Mengapa Banyak orang Lebih Memilih Menjadi Wirausahawan Daripada Menjadi PNS? Berikut ini Faktanya

Memilih Menjadi Wirausahawan – Menjadi seorang PNS untuk sebagian besar orang adalah sebuah mimpi indah yang menjadi nyata. Kenapa tidak, menjadi seorang PNS dianggap telah mendapatkan posisi yang mampu mengamankan kehidupan sehari-hari.

Dengan gaji tetap yang hampir tidak pernah turun, bahkan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, menjadikan profesi sebagai PNS masih menjadi idola setiap orang.

Namun, sebenarnya menjadi PNS tidak selalu seperti yang dibayangkan oleh banyak orang. Gaji tetap yang didapatkan setiap bulannya tidak akan mampu menutupi kebutuhan hidup sehari-hari yang selalu lebih besar dari pada pemasukan.

Bahkan banyak orang salah mengartikan bahwa menjadi PNS mampu bekerja secara santai tanpa harus takut dipecat layaknya pegawai swasta.

Kali ini saya akan membahas bahwa sebenarnya memilih menjadi wirausahawan adalah pilihan yang lebih baik dari pada menjadi seorang PNS.

Pembahasan ini saya uraikan berdasarkan pengalaman saya pribadi yang saat ini berstatus sebagai pegawai negeri aktif disalah satu lembaga pemerintahan.

Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri

Memilih menjadi wirausahawan berarti menjadikan diri kita menjadi seorang bos bagi diri sendiri, karena kita bisa leluasa melakukan dan menentukan kebijakan apapun atas usaha yang kita kelola.

Wirausaha berarti menggunakan semua kemampuan kita untuk memajukan bisnis, dari kemampuan berkomunikasi, keuangan, dan kemampuan memasarkan produk.

Loading...

Memilih menjadi wirausahawan berarti kita mengembangkan kemampuan  bukan hanya pada satu bidang khusus saja. Kita akan menemukan begitu banyak pengalaman yang membuat kita lebih matang dan membuat kita lebih mampu mengambil keputusan yang terbaik.

Memilih menjadi wirausahawan

Ada orang yang menganggap bahwa menjadi PNS sambil berwirausaha adalah pilihan yang menggiurkan. Dan hal ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang berlomba menjadi PNS.

Tetapi apakah kita tidak sadar bahwa wirausaha tetap menjadi incaran ?

Hal ini berarti menjadi PNS tidak mampu memberikan penyelesaian yang konkrit untuk masalah keuangan kita sehari-hari. Untuk melakukan sebuah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu yang baik, diperlukan keseriusan dalam menjalankannya.

Jika kamu memilih PNS sebagai profesi pekerjaan, dan juga berwirausaha, yakinlah salah satu pekerjaan kamu akan terbengkalai. Jika kamu memilih fokus pada pekerjaan kamu sebagai PNS, tentu usaha kamu tidak akan berkembang.

Namun jika kamu lebih fokus menjalankan bisnis kamu dari pada menjadi PNS, maka saya bisa memastikan bahwa kamu akan lebih banyak terbeban perasaan saat kamu datang ke kantor.

Hal ini dikarenakan banyak pekerjaan kantor yang terbengkalai dikarenakan bisnis, dan pastinya atasan kamu akan lebih sering marah dan mengkomentari semua yang kamu lakukan.

Mungkin dari penjelasan tersebut,  kamu tetap memilih menjadi PNS?

Kamu mungkin akan berfikir bahwa kamu akan fokus 100% bekerja penuh jika berhasil menjadi seorang  PNS. Hal tersebut merupakan keputusan yang tepat, tetapi jika merujuk kepada kebutuhan hidup sehari-hari maka kamu pasti akan tetap memilih menjadi wirausahawan.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa penghasilan menjadi wirausaha selalu lebih besar jika dijalani dengan tekun. Apakah ada PNS yang kaya dengan bekerja 100% untuk kantornya?

Penghasilan Tidak Tetap Namun Mantap

Memilih menjadi wirausahawan
Penghasilan Sebagai Wirausaha -Sumber : righthorizons.com

Tujuan seseorang menjadi seorang PNS mungkin dikarenakan gaji tetap dan pensiunan yang dipastikan datang kelak. Orang kebanyakan takut dengan memilih menjadi wirausahawan, tidak dapat menjamin kehidupan dimasa tua.

Tetapi benarkah demikian? Saya akan coba paparkan dengan gambaran berikut ini :

Kita sebut saja penghasilan seorang PNS setiap bulannya adalah 4 juta rupiah setiap bulannya. Dan dalam satu bulan terdapat 30 hari sehingga jika kita kalkulasikan gaji seorang PNS setiap harinya adalah 133.333 rupiah.

Jika dikurangi ongkos transport dan uang makan sebesar 33.000 saja, maka gaji perhari kamu sekitar 100.000 rupiah. Tahukah kamu berapa gaji bersih seorang kuli bangunan perharinya?

Saya pernah menggunakan jasa kuli bangunan dan menggaji mereka 100.000 per harinya diluar uang makan dan lembur.

Sekarang kita bandingkan dengan memilih menjadi wirausahawan, misalnya menjadi seorang penulis artikel. Saya pribadi bisa menyelesaikan sebuah artikel dalam tempo 1 jam dengan jumlah kata sebanyak 1.000 yang memiliki harga sebesar 30.000 dihalaman contributor klikmania.net.

Jika saya bekerja sepenuh hati pada profesi sebagai penulis dan menggunakan 8 jam untuk menulis, maka saya bisa menghasilkan artikel sebanyak 8 buah pada kategori artikel yang berbeda-beda.

Jika artikel tersebut diterima sebanyak 4 buah saja, maka saya berhasil menghasilkan pendapatan sebanyak 120.000 perharinya.

Dan jika 4 sisa artikel tersebut berhasil juga dipublish keesokan harinya, berarti saya sudah memiliki “tabungan”  untuk mengerjakan proyek lainnya sebagai penulis lepas. Seperti menawarkan jasa pembuatan artikel pada orang lain yang membutuhkan.

Walaupun penghasilan sebagai penulis tidak selalu sama setiap harinya, namun bukan berarti tidak mampu mencukupi kebutuhan harian. Bisa saja hari ini hanya mampu menghasilkan 300.000 rupiah, besok bertambah menjadi 320.000. Tidak tetap namun mantap bukan?

Bekerja Dirumah Itu Asiknya Bukan Main

Siapa bilang kekantor nggak bisa pake kolor? Mungkin kamu pernah dengar istilah itu bukan!

Pastinya jangan coba cuma pakai kolor kalau kamu kekantor sebagai seorang PNS. Menjadi seorang PNS harus berpakaian rapi dan lengkap atribut.

Wakil Gubernur Jakarta yang baru dilantik saja, ditegur karena berpakaian tidak lengkap. Yah mungkin karena beliau biasa berwirausaha yang bukan mementingkan pakaian, tetapi kinerja.

Memilih menjadi wirausahawan
Bekerja Di Rumah – Sumber : brstatic.com

Memilih menjadi wirausahawan, berarti kamu memiliki kantor yang tidak terbatas. Kamu bisa bekerja dimana saja dan kapan saja serta bersama siapa saja.

Saat saya menulis artikel inipun, saya masih sempat bermain bersama anak saya dirumah. Dengan disuguhi kopi oleh istri tercinta. Menarik bukan?

Tetapi tetap saja, saya tidak bisa menghasilkan artikel yang banyak karena saya tetap harus memprioritaskan profesi saya sebagai PNS.

Serunya bekerja karena hobby akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan bekerja karena profesi. Dan memilih menjadi wirausahawan berarti kamu menyalurkan hobby yang mampu menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari.

Bahkan, bagi kamu yang masih mencoba untuk menjadi PNS atau bahkan sudah gagal ikut tes PNS, sebaiknya kamu mencoba dan menekuni berbisnis menjadi seorang wirausahawan.

Tantangan yang sangat seru akan hadir didepan mata dan kamu pasti menyukainya.

Wirausahawan Bukan Pilihan Alternatif

Jika kamu menganggap bahwa memilih menjadi wirausahawan adalah pilihan alternatif atau sebagai cadangan, maka kamu sudah salah dalam menentukan pilihan.

Jika kamu berniat untuk tetap menjadi seorang PNS, maka fokuslah mengejar profesi yang kamu dambakan.

Karena hal ini akan membuat usaha kamu tidak berkembang atau malah hancur disebabkan kamu menjadikan wirausaha sebagai pemain cadangan. Saya selalu gagal dalam berwirausaha karena menjadikan bisnis saya sebagai back up untuk tambahan saja.

Padahal dulu sebelum saya menjadi PNS, saya berbisnis pulsa dan lain-lain yang mampu menghasilkan keuntungan bersih sebesar 3 juta lebih setiap bulannya.

Kenapa saya tidak bisa berbisnis lagi? Karena saya tidak bisa menjadikan bisnis saya sebagai pemain utama karena kontrak dengan pemerintah.

Memilih menjadi wirausahawan

Untuk menjadikan profesi wirausaha sebagai profesi, memang tidak mudah. Karena memerlukan kemampuan dalam menerapkan strategi agar mampu bertahan dan berkembang.

Dan bagi kamu yang memiliki jiwa pemimpin dan manajemen, memilih menjadi wirausahawan adalah pilihan yang tepat. Kamu akan menemukan hal yang menyenangkan dan dapat memacu adrenalin kamu untuk berjuang.

Penghasilan Wirausaha Itu Tergantung, Penghasilan PNS Itu Di Gantung

Penghasilan seorang yang memilih menjadi wirausahawan selalu tergantung pada bagaimana kamu menjalankan usaha. Semakin giat dan melakukan strategi yang tepat, akan meningkatkan penghasilan bisnis yang dijalankan.

Seperti gambaran yang saya jelaskan jika saya memilih profesi menjadi seorang penulis, semua tergantung dari seberapa banyak hasil tulisan yang dihasilkan.

Sedangkan penghasilan PNS itu digantung diatas angin yang selalu terobang ambing saat akhir bulan tiba. Keluhan setiap PNS pada tanggal 24 keatas selalu sama, yaitu tanggal tua.

Padahal tidak pernah ada tanggal yang tua, yang ada malah kita yang terus menjadi tua.

Namun hal ini tidak akan berlaku bagi seorang yang memilih menjadi wirausahawan, karena tanggal muda selalu ada saat kita mau menghasilkan sebuah karya.

Selamat memilih profesi yang ada, karena setiap profesi akan sukses jika kita menekuninya.

Salam Wirausaha.



Loading...

Bagikan

etrosinaga

Penulis

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Komentar

    Avatar

    Nadya

    ( - 08:18)

    test

    Avatar

    eko

    ( - 02:40)

    Mantap bung Etrosinaga, keren ini artikelnya. Memang kuakui mental kita masih terjebak pada zona nyaman, termasuk saya sendiri hehehe. Saya suka dengan kalimat penutupnya “Selamat memilih profesi yang ada, karena setiap profesi akan sukses jika kita menekuninya”, terima kasih sudah sharing sangat inspiratif.

    Avatar

    Wili saputra

    ( - 16:47)

    Bungg tulisan ini refrensinya dari mana? JANGAN BOHONG… INDONESIA ITU LEBIH BANYAK PEMINAT PNS KEYIMBANG WIRAUSAHA.

    Kok kayanya tulisan ini ngawur ya… Lihat sekitar anda…

    Banyak pengangguran itu terjadi karena apa?

    YA KARENA MEREKA MENGGANTUNGKAN PILIHAN PADA PEKERJAAN KARYAWAN.. BUKAN WIRAUSAHA.

    Next time… menulis harus disertai sumber yg jelas bung.

      etrosinaga

      etrosinaga

      ( - 16:50)

      Sumber artikel saya sendiri. Sesuai dengan kategori artikel “Kisah Inspiratif” yang dimana saya berusaha menginspirasi pembaca bahwa menjadi PNS tidak seindah yang diinginkan. Masalah peminat PNS lebih banyak dari pada wirausahawan, itu semata karena mental kita yang lebih suka pada zona aman. Terimakasih atas komentarnya.

    Dede tatang

    Dede tatang

    ( - 09:38)

    Mantap pa, Sangat menginpirasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *