Maka tidak diragukan lagi bila Smartphone ini akan memiliki performa yang sangat tangguh.

Sistem operasi yang terbaik ini, didukung pula oleh Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang bisa dibilang sebagai Chipset Smartphone kelas menengah ke atas terbaik. Seperti yang disampaikan oleh Antutu Benchmark bahwa menyatakan bahwa ponsel ponsel dengan Chipset ini memiliki performa yang tangguh dan sebanding meski dipasang di beberapa Smartphone yang berbeda merk.

Dari sisi grafis Sony Xperia XZ1 benar benar dibekali dengan baik oleh Sony. Sebuah GPU Adreno 540 menjadi sumber kekuatan grafis pada Smartphone ini. Sama dengan chipset yang dibawanya, Adreno 540 dikenal sebagai GPU yang populer di kalangan ponsel kelas menengah ke atas. Kemampuannya untuk menggawangi aplikasi aplikasi dengan grafis yang tinggi bisa dibilang mumpuni.

5. Kamera

sony xperia xz1
pict via gsmarena.com

Sony merupakan salah satu perusahaan kamera digital yang memiliki popularitas yang sangat tinggi. Bahkan di pasaran bisa disandingkan dengan kamera sekelas Canon, Nikon dan Fuji. Maka tidak heran jika  Sony juga menjadi produsen kamera Smartphone yang sangat berkualitas. Kamera Smartphone keluaran Sony, tidak hanya digunakan oleh Smartphone keluaran Sony, tetapi juga digunakan oleh beberapa vendor Smartphone yang menawarkan kualitas kamera yang mumpuni.

Sony Xperia XZ1 dibekali dengan kamera belakang berresolusi 19 Mega Piksel. Resolusi kamera sebesar ini tentu saja sangat cocok untuk para penggemar fotografi ponsel yang menginginkan hasil jepretan sekelas dengan kamera DSLR. Ditambah lagi ponsel ini dibekali dengan Image Stabiliser yang membuat gambar tidak akan blurr atau kabur dengan sedikit getaran ketika mengambil gambar.

Kamera ini juga dibekali dengan kemampuan autofocus dan sensor yang sangat cepat. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengambil gambar berkualitas tanpa kehilangan momen. Selain itu, kamera dengan resolusi sebesar ini, juga mampu merekam video dengan kualitas FullHD bahkan sampai dengan 2160p dan 30 frame per second.

Pada kamera depan, Sony Xperia XZ1 ini bisa dibilang sebagai Smartphone Selfie karena dibekali dengan kamera selfi beresolusi 13 Mega Piksel. Kamera ini memiliki sudut yang lebar 22mm yang mampu merekam video dengan ukuran 1080p.

6. Memori

sony xperia xz1
pict via gsmarena.com

Sony memang bisa dibilang sebagai salah satu vendor Smartphone terbaik yang selalu bisa memanjakan penggunanya dengan produk terbaiknya. Sony Xperia XZ1 dibekali dengan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Ukuran RAM ini terbilang cukup besar untuk ponsel keluaran Sony. Karena Sony merupakan Smartphone yang dikenal tidak pernah lagging meskipun kapasitas RAMnya tidak terlalu besar.

Ukuran RAM yang sebesar ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan multitasking beberapa aplikasi sekaligus tanpa takut Smartphone akan hang. Memori internal yang cukup besar ini sangat mengakomodir kualitas kamera yang juga besar dan membutuhkan memori besar untuk menampung hasil jepretannya. Disamping itu, Smartphone ini memiliki slot microSD dengan kapasitas hingga 256 GB.

7. Baterai

Baterai mungkin menjadi satu satunya hal yang tidak terlalu baik di Sony Experia XZ1. Smartphone ini hanya dibekali dengan baterai sebesar 2700 mAH. Ukuran ini terbilang kecil untuk menghadapi sejumlah fitur yang membutuhkan daya cukup besar. Misalnya saja kamera beresolusi 19 MP dan 13 MP yang otomatis membutuhkan banyak daya baterai, apalagi untuk merekam video.

Ukuran baterai Sony Experia XZ1 tentu menjadi sesuatu hal yang tidak istimewa. Karena banyak ponsel keluaran terbaru yang berlomba lomba dalam menyajikan baterai berkapasitas super besar. Namun untuk penggunaan normal, sepertinya kapasitas baterai ini masih cukup memadai. Sebaiknya berjaga jaga membawa power bank apabila ingin menggunakannya dalam aktivitas lebih. Hal ini karena Smartphone ini memiliki non removable baterai yang artinya tidak bisa dilepas untuk ganti baterai cadangan.

Baca juga:

Sekian tadi ulasan mengenai Smartphone Sony Experia XZ1 yang memiliki kamera selfi mantap dan kamera belakang gahar, ditambah lagi mampu bertahan di dalam air sampai 1,5 meter selama 30 menit. Secara umum, Smartphone ini sangat layak untuk dimiliki.

Performa, desain dan kameranya sangat layak untuk menemani kegiatan anda sehari hari. Smartphone yang dikeluarkan oleh Sony memang hampir tidak memiliki catatan buruk dari berbagai sisi. Berikut ini saya tambahkan kelebihan dan kekurangan serta spesifikasi lengkap Sony Xperia XZ1.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XZ1

Kelebihan Kekurangan
Desain Premium Baterai tidak cukup memadai
Yang pertama menggunakan Android Oreo Tidak ada fingerprint untuk US
Kamera sangat mantap Perlu reboot saat ganti SIM
Performa kuat dan tangguh

Spesifikasi Lengkap Sony Xperia XZ1

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
3G bands HSDPA 800 / 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100 – F8341, F8342
4G bands LTE – F8341, F8342
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (4CA) Cat16 1024/150 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Body
Ukuran 148 x 73.4 x 7.4 mm (5.83 x 2.89 x 0.29 in)
Berat 155 g (5.47 oz)
SIM Single SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– IP68 certified – dust/water proof over 1.5 meter and 30 minutes
Colors Black, Warm Silver, Venus Pink, Moonlit Blue
Display
Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
ukuran 5.2 inches (~68.6% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
Multitouch Yes, up to 10 fingers
Protection Corning Gorilla Glass 5
– HDR10 compliant
– Triluminos display
– X-Reality Engine
Platform
OS Android 8.0 (Oreo)
Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPU Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
GPU Adreno 540
Memori
Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot) – single SIM
microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) – dual SIM
Internal 64 GB, 4 GB RAM

Kamera

Primary 19 MP, EIS (gyro), predictive phase detection and laser autofocus, LED flash
Features 1/2.3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]
Secondary 13 MP, f/2.0, 22mm, 1/3″ sensor size, 1080p
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack Yes
– 24-bit/192kHz audio
– Active noise cancellation with dedicated mic
Fitur Lain
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, aptX HD, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFC Yes
Radio No
USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector; USB Host
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, color spectrum
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
Browser HTML5
Java No
– Fast battery charging (Quick Charge 3.0)
– Xvid/MP4/H.265 player
– MP3/eAAC+/WAV/Flac player
– Document viewer
– Photo/video editor
Baterai  Non-removable Li-Ion 2700 mAh battery

Loading...
Baca selengkapnya

Belajar menulis, saat ini sedang senang menulis tentang gadai BPKB Motor. Menjadi kontributor di beberapa blog, tetapi menulis informasi gadai BPKB motor hanya di blog sendiri.

Artikel terkait

One Comment

  1. Kalo buat nontivikasi otomatis kaya yang di pake di situs ini giman yah
    Jadi setiap ada postingan selalu ada pemberitahuan ke HP saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close