BloggingWebmaster

5 Faktor yang Mempengaruhi Page Speed Website

Jika bicara mengenai SEO website, memang dapat dikatakan sangat banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, salah satunya adalah pagespeed atau loading time website. Page speed website sendiri adalah kecepatan suatu website untuk memuat suatu halaman/ page website.

Pada tahun 2010 sendiri, Google telah mengungkap bahwa Google akan memasukan kecepatan loading website atau page speed dalam perangkingan pencarian Google.

Selain mempengaruhi SEO dari website, page speed dari suatu website juga amat mempengaruhi traffic dan juga  jumlah subscriber nantinya. Hal tersebut didasarkan dari research yang menyebutkan bahwa kebanyakan internet user tidak bertahan lama untuk menunggu loading page suatu situs.

Referensi lain : Kecepatan Situs, Seberapa Pentingkah? Simak Fakta Berikut Ini

Semakin cepat loading page dari website, maka semakin besar kemungkinan website untuk mendatangkan traffic dan juga subscriber.

Kecepatan loading page/ page speed website sebenarnya dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Nah, kali ini, Klik Mania akan sedikit mengungkap beberapa faktor yang mempengaruhi page speed suatu website.

Hosting

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi kecepatan loading page/ page speed website adalah hosting dari website anda.  Saat ini banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan harga amat murah kepada para customernya.

Untuk hal ini, sebaiknya anda tidak tergiur akan hal tersebut, dikarenakan bisa jadi hosting yang ditawarkan tidak memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan website anda. Sangat disarankan untuk anda agar memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan dari website anda.

Loading...

Referensi lain : GZIP Compression : Meningkatkan Kecepatan Website dari cPanel

Images

Gambar pada website anda juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan loading page dari website anda, dimana ukuran gambar yang terlalu besar dapat memperlambat page speed/ loading page website anda.

Untuk pemilihan gambar yang anda lampirkan pada website anda, sebaiknya anda memilih gambar dengan format PNG daripada JPEG.

Referensi lain : ShortPixel Review : Plugin Kompres Gambar Otomatis Dengan Fitur Hebat

Widgets

Widgets yang anda gunakan pada website anda juga dapat mempengaruhi page speed suatu website. Menurut salah satu sumber, dikatakan terdapat beberapa tombol action/ button yang dapat memperlambat kecepatan loading page website anda.

Untuk itu, anda harus sangat selektif dalam memilih widgets yang dipergunakan pada website anda. Pilihlah widgets yang kiranya memang diperlukan dan kurangi jumlah widgets yang kurang efisien.

Iklan yang terlalu banyak

Meskipun dapat menghasilkan keuntungan untuk anda sebagai pemilik website, penggunaan iklan yang terlalu berlebih malah dapat memberikan dampak buruk pada website anda.

Iklan yang terlalu banyak dapat menggangu kenyamanan visitor anda saat mengeksplor atau browsing halaman/ page website anda. Selain itu, page speed website juga dapat melambat diakibatkan jumlah ads yang terlalu banyak.

Theme website

Masih mengenai faktor yang mempengaruhi page speed website, faktor lainnya yang juga amat berpangaruh dalam kecepatan website dalam memuat page adalah pemilihan theme website. Menciptakan website dengan tampilan yang interaktif tentu adalah yang diinginkan oleh pengelolah website.

Namun apabila theme yang anda pilih memiliki banyak efek dan plugin, hal tersebut malah dapat membuat pagespeed website anda melambat.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer.Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button