Adsense Di Youtube

Akhirnya Fitur Kartu Profil YouTube Meluncur, Sudah Tahu?

YouTube adalah salah satu platform yang menjadi sarang berkumpulnya komentar-komentar jahat di mana para pengguna bisa dengan bebas menuliskan kata-kata atau kalimat yang berbau bullying, dan sarkastik tanpa memikirkan akibatnya.

Pihak YouTube sendiri sadar jika komentar jahat memang harus diberantas. Melihat fakta yang demikian itu, perusahaan pimpinan Susan Wojcicki itu pun berusaha memberangus komentar jahat di platformnya, dan salah satu cara pihak YouTube untuk memberangus komentar jahat adalah dengan menghadirkan fitur kartu profil.

Sebelumnya, fitur kartu profil masih dalam tahap uji coba. Namun, fitur tersebut kini sudah resmi hadir di platform YouTube. Jika Anda dari kemarin sudah mengakses YouTube via aplikasi, maka Anda sudah bisa mengakses fitur tersebut.

Baca juga: YouTube Uji Fitur Kartu Profil, Fitur Baru untuk Pantau Riwayat Komentar

Apa Itu Fitur Kartu Profil YouTube?

Fitur kartu profil adalah fitur yang menampilkan semua komentar pengguna pada saluran tertentu selama satu tahun terakhir. Dulu, ketika Anda mengetuk nama pengguna di bagian komentar, maka Anda akan dibawa ke beranda saluran pengguna tersebut.

Namun kini, ketika Anda mengetuk nama pengguna, maka Anda akan melihat semua komentar pengguna, hingga jumlah komentar. Jadi untuk Anda yang selama ini masih suka memberikan komentar negatif di beberapa saluran YouTube, maka sudah saatnya Anda berbenah.

Untuk melihat kartu profil, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

1. Buka saluran YouTube yang ingin dilihat komentarnya.

2. Ketuk komentar.

3. Ketuk profil pengguna yang memberikan komentar.

4. Kurang lebih seperti inilah tampilan kartu profil.

Baca juga: Komentar di Aplikasi YouTube Tampil Baru, Sudah Tahu?

Tampilan Lain Juga Ikut Berubah

Selain menambahkan fitur kartu profil, pihak YouTube juga sudah mengubah tampilan YouTube untuk aplikasinya. Beberapa perubahan yang dilakukan oleh YouTube adalah tampilan komentar yang diperbaiki dengan menambahkan kotak.

Selain itu, daftar video berikutnya juga tampil lebih besar sehingga para pengguna bisa melihat thumbnail dengan jelas seperti yang ada di YouTube versi web. Anda yang mengakses YouTube pada Selasa (14/01/20), pasti menyadari perubahan tersebut.

fitur kartu profil youtube 1

Terkait fitur kartu profil, Tom Leung selaku direktur manajemen produk YouTube pernah mengatakan jika kartu profil akan membantu para pengguna memahami apa yang sedang ditulis orang lain. Kartu profil juga diharapkan memperkuat koneksi dengan orang lain di komunitas YouTube dan membantu konten kreator mengenali beberapa komentator terbaik.

Dengan keberadaan fitur yang satu ini, tentu para pengguna YouTube yang ingin meninggalkan komentar jahat atau buruk di saluran orang lain akan berpikir dua kali karena riwayat komentar mereka akan bisa dilihat dengan mudah.

Baca juga: Diperbarui, YouTube Studio Punya Filter Pencarian Komentar

Meskipun pihak YouTube tidak menyebutkan jika fitur barunya akan dapat membantu konten kreator mengenali atau memberangus beberapa komentator buruk, setidaknya fitur ini akan membawa dampak yang cukup signifikan untuk kolom komentar YouTube.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close