Ingin Artikel Masuk Halaman Pertama Google? Cukup Lakukan SEO Mudah ini

Salah satu keinginan dari seorang blogger entah itu blogger pemula maupun blogger master adalah agar artikel yang mereka buat dapat masuk halaman pertama Google ataupun Bing, yahoo, dan search engine yang lainnya.

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan bila artikel yang kita miliki berada di page one diantaranya yaitu mendapatkan trafik yang banyak, artikel menjadi viral, mendapatkan comission yang banyak.

Untuk medapatkan tempat yang baik ini memiliki kesulitan yang berbeda beda bergantung keyword yang kita bidik. Jadi untuk mendapatkan posisi yang baik itu susah – susah gampang. Ini semua akan mudah bila kita mengetahui teknik SEO (Search Engine Optimation).

Di dalam kesempatan kali ini saya hanya akan mencoba sharing bagaimana cara agar artikel kita masuk halaman pertama google dengan tehnik sederhana. Apabila artikel yang kita miliki berada di 10 besar maka akan berkesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang berlimpah.

Dalam penerapan SEO terhadap artikel yang kita buat sebenarnya mudah, namun mindset kita saja yang mengatakan bahwa SEO itu sulit. Berikut ini saya akan mencoba memberikan tehnik SEO mudah terhadap artikel supaya artikel berada dipage one.

1. Memilih keyword yang mudah untuk judul posting

Bagaimana yang dimaksud dengan memilih keyword yang mudah? Keyword yang mudah disini adalah memilih keyword untuk judul posting yang benar – benar kecil persaingannya. Untuk blog yang sedang berkembang cara ini sangat diperlukan sebab blog yang sedang berumur jagung sulit bersaing di page one.

Tapi bukan berarti mustahil, dengan sedikit ekstra kerja keras maka hasil akan kita rasakan. Memang dalam kita mencari keyword yang memiliki persaingan kecil cukup sulit, tapi kita bisa berusaha untuk mencarinya.

Bagaimana sih ciri – ciri keyword yang persaingannya kecil?

  • Hasil pencarian dibawah 1.000.000. ini supaya persaingan dari segi blog yang membidik keyword tidak terlalu banyak.
  • Tidak ada situs otoritas seperti wikipedia, ataupun situs situs yang sudah memiliki nama di SE (search engine).
  • DLL
masuk halaman pertama google

Google Search Auto Suggestion

Kita bisa menemukan kata kunci (keyword)  yang paling banyak di cari dengan memanfaatkan Google Search Auto Suggestion untuk menentukan dan memilih judul posting/artikel blog. Fitur ini di sediakan oleh google secara otomatis untuk membantu pengunjung dalam mencari sebuah artikel.

2. Penggunaan longtail keyword

Long tail keywords memberikan spesifikasi ketika orang mencari sesuatu berdasarkan kata kunci, maka yang ditampilkan adalah saran dari kata kunci pendek yang diketik dalam  kotak penelusuran.

Selain itu menggunakan long tail keywords akan menghasilkan kualitas lalu lintas pencarian yang lebih baik dengan tingkat konversi yang lebih tinggi dan artikel akan sangat berpeluang masuk halaman pertama google.

Selengkapnya bisa baca disini : Menerapkan Long Tail Keywords Untuk Judul Posting Blog

3. Penggunaan Internal Link

Di salah satu artikel blog ini telah menerangkan mengenai internal link secara mendalam entah itu dari manfaatnya, pengaruh dari internal link terhadap kualitas SEO yang dimiliki blog.

Salah satu manfaat internal link adalah dapat meningkatkan peringkat artikel lain dalam satu blog. Dengan menggunakan internal link dengan cara baik dan benar, akan berpeluang meningkatkan SERP (Search Engine Result Page). Yaitu urutan artikel di halaman pencarian google.

4. Menulis banyak hal dalam satu kategori

Semakin banyak kita menulis dalam satu kategori, maka akan lebih memperkuat artikel tersebut dalam hasil pencarian. Hal ini lebih akan membentuk suatu niche dalam blog, walaupun blog tersebut isinya bermacam – macam ulasan.

Sebagai contoh,

Kalau kamu menulis artikel tentang susu kambing, maka pada kesempatan lain kamu bisa mengulas hal yang sama tentang ternak kambing susu perah. Atau kamu bisa menulis lagi tentang pemasaran susu kambing.

Pokoknya buat artikel lain dengan judul yang lain pula tentang susu dan kambing sebanyak yang kamu tau. Tentunya kamu juga harus mengelompokkan dalam satu kategori.

5. Jumlah Kata pada Artikel

Setiap blogger pemula maupun master pasti ada rasa malas menulis artikel panjang dengan banyak karakter. Sebab kegiatan ini terkadang sangat membosankan, melelahkan dan menguras tenaga yang banyak.

Namun bagi kalian yang sangat ingin artikelnya masuk halaman pertama google maka harus bisa menulis artikel dengan pembahasan lengkap dan relevan. Semakin lengkap dan detail sebuah artikel, maka akan semakin berpeluang mendapatkan tempat dalam hasil pencarian di search engine.

Sebagai contoh sederhana,

Untuk menulis artikel tentang produk pensil, maka tulislah secara lengkap asal muasal pembuatan pensil tersebut. Kalau bisa sampai pada kakeknya yang buat pensil 😀

Tulis secara detail dan lengkap kelebihan dan manfaat dari produk pensil itu disertai gambar penunjang yang memadai.

Percayalah,…

Artikel yang jauh lebih lengkap dan lebih detail serta relevan akan berpeluang menduduki peringkat di mesin pencari seperti google.

Mungkin itu saja teknik SEO sederhana agar artikel yang kita buat masuk halaman pertama google dan menjadi 10 besar favorit untuk hasil pencarian. Sekian dan terima kasih.

Related Posts

About The Author

7 Comments

Add Comment