Review ProdukTekno

Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Xiaomi Redmi Note 5 AI sebelumnya telah diperkenalkan di China pada pertengahan Maret lalu. Kini tak membutuhkan waktu lama, akhirnya  Xiaomi Redmi Note 5 pun telah resmi meluncur di Indonesia pada hari Rabu kemarin, 19 April 2018 di kawasan Sudirman, Jakarta.

Baca : Xiaomi Luncurkan Redmi Note 5 AI Dual Camera dengan Peningkatan Fitur yang Signifikan

Xiaomi Redmi Note 5 AI adalah smartphone dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang merupakan smartphone pertama dengan chip Snapdragon 636 yang masuk ke Indonesia.

Pada dasarnya Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera merupakan versi update dari versi sebelumnya, yakni Redmi Note 5 Pro. Namun demikian versi terbaru ini memiliki beberapa perubahan, seperti hadware dan terutama pada sektor kameranya.

“Beberapa waktu lalu kami membawa Redmi 5 dan Redmi 5 Plus ke Indonesia dan itu habis dalam waktu yang singkat. Kali ini kami membawa smartphone lain yang akan memanjakan pengguna khususnya untuk fotografi,”

Demikian disampaikan Steven Si, selaku Country Manager Xiaomi Indonesia dalam acara peluncuran Redmi Note 5 AI tersebut, seperti dilansir dari Kompas.com (18/4/2018).

Lensa Kamera Redmi Note 5 AI yang Ada di Indonesia Diafragmanya Lebih Lebar

spesifikasi kamera xiaomi redmi note 5 ai

Redmi Note 5 AI merupakan smartphone dari Xiaomi yang mengusung dual kamera belakang, dengan resolusi masing-masing 12 MP (megapiksel) dan 5 MP. Layaknya iPhone X, posisi kamera belakang pada Redmi Note 5 AI juga dibuat berjajar pada bagian tepi.

Loading...

Untuk bukaan lensanya sendiri, Redmi Note 5 AI ini dibuat dengan bukaan lensa lebih lebar dari versi Redmi Note 5 Pro. Selain itu bukaan lensa (aperture), smartphone seri terbaru ini juga telah dilengkapi Artificial Intelligence (AI).

Bukaan lensa Redmi Note 5 AI yang dirilis di Indonesia, adalah f/1.9 untuk kamera utamanya yang beresolusi 12 MP.Maka dengan demikian lensa smartphone ini, dapat menangkap cahaya lebih banyak dan juga mampu menghasilkan efek bokeh.

Lensa bukaan Redmi Note 5 yang dirilis di India berbeda dengan yang dirilis di Indonesia. Disana lensa bukaan smartphone ini adalah f/2.2. Sehingga dengan demikian Redmi Note 5 AI yang dirilis di Indonesia memilliki lensa diafragma lebih lebar 1,4 mikrometer.

Sementara untuk menjawab kebutuhan sobat terkait foto selfie, smartphone ini juga akan dilengkapi dengan kamera depan yang mumpuni, yaitu dengan kamera resolusi 13 MP, F/2.0. Meskipun resolusi kamera tersebut lebih rendah dari seri Redmi Note 5 Pro, yang memiliki kamera depan beresolusi 20 MP.

Namun pada kamera depan Redmi Note 5 AI ini, juga dapat digunakan sebagai alat pemindai wajah, atau yang biasa kita kenal dengan Face Unlock.

Sehingga dengan demikian, Redmi Note 5 AI merupakan produk pertama Xiaomi yang menggunakan pemindai wajah sebagai kunci layar smartphonenya.

Menurut Steven, metode pemindai wajah ini dapat membuka kunci smartphone lebih cepat dibandingkan metode sidik jari. Smartphone ini memiliki teknologi pencocokan yang akurat. Selain itu juga telah menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

Snapdragon 636 pertama di Indonesia

Dilihat dari fisiknya, Redmi Note 5 AI ini tak memiliki perbedaan yang jauh dari seri sebelumnya, yaitu memiliki layar berukuran inci, panel IPS LCD dengan resolusi gambar 2160 x 1080 piksel.

Perbedaan yang mencolok dari smartphone ini, adalah chip yang digunakannya. Dimana smartphone ini ditenagai oleh chipst yang baru pertama dirilis di Indonesia, yakni Qualcomm Snapdragon 636 Octa core,clocking 1.8 GHz Kryo 260 yang distabilkan GPU Adreno 509.

Sementara untuk kebutuhan multitasking dan menyimpan berbagai data dan aplikasi, smartphone ini telah dibekali dengan dua pilihan kapasitas RAM dan memori internal, yaitu RAM 3GB dan 4GB, serta memori internal 32GB dan 64GB.

Dengan suguhan performa smartphone yang sangat memukau, maka smartphone ini tentu membutuhkan tenaga daya yang terhitung besar.

Oleh karena itu, menyikapi hal tersebut smartphone ini pun dibekali dengan baterai yang memiliki daya yang sama dengan Redmi Note 5 Pro, yakni 4000 mAh + Fast Charging untuk memungkinkan pengisian daya menjadi sangat cepat.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi Note 5 AI

Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi Note 5 AI

Bagi sobat yang ingin mengetahui secara detail spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi Note 5 AI ini, silahkan bisa melihat detailnya pada tabel dibawah ini :

HargaRp 2.4 Jutaan RAM 2 GBRp 3.0 Jutaan RAM 4 GB

Rp 3.4 Jutaan RAM 6 GB

StatusDirilis April 2018
Dimensi158.6 x 75.4 x 8.1 mm , Bahan : Frame Metal + Back Plastik
Jaringan3G HSDPA, 4G LTE
SIMDual SIM , Nano SIM
FiturFace Unlock ( pemindai wajah )
LayarIPS LCD Capacitive touchscreen, 16M colorsLuas : 5.99 inchi

Resolusi : 1080 x 2160 pixels

Kerapatan : ~ 403 ppi

Ratio : 18:9

Pelindung : Cornning Gorilla Glass 4

ProsesorChipset : Snapdragon 636CPU : Octa-core 1.8 GHz Kryo 260

GPU : Adreno 509

Sistem oprasiOS Android v8.0 Oreo , MIUI 9.0
RAMRAM 2 /4/6 GB
MemoriMemori Internal 32 /64 GBSlot MicroSD up to : 256 GB (uses SIM 2 slot)
Kamera BelakangDual: 12 MP, f/2.2 + 5 MP  f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
Perekam Video[email protected] ( Full HD )
Kamera Depan13 MP, f/2.0, 1080p
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/acWi-Fi Direct

Bluetooth 5.0

Jack Audio 3.5 mm

MicroUSB v2.0

USB OTG

SensorFingerprint, Accelerometer, Proximity, Gyroscope, Compass
BateraiLi- Po Non-RemovableKapasitas 4000 mAh

Fast Charging 5V/2A

WarnaBlack, Champagne Gold, Rose Gold, Lake Blue
Skor Antutu± 110.000 Poin
Sumber : Gizmochina

 Pilihan Warna Xiaomi Redmi Note 5 AI

Untuk pilihan warnanya, smartphone ini memiliki tiga pilihan warna yang bisa sobat pilih. Adapun tiga pilihan warna tersebut adalah hitam, biru, dan gold (emas).

Harga Xiaomi Redmi Note 5 AI

via Kompas.com

Bagi sobat yang sangat tertarik untuk membeli smartphone ini, maka sejak tanggal 25 April nanti sobat sudah bisa membelinya, di situs jual beli online, Lazada Indonesia.

Adapun harga yang ditawarkan menyesuaikan kapasitas RAM dan memori internal yang dimiliki masing-masing unit, yaitu sebagai berikut :

  • Redmi Note 5 AI RAM 3GB penyimpanan 32GB, dijual dengan harga Rp. 2,5 juta.
  • Redmi Note 5 AI RAM  4GB penyimpanan 64GB, dijual dengan harga Rp. 3 juta.

Nah bagi sobat yang tertarik untuk membelinya, kami juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan smartphone ini, yaitu sebagai berikut :

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5 AI

  1. Dengan konsep Full view display ratio 18:9 yang dipadukan dengan bahan metal, membuat desain smartphone ini terkesan mewah
  2. Lengkungan  2.5 D pada kedua sisi layarnya, semakin mempercantik penampilan smartphon ini.
  3. Suport terhadap Dual SIM, jadi sobat bisa mengaktifkan dua nomor ponsel sekaligus.
  4. Akses internet menjadi sangat lancar dengan hadirnya jaringan 4G LTE Cat9.
  5. Layar IPS LCD 5.99 inchi, yang dibawanya membuat smartphone nyaman saat dioprasikan,  selain itu juga sangat responsif.
  6. Dengan layar beresolusi 2160 x 1080 pixels ( Full HD+ ),  maka tampilan pada layarnya akan semakin detail.
  7. Pengguna tidak takut layarnya rusak karena goresan atau benturan,  hal ini karena layar smartphon ini sudah dilindungi Cornning Gorilla Glass 4.
  8. Sistem operasinya sudah menggunakan OS Android v8.0 Oreo, sehingga smartphone ini semakin memiliki berbagai fitur menarik.
  9. Performancenya sangat tangguh dengan hadirnya prosesor Snapdragon 636 Octa core, clocking 1.8 GHz Kryo 260 & GPU Adreno 509.
  10. Dengan hadirnya RAM 3 /4/6 GB, maka aplikasi dan kegiatan multitasking pun menjadi lancar.
  11. Memori Internal 32 /64 GB yang dibawanya, dapat diperluas lagi hingga 256 GB dengan menggunakan slot MicroSD.
  12. Pengguna semakin nyaman karena data pribadi terlindungi oleh sistem pengaman Fingerprint ( pemindai sidik jari .
  13. Dibekali dengan dual kamera belakang, yang masing-masing bersolusi 12 MP, f/2.2 + 5 MP, f/2.0, dimana penguna dapat menghasilkan bokeh mode dengan rapih.
  14. Dapat digunakan untuk merekam video bening dengan resolusi 1080p ( Full HD ).
  15. Kebutuhan selfi, group selfi,  maupun untuk ngevlog menjadi terjamin dengan adanya kamera depan beresolusi 13 MP, f/2.0, 1080p.
  16. Memiliki Face Unlock,  yang berfungsi untuk membuka kunci smartphone dengan pemindai wajah, sehingga membuka kunci smartphone menjadi lebih praktis.
  17. Meski digunakan secara intensif, kapasitas baterai 4000 mAh akan mempertahankan smartphone untuk dapat digunakan dalam waktu yang lama.
  18. Di suport dengan Fast Charging, sehingga pengisian daya baterai bisa menjadi sangat cepat.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5 AI

  1. Kamera depan belum dilengkapi dengan LED flash, sehingga kurang bisa menghasilkan gambar berkualitas saat digunakan ditempat yang minim cahaya.
  2. Slot SIM 2 nya tidak dapat digunakan secara bersama-sama dengan slot MicroSD (Hybrid).


Loading...

Baca selengkapnya

Dede tatang

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *