Usaha Fotocopy

Jangan Asal Membuka Usaha : Ini Strategi Sukses Usaha Fotocopy dan ATK

Strategi sukses usaha fotocopy dan ATK perlu kita miliki untuk menjamin berlangsungnya usaha fotocopy yang kita rintis dalam jangka panjang. Usaha fotocopy dan ATK merupakan jenis usaha yang senantisa dibutuhkan selama ada pelajar, mahasiswa, dan kebutuhan akan alat tulis. Selama masih ada ketiga hal tersebut, usaha fotocopy dan ATK akan mampu untuk terus berjalan.

Namun, ketiga faktor diatas bukanlah hal yang mutlak menentukan sukses tidaknya usaha fotocopy dan ATK yang dijalankan. Oleh karena itulah sebagai pelaku usaha, kita memerlukan strategi sukses usaha fotocopy untuk menunjang keberhasilan bisnis.

Dengan strategi yang dibuat, berarti kita telah memiliki perencanaan yang matang sebelum memulai usaha yang dijalankan. Perencanaan yang matang akan menentukan keberhasilan usaha fotocopy dan ATK dimasa depan. Tanpa strategi bisnis sama saja dengan kita berjalan tanpa mata, yang artinya akan sangat kesulitan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Berikut beberapa strategi sukses usaha fotocopy dan ATK yang dapat kamu terapkan sebelum memulai.

 

Lokasi Menentukan Hasil

Strategi Sukses Usaha Fotocopy

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memulai usaha fotocopy dan ATK adalah lokasi usaha yang strategis. Lokasi dikatakan strategis jika berada dekat dengan target pasar yang kita sasar. Target pasar yang disasar dalam usaha fotocopy dan ATK adalah para pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu, lokasi yang akan menghasilkan untung disaat usaha fotocopy yang dirintis berada di dekat dengan lingkungan kampus atau sekolah menengah.

Para pelajar dan mahasiswa pasti sangat membutuhkan jasa fotocopy dan ATK yang anda dirikan. Keperluan seperti fotocopy buku pelajaran, materi kampus, menjilid skripsi, membeli pena dan yang lainnya mutlak diperlukan oleh para pelajar.

Untuk dapat mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, anda dapat mencari kampus besar yang belum memiliki jasa fotocopy disana. Mulailah untuk bernegosiasi dengan pihak yang berwenang agar anda dapat membuka usaha fotocopy dan ATK disana.

Loading...

Dengan tepat berada ditangah-tengah lingkungan kampus, anda akan menjadi pemain tunggal dalam usaha ini. Para mahasiswa disana pasti akan mencoba untuk memakai jasa fotocopy yang terdekat dengan kampus mereka.

Namun kelemahan menggunakan startegi diatas adalah anda akan kehilangan pasar ketika waktu libur perkuliahan atau akhir semester tiba. Sehingga usaha anda dapat terhenti dan kehilangan profit yang seharusnya didapat.

Baca : 10 Jenis Usaha Paling Menguntungkan di Sekitaran Kampus

Hal yang lebih bijak dalam memilih lokasi usaha fotocopy dan ATK adalah tetap berada didekat lingkungan kampus. Anda tidak perlu berada didalam lingkungan kampus, sehingga ketika masa libur mahasiswa datang anda masih tetap dapat mendatangkan profit.

Menargetkan fokus pasar memang penting untuk dilakukan, namun memiliki alternatif pasar adalah tindakan yang lebih bijaksana untuk dilakukan.

Usaha Fotocopy

Strategi Sukses Usaha Fotocopy adalah Kualitas yang Anda Berikan

Kualitas adalah faktor penting yang selanjutnya harus anda pertimbangkan dalam memulai usaha fotocopy dan ATK. Saya mengatakan demikian karena lokasi strategis yang anda miliki akan menjadi sia-sia tanpa adanya kualitas yang memuaskan pelanggan. Pelanggan akan perlahan-lahan pindah ke tempat lain jika anda menawarkan kualitas yang buruk kepada mereka.

Pertama-tama anda harus memastikan kualitas hasil fotocopy tidak buram. Menjaga kualitas hasil fotocopy untuk tetap jernih adalah hal yang mutlak anda lakukan. Anda perlu untuk berkonsultasi dengan teknisi mesin fotocopy yang anda beli. Bertanyalah kepada mereka apa saja yang dapat mempengaruhi hasil fotocopy dan bagaimana caranya agar hasil fotocopy dapat terus baik dan tidak buram.

Pelajari cara mengisi tinta, cara merawat dan mengganti drum, dan cara menjaga kebersihan mesin fotocopy agar tetap awet. Jangan menggunakan tinta yang berkualitas buruk agar hasil fotocopy anda tetap jernih.  Dengan mempelajari cara merawat mesin fotocopy dapat dipastikan hasil fotocopy akan tetap jernih dan memuaskan pelanggan anda.

Kualitas Tambahan

Kualitas kedua yang harus anda perhatikan dalam usaha fotocopy dan ATK adalah dengan menjaga kualitas penjilidan. Penjilidan adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan fotocopy dan ATK.

Belajarlah cara menjilid yang rapi, cepat, dan hasil jilid yang kuat. Bertanyalah dengan rekan yang telah lebih dahulu memulai usaha ini tentang cara-cara tersebut. Ketahui jenis-jenis penjilidan seperti jilid lakban, jilid spiral, jilid soft cover, dan jilid hard cover. Perhatikan pula jenis-jenis lem yang akan digunakan untuk menjilid agar hasil penjilidan kuat dan tidak mudah lepas.

Kualitas ketiga yang dibutuhkan dalam usaha fotocopy dan ATK adalah kualitas laminating dan cara memotong kertas. Walaupun pelanggan laminating lebih sedikit dibandingkan pelanggan yang membutuhkan penjilidan, kualitas laminating tetap harus anda perhatikan. Cara dan teknik laminating yang rapi dan memuaskan pelanggan perlu anda terapkan.

Begitu pula dengan teknik memotong kertas yang benar. Cara memotong kertas akan menentukan hasil penjilidan yang anda lakukan. Menjilid akan menjadi percuma jika teknik memotong kertas yang anda terapka tidak rapi dan berantakan.

Alat Tulis Kantor yang Lengkap Tersedia

Usaha fotocopy sangat erat kaitannya dengan alat tulis kantor. Jadi pastikan anda menyediakan alat tulis kantor yang lengkap agar usaha anda mampu menjadi solusi kepada banyak pelanggan. Lengkapi etalase usaha anda dengan kebutuhan pasar seperti pena, pensil, penghapus, buku, materai, map, dan amplop. Alat tulis kantor yang bisa anda tambahkan bisa berupa spidol, steples, berbagai jenis kertas, dan yang lainnya.

Usaha Fotocopy

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam alat tulis kantor adalah penataan yang mudah dilihat dan daftar harga yang jelas. Penataan alat tulis kantor yang rapi dan enak dipandang akan membuat ketertarikan pelanggan untuk membeli.

Tambahkan pula daftar harga barang-barang yang sering dibutuhkan pelanggan. Dengan adanya daftar harga para pelanggan akan semakin besar kemungkinannya untuk membeli. Hal ini dikarenakan pelanggan mahasiswa biasanya malu untuk bertanya harga saat akan membandingkan barang. Jadi dengan adanya daftar harga barang akan memudahkan mereka untuk membandingkan harga dan membeli ATK yang mereka inginkan.

Harga yang Anda Tawarkan Menentukan Laba yang  Didapat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak dari pelanggan yang memprioritaskan harga yang murah, begitu pun dengan ATK dan fotocopy. Yakinlah harga yang lebih murah yang anda tawarkan akan mampu untuk menggaet pelanggan untuk tetap menggunakan jasa anda. Cara terbaik untuk dapat memberikan harga yang murah namun tetap memperhatikan kualitas adalah dengan mencari distributor ATK yang baik.

Dengan mendapatkan distributor ATK yang terbaik, anda sebagai retailer ATK mampu menekan harga menjadi lebih murah. Pertimbangkan juga untuk membeli dalam jumlah yang banyak, karena biasanya anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Jangan takut dengan stok yang banyak, karena ATK adalah barang yang tahan lama.

Hal Selanjutnya adalah Menerapkan

Strategi Sukses Usaha Fotocopy diatas tidak akan berguna jika anda tidak menerapkannya sebagai pedoman usaha. Membuat strategi harus dibarengi dengan aksi nyata untuk menerapkan strategi sukses usaha fotocopy dan ATK. Tanpa adanya aksi, strategi yang anda rencanakan akan menjadi sia-sia belaka. Selamat Berwirausaha !


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Komentar

    Avatar

    wwx

    ( - 15:07)

    pengin coba tapii modalnya belum ada,, huhu

      Avatar

      ahmad rifqi

      ( - 05:42)

      modal bisa anda dapatkan dengan bekerja dengan orang lain dulu

        Avatar

        widiyana

        ( - 04:06)

        berapa estimasi modalnya bila hanya mesin dan ketas tanpa jual ATK. apa bisa usaha itu bila mesinnya sewa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *