Peluang usahaUlasan Bisnis

Keuntungan Kerugian Serta Resiko Berwirausaha

Banyak orang menilai, bila berwirausaha merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan. Tanggapan tersebut memang benar adanya, namun kebanyakan dari mereka tidak berpikir tentang kerugian serta resiko dari berwirausaha. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk berwirausaha, pastikanlah anda telah mengetahui apa saja keuntungan, kerugian, serta resiko berwirausaha.

Mengetahui dan mempelajari keuntungan, kerugian, serta resiko dari wirausaha, ditujukan agar selaku pengusaha, anda dapat mengelola dan mengembangkan usaha secara lebih maksimal. Jika usaha dapat dikelola dengan baik dan maksimal, maka usaha tersebut tidak akan berhenti di tengah jalan, atau mengalami kebangkrutan.

Apa kerugian serta resiko berwirausaha, dapat kita minimalkan mas ?

Kerugian dan resiko dalam berwirausaha, tentu dapat diminalkan seminimal mungkin. Bahkan untuk mereka yang telah profesional dalam usahanya, kerugian serta resiko dapat diminimalkan sampai tidak ada sama sekali.

Namun, untuk wirausaha atau pengusaha yang masih memulai dalam merintis karir, atau seorang pemula, kerugian serta resiko belum dapat ditiadakan. Sehingga, berusaha serta terus melakukan inovasi, merupakan cara untuk mengurangi kemungkinan terjadinya resiko berwirausaha, yang mana hanya akan membawa kerugian, bagi usaha yang dijalankan.

Saya masih pemula mas, kira-kira keuntungan atau kerugian yang akan sering saya hadapi dalam karir saya berwirausaha saya?

Untuk memprediksi seperti ini, saya tidak bisa memberikan jawaban yang 100 persen, karena keuntungan maupun kerugian merupakan hasil dari usaha anda. Jadi, keuntungan akan menghampiri anda, bila strategi serta pengelolaan usaha anda sangat baik.

Sedangkan untuk anda yang malas-malasan, dan tidak mau berinovasi serta melakukan trobosan, atau istilahnya pasrah akan keadaan, bukan tidak mungkin bila kerugianlah yang akan setia menemui anda.

Baca Juga : 10 Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis di Pasaran

Sebelumnya, saya ingin menekankan bila dalam artikel saya ini, saya tidak membahas mengenai cara menghindari serta penanganan resiko serta kerugian. Melainkan, saya akan membahas apa- apa saja yang termasuk dalam keuntungan, resiko, serta kerugian dalam berkarir sebagai wirausaha.

Loading...

Keuntungan Berwirausaha

Keuntungan Berwirausaha1# Kesuksesan akan lebih terjamin

Meskipun kesuksesan merupakan sesuatu yang relatif, namun bila anda bekerja dan mengeluarkan seluruh usaha yang anda punya, serta mau berinovasi dan menciptakan ide baru, bukan tidak mungkin anda akan mengalami kesuksesan yang sangat besar.

Jangan mau seumur hidup jadi orang gajian

– Valentino Dinsi –

Selain itu, dengan melakukan wirausaha, maka keuntungan yang akan didapatkan bila anda sukses akan lebih besar dan lebih terjamin, ketimbang keuntungan yang didapatkan seorang pegawai. Ini juga merupakan alasan, mengapa banyak orang yang memilih “banting stir” dengan meninggalkan pekerjaan mereka, untuk membuka usaha sendiri.

2# Dapat bekerja sesuai minat serta hobi yang dimiliki

Dengan terjun kedalam kegiatan wirausaha, otomatis memberikan anda kesempatan untuk bekerja sesuai minat dan hobi yang anda miliki. Anda dapat menciptakan usaha yang berlandaskan minat dan cita-cita anda sejak kecil, karena apapun pekerjaan yang didasari oleh minat, maka usaha tersebut akan berbuah manis dikemudian hari.

Dapat bekerja sesuai minat serta hobi yang dimiliki

Bekerja sesuai dengan minat dan hobi, tentu saja akan mengurangi tekanan yang akan anda alami dalam memulai karir berwirausaha, sedangkan hal ini tidak akan ditemukan bila anda memutuskan untuk berkerja sebagai pegawai, dan tidak berani merubah masa depan dengan berwirausaha.

Menjadi seorang pegawai, meskipun bekerja pada perusahaan yang sesuai dengan hobi dan minat, tetapi tetap saja anda akan diberikan target, sehingga akan membuat anda tertekan, dan merasa tidak betah di kemudian hari. Lalu, untuk mereka yang memilih berwirausaha, tentu saja dapat berkata ” Ya suka-suka ndewe, mau kerja oke, mau kagak juga oke”.

3# Dapat bekerja tanpa tekanan serta memiliki banyak waktu

Bila menjadi seorang pegawai, tentu saja anda akan “jejali” tugas oleh atasan, yang mana tugas tersebut terkadang sangat berat, namun sang atasan meminta tugas tersebut diselesaikan dengan cepat dan tepat waktu, sehingga anda perlu mengambil lembur, atau mengerjakannya di rumah.

Tentu saja seorang pengusaha tidak akan mengalami kejadian seperti itu, jika anda adalah seorang pemilik perusahaan, justru anda adalah orang yang memberikan tugas kepada anak buah yang anda miliki.

Menjadi pengusaha atau pelaku wirausaha, membuat anda memiliki waktu yang cukup banyak, dan memungkinkan anda bekerja tanpa tekanan dari siapapun.

4# Menambah pengalaman dan wawasan anda

Beriwirausaha, tentu saja memerlukan modal wawasan yang luas. Bila anda terjun ke dalam dunia wirausaha, bukan tidak mungkin anda akan menemui banyak kejadian-kejadian yang dapat menambah pengetahuan, pengalam, serta wawasan anda dalam melakukan kegiatan wirausaha.

Selain itu, pengalaman serta wawasan yang luas, akan semakin memajukan usaha yang anda miliki. Terlebih bila saat itu anda belum memperkerjakan kariawan, sehingga anda merupakan satu-satunya penentu dalam masa depan usaha anda.

5# Dengan membuka lapangan pekerjaan, anda telah berguna bagi banyak orang

Berwirausaha otomatis membuka lapangan pekerjaan baru kepada orang lain, kecuali bila anda ingin mengelola sendiri usaha anda.

Namun, bila usaha yang anda miliki sudah berjalan dengan lancar, dan anda memutuskan untuk merekrut kariawan untuk bekerja ditempat anda, maka akan ada banyak pihak yang diuntungakan dengan usaha anda.

Bagaimana tidak, di jaman sekarang yang sangat sulit mencari pekerjaan, dan terbatasnya lapangan pekerjaan ini, tentu saja kehadiran usaha dan keputusan anda untuk merekrut kariawan sangat membantu buat mereka yang membutuhkan pekerjaan.

6# Memperoleh kepuasan tersendiri dari hasil yang didapatkan

Dengan berwirausaha, meskipun hasil yang didapatkan tidak terlalu besar, tetapi penghasilan tersebut akan memberikan kepuasan yang tersendiri dan tidak dapat dijelaskan bagi diri anda.

Hal tersebut dikarenakan, penghasilan yang didapatkan merupakan hasil dari usaha, serta kerja keras dalam membangun serta mengelola perusahaan sendiri.

Berbeda bila anda seorang pegawai, dan penghasilan yang didapatkan dari gaji. Penghasilan tersebut boleh besar dan membanggakan, namun kepuasan yang akan didapatkan, akam berbeda bila penghasilan tersebut merupakan hasil dari membuka usaha sendiri.

7# Anda dapat menunjukkan potensi yang anda miliki secara maksimal

Mungkin anda merupakan seseorang yang selalu diremehkan oleh orang banyak, atau bisa jadi saat anda menceritakan rencana berwirausaha, mereka yang mendengar langsung menertawakan rencana anda.

Anda dapat menunjukkan potensi yang anda miliki secara maksimal

Namun, dengan tidak menghiraukan ocehan mereka, serta tetap mantab untuk terjun ke dalam dunia wirausaha, anda dapat menunjukkan potensi yang anda miliki secara maksimal dalam usaha tersebut.

Dengan ketekunan, ketelitian, serta niat dan fokus yang anda terapkan dalam wirausaha, tentu saja dalam jangka waktu tertentu. usaha yang anda kelola akan mengalami kesuksesan serta anda dapat menunjukkan siapa diri anda yang sebenarnya, bahkan anda dapat mentertawakan balik mereka yang telah mentertawakan anda.

Kerugian berwirausaha

Kerugian berwirausaha

1# Pada awal berwirausaha, penghasilan yang didapat tidak menentu

Saat awal terjun ke dunia wirausaha, tentu saja penghasilan anda tidak akan langsung besar, melainkan memerlukan perjuangan dan waktu untuk mewujudkan apa yang diinginkan.

Sering kali, mereka yang tidak sabaran merasa dirugikan dengan keuntungan yang belum menentu saat pertama membuat usaha, padahal hal tersebut merupakan siklus yang wajar.

Namun, karena pada awal berwirausaha, modal yang dikeluarkan cukup besar, dan bila mendapatkan keuntungan yang kecil, tentu saja anda akan merasa sangat dirugikan dalam hal ini.

2# Perlu bekerja sangat keras, saat awal berwirausaha

Pada saat awal, anda memang dituntut untuk mengeluarkan tenaga secara ekstra, dengan bekerja keras untuk mengelola usaha yang dijalankan. Hal ini, bisa saja dikarenakan anda yang tidak memiliki pegawai saat itu, dan harus mengatur pola serta strategi, akan menyebabkan banyaknya waktu yang akan tersita.

Pada saat-saat seperti ini, biasanya pengusaha akan merasa sangat terbebani, mungkin saja mereka akan menyesal karena telah keluar dari pekerjaan mereka, hanya untuk membuang waktu menjadi pewirausaha.

Tetapi, bila pengusaha dapat menemukan strategi yang pas, serta mereka mau untuk bekerja keras, maka sangat besar kemungkinan, bila di kemudian hari, usaha yang dijalankan akan membuahkan hasil yang manis, serta membawa kesuksesan bagi si pengusaha.

3# Tanggung jawab yang besar untuk seorang pemilik usaha

Ketimbang menjadi kariawan, seorang pengusaha tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Karena seorang pengusaha, pastinya harus memberikan hak kepada kariawan yang dimilikinya, yakni upah atau gaji untuk pegawai.

Maka dari itu, seorang penguusaha dituntut untuk dapat mengelola dan membawa perusahaan menuju kesuksesan, agar perusahaan dan usaha dapat mempertahankan eksistensinya di pasaran.

Baca Juga : 10 Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis di Pasaran

4# Beban pikiran yang begitu berat untuk pemilik usaha

Bukan hanya tanggung jawab, beban pikiran seorang pengusaha juga sangat berat, bila hendak dibandingkan dengan beban pikiran yang dialami oleh kariawan.

Seorang pelaku wirausaha, dituntut untuk mampu memikirkan pola, serta srategi bisnis yang akan dipergunakannya, demi membawa kesuksesan bagi perusahaan.

Sedangkan, beban pikiran yang dialami pegawai atau kariawan, mungkin hanya sebatas pekerjaan mereka, serta stres memikirkan awal bulan yang tidak kunjung datang.

5# Harus terus belajar, dan memperhatikan perkembangan pasar

Seorang yang terjun ke dalam dunia wirausaha, tentu saja harus belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, serta dituntut untuk mengetahui perkembangan pasar yang ada.

Hal tersebut, tentu saja bertujuan agar usaha yang dijalankan, dapat bersaing di pasaran, karena dengan bersaingnya produk atau jasa dari usaha anda, maka akan memperbesar kemungkinan stabilnya keuntungan yang akan didapatkan.

Resiko Berwirausaha

Resiko Berwirausaha

1# Mengalami kerugian

Resiko yang pertama, bila anda memnutuskan untuk menjadi pewirausaha, yakni mengalami kerugian. Sedangkan, kerugian telah saya sebutkan di atas, namun anda dapat meminimalkan semua kerugian tersebut.

Saya yakin sekali, untuk anda yang bermental pengusaha, tentu saja resiko ini bukan menjadi masalah dan hambatan, untuk terus maju dan berinovasi dalam membangun dan mengelola usaha yang anda miliki.

2# Berhutang, dan tidak bisa melunasinya

Ini merupakan masalah yang berkaitan dengan modal usaha, saat kekurangan modal usaha, mungkin anda lebih memilih untuk berhutang saja. Berhutang untuk modal usaha, memang bukan sesuatu yang salah.

Namun, pastikan terlebih dahulu, peluang keuntungan dari usaha yang akan anda jalankan. Karena, keuntungan dalam usaha, benar-benar dibutuhkan untuk melunasi semua hutang yang ada.

Terlebih, mereka yang memberikan anda modal, biasanya akan memberikan tempo pelunasan hutang, yang bagaimana caranya, harus anda lunasi tepat waktu.

3# Hal tidak terduga

Resiko selanjutnya, yakni hal tidak terduga. Hal tidak terduga, bisa meliputi apa saja, termasuk kebangkrutan. Maka dari itu, anda sebagai pemilik usaha, harus benar-benar yakin dalam mengelola usaha, serta fokus akan apa yang anda kerjakan.

Selain itu, waspadai juga beberapa hal yang marak terjadi akhir-akhir ini, salah satunya adalah penipuan. Penipuan, tentu saja akan berdampak buruk untuk usaha yang anda jalankan, salah satu contoh dari penipuan, yakni konsumen yang meminta barang dikirimkan terlebih dahulu, namun pembayaran tidak kunjung dia lakuka.

Oleh karena ini, tetap waspada dalam segala kondisi, dan kegiatan yang berhubungan langsung dengan usaha dan bisnis anda.

Baca Juga : Teknik Menentukan Ciri Khas Bisnis Yang Anda Jalankan

 

Kira-kira, itu dia yang merupakan keuntungan, kerugian, serta resiko dalam berwirausaha, yang perlu anda perhatikan serta pelajari sebelum benar-benar mantab untuk terjun ke dunia wirausaha. Tetapi, tenang saja, bila anda merasa telah mengerti dan mau fokus dalam mengelola usaha, pasti keuntungan akan selalu berpihak kepada anda.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *