Dasar dasar Blog

Akhirnya Migrasi Custom Domain Blogger Ke WordPress Self Hosting

Berawal dari custom domain di blogspot saya migrasi ke wordpress self hosting. Setelah berpikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan semua isi posting di blogspot ke wordpress yang di hosting sendiri. Hal yang sudah lama di rencanakan ini baru terlaksana beberapa hari yang lalu (maklum sibuk kerja). Sebenarnya proses untuk pindah ke wordpress self hosting ini mudah, tetapi kita harus memikirkannya secara cermat, agar tidak kehilangan trafik (pengunjung) yang sebelumnya sudah kita dapatkan ketika masih menggunakan blogspot. Ini yang menjadi unek unek saya, dan sekaligus menjawab rasa penasaran menggunakan wordpress self hosting.

Jujur saja saya lebih familiar menggunakan blogspot dan sudah terlanjur gandrung sejak tahun 2010, jadi agak kesulitan sewaktu pertama kali berhadapan dengan wordpress. Harus banyak belajar lagi dan menyesuaikan karena 2 flatform ini berbeda jauh. terutama masalah template dan urusan kode html. Kalau anda sendiri penasaran tentang Blogger dan Wordpres bisa anda baca artikel di bawah ini.

Blogger atau WordPress? Mana yang lebih bagus untuk ngeblog?

Setelah memilih hosting yang bagus dan berkualitas (di rekomendasikan oleh beberapa teman) akhirnya saya memutuskan untuk menyewa hosting dari provider dalam negri, selain sistem pembayaran yang mudah melalui transfer bank, kita bisa konsultasi langsung dengan pihak CS (Custumer service) dari provider tersebut yang melayani pelanggannya 24 jam. Saya memilih provider lokal karena komunikasi chat dan kendala bahasa bisa langsung kita pahami, selain itu provider dalam negri sekarang juga sudah banyak yang bagus, masalah kualitas juga tak kalah dengan penyedia hosting dari luar negri.

Alhamdulilah proses migrasi custom domain blogger ke wordpress dengan hosting yang sudah saya sewa berjalan lancar, walaupun ada sedikit kendala untuk pengaturan permalink dari defaultnya blogger ke wordpress terutama pada tampilan seluler (mobile), tetapi bisa di atasi dengan mengedit file di htaccess. Lama waktu pemindahan posting dari blogspot hanya membutuhkan beberapa menit saja dengan memanfaatkan plugin blogger importer, otomatis semua posting dari blogspot berpindah ke wordpress yang baru.

Gambar di bawah ini adalah blog saya yang lama sewaktu masih menggunakan flatform blogger, saya mengambil gambar ini untuk kenang kenangan saja, setidaknya pernah ngeblog dengan blogspot.

tampilan klik mania di blogspot

Blog saya terhitung baru, pada saat pemindahan ke wordpress artikel hanya berisi 140 artikel 105 komentar dan 200 an gambar. Sekarang perasaan galau dan penasaran sudah terjawab karena sudah di praktekkan secara langsung. Kalau kemarin hanya belajar dan membaca teori tentang cara migrasi blogger ke wordpres saja.

Loading...

Sampai saat ini artikel yang kebetulan di temukan oleh pembaca melalui pencarian di search engine google akan langsung di redirect ke blog yang baru (wordpress). Hal ini yang paling penting untuk belajar memahami permalink secara benar, agar pengunjung blog lama dari blogspot akan langsung di alihkan ke blog yang baru. Jika seting permalink salah akan brakibat fatal, yaitu halaman tidak di temukan (page not found 404).

Untuk seting permalink yang baik dan benar dalam proses migrasi ke wordpress insya Allah akan saya bahas lengkap di postingan yang akan datang. Tulisan ini juga posting saya pertama kali di flatform wordpress,hehe…Jadi sekalian tes flatform baru, barangkali ada salah atau hal hal lain yang belum saya ketahui di wordpress dan sambil belajar tentunya.

Baca : Panduan lengkap migrasi dari custom domain blogger ke wordpress self hosting

Baca juga yang ini ya….

Membuat blog self hosting 100% gratis

Di artikel tersebut saya buat dalam 2 bagian agar memudahkan pemahaman dan tahap demi tahap membuat blog self hosting secara gratis, barangkali ada yang mau belajar migrasi blogspot ke wordpress, anda bisa coba dulu dengan fasilitas gratis. dengan blog dari blogspot yang jarang anda gunakan, jangan memakai blog utama dulu.

Kesimpulan

Untuk belajar sesuatu, tentunya tidak hanya membutuhkan teori secara kasat mata. Tindakan atau praktek nyata akan membuktikan bahwa sesuatu yang anda pelajari akan terwujud secara nyata pula. Jangan takut untuk salah, sebab setiap kesalahan akan membuat kita akan lebih memahami akan sesuatu.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

23 Comments

  1. oh iya mas saya kan udah transmigrasi dari blogspot ke wordpress, satu kendala yang ingin saya tanyakan solusinya, adalah cara seting dari http ke https seperti punya sampean ini mas, saya sudah install sertifikatnya di cpanel lalu sudah redirect di htaccess dari http ke https, sudah bisa diakses versi https tapi masih muncul your connection to this site not fully secure, mohon solusinya kurang dimana nya sehingga masih ada notif itu? terima kasih sebelumnya mas

  2. Keren informasinya kang. Saya juga baru saja beralih ke wordpress self hosting…. Kita sangat dimudahkan wordpress mengingat plugin2 yg lumayan disediakan ckup woww….. Tinggal brmain di plugin aja tnpa harus edit template…

    Btw template blognya premium kang ?

                    1. No HP sampweyan saya simpan dan pada kolom komentar saya hapus demi privasi.
                      Di halaman kontak ada no HP saya kok mas, saya sudah masukkan kontak Anda, tp kok tidak terhubung sama whatsApp.

                    2. Coba di sms kang…. Saya juga mau hubungi bingung…. Krimkan aja no rek nya…

                  1. Sdh saya transfer kang.. Silahkan di cek di email…. Bukti transfer juga udh saya lampirkan… Trima kasih

  3. Saya juga punya rencana spt itu. Cuman masih ragu, takut nantinya berdampak buruk dengan setelan Webmaster..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *