Civil war! Adsense Youtubers Vs Adsense Blogger

Youtubers – Youtube lebih dari TV BOOMMM! Begitulah yang dikatakan Jovi Skinnyindonesian24 dalam lagu GGS (Ganteng-Ganteng Swag!) Kenapa youtube bisa lebih dari TV? Apakah karena pendapatan Adsense youtube yang sangat menguntungkan?

Lalu bagaimana dengan Adsense Blog? Apakah tidak menguntungkan? Lantas kenapa banyak bermunculan miliyarder yang bermodal Adsense Blog? dari pada bingung mendingan simak postingan yang satu ini.

Youtube dan Blog, jelas jika dibandingkan Youtube dan blog jelas memiliki fitur yang berbeda. Seperti yang kita ketahui bahwa youtube dan blog memiliki spesialisasi tersendiri. Dimana youtube mengambil peran dalam Video, sedangkan Blog dalam Tulisan.

Keduanya sama-sama memiliki persamaan yaitu memberikan Informasi dan juga memberi hiburan.

Namun pada postingan kali ini saya tidak akan membahas tentang itu, yang ingin saya bahas adalah mengenai Adsense antara mereka berdua. Hal yang paling diidam-idamkan. Karena menghasilkan keuntungan, bahkan kekayaan (Nb: kalau kaya dan dapat uang, aminin aja sob!).

Adsense Youtubers Vs Adsense Blogger

Youtube ataupun blog sama-sama terhubung ke adsense, namun cara mendapatkan reward cukup berbeda. So antara youtube adan Blog mana yang lebih unggul?

Bagi sebagian youtubers jelas akan mengatakan youtube lebih unggul dari pada blog, dan jika ditanya ke blogger jelas blogger lebih memilih blog sebagai sumber pendapatannya.

Youtubers yang paling terkenal dengan kekayaannya adalah Pewdiepie. Bahkan dia dijuluki rajanya youtube. Pewdiepie adalah seorang youtubers terkenal yang memiliki subscriber yang paling banyak diantara semua youtubers (46 Juta lebih subscribers).

pewdiepie youtuber

Image from : http://www.tubefilter.com

Sendangkan untuk blog bisa dilihat beberapa blogger yang kaya raya akibat blognya. Saya tidak bisa menyebutkan blog yang mana itu, semoga saja blog kalian adalah blog jutawan juga.

Adsense youtube dan blog sangat berbeda. Jika di Blog saya sering melihat keluhan teman-teman blog lainnya, kenapa adsense saya tidak diterima, padahal bla…bla…bla…..

Sedangkan di youtube sangat mudah untuk mendapatkan konfirmasi dari akun Adsense. Bahkan dalam waktu 1 hari kalian sudah bisa memakai akun Adsense kalian tanpa menunggu kalian berubah jadi Pewdiepie.

Fitur Adsense Youtube

Untuk sebagian fitur adsense mungkin sangat berbeda antara blog dan juga youtube. Kebanyakan Iklan Blog yang menggunakan Adsense adalah iklan yang memiliki sistem pembayaran CPC (cost per click) jadi kalian akan dibayar jika iklan itu di click.

Pernah lihat blog-blog download yang menggunakan cara menjebak seperti memasang banner download? padahal directnya itu ke iklan? Nah itu adalah jebakan CPC. Semoga kalian betah terjerat dalam jebakan cpc.

Sama seperti youtube disana juga terdapat sistem iklan yang menggunakan CPC, namun kalian tidak bisa untuk menjebak views menekan iklan tersebut.

Sistem adsense di youtube terdapat beberapa jenis, ada terdapat kurang lebih 5 jenis iklan yang berbeda. Sebagai sampel bisa dilihat dibawah ini:

Untitled

Jenis iklan yang pertama adalah iklan kecil yang ada di pojok kanan video, dinamakan Display Ads. Iklan ini tidak memberikan banyak pengaruh terhadap pendapatan seorang youtubers dalam adsense.

  • Jenis iklan kedua adalah overlays ads. Dimana iklan ini seperti iklan cpc didalam blog dimana jika penonton mengklik iklan ini maka youtubers mendapat sedikit keuntungan dari klik yang dilakukan.
  • Jenis iklan yang ke 3 jarang sekali mucul didalam video jadi kita skip.
  • Untuk iklan yang ke 4 dimana iklan ini yang cukup mahal, tapi nggak bikin kalian langsung kaya sekaya Bill Gates.
  • Skippable ads ini adalah iklan yang bisa di skip. Namun iklan ini akan memberikan kalian uang jika iklan ini tidak di skip selama 30 detik. Hmm cukup sulit jika menemukan penonton yang tidak sabaran.

Untuk iklan yang terakhir ada 2 jenis. Dimana iklan ini tidak bisa di skip sama sekali. Namun peluang munculnya nonskippable ads ini sangat kecil, ada dua tipe dalam unskippable ads ini.

Untuk tipe yang pertama adalah ads yang durasinya pendek. untuk tipe yang kedua memiliki durasi panjang. Saya tidak tau pastinya seberapa panjang, yang jelas tidak bakal sampai 3 kali lebaran 3 kali puasa. Itu mah Bang Toyib kali.

Jadi Mana Yang Lebih Baik?

Meskipun banyak sekali youtubers dan blogger  terkenal, mereka terkenal karena penghasilan dari blog dan youtube.

Namun satu hal yang dapat diambil makanya dan ditanam baik-baik. Bahwa berkaryalah karena kalian mau memberikan hiburan atau mau mengedukasi para khalayak. Bukan dilihat dari nilai rupiahnya atau dollarnya.

Karena menjadi seorang youtubers yang masih pemula kalian tidak mungkin langsung mendapatkan limpahan uang seperti Pewdiepie atau youtubers terkenal lainnya. Paling juga kalian hanya diberikan recehan dari adsense sebagai awal permulaan. Sama juga dengan Blog, so teruslah berkarya dan cari keberuntunganmu.

Kesimpulan: 

Pada intinya Adsense youtube dan Blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung kalian tertarik yang mana.

-RJ-

Related Posts

About The Author

11 Comments

    • Richard Goodboy
  1. Ferdy Barrack

Add Comment