Mengapa Harus Menggunakan WordPress Self Hosting? Ini Penjelasannya

Sewaktu pertama kali mengenal aktifitas “ngeblog” saya menggunakan flatform blogspot untuk memposting artikel saya, bahkan sampai berjalan hingga 3 tahun lamannya. Disamping gratis blogspot juga memberi pengalaman berharga tentang dunia blogging, karena cara menggunakannya sangat mudah.

Saya memutuskan untuk menggunakan wordpress self hosting karena alasan yang sangat sepele, yaitu ingin mencoba sesuatu yang baru. Bukan berarti saya meninggalkan blogspot, karena ada beberapa blog saya yang masih menggunakan flatform blogspot walaupun jarang di update.

Posting ini saya buat setelah saya menggunakan wordpress selfhosting selama 6 bulan, sebelumnya saya memutuskan untuk memindahkan posting dari blogspot ke wordpress self hosting hanya karena alasan sepele tadi, yaitu mencoba sesuatu yang baru. Nah, agak sedikit konyol bukan?

Beberapa kelebihan menggunakan WordPress self hosting

WordPress self hosting adalah sebuah CMS (content management system) yang bisa kita unduh melalui situs resminya di wordpress.org, setelah itu kita bisa menggunakan sebuah domain dan fasilitas hosting untuk mengaksesnya.

Dan inilah beberapa kelebihan menggunakan wordpress self hosting

Cara menggunakan wordpress mudah sekali

Sewaktu pertama kali melihat tampilan wordpress saya agak sedikit bingung, karena sudah terbiasa dengan blogspot. Tetapi ternyata cara menggunakan wordpress sangat mudah sekali, tidak perlu pengetahuan khusus tentang kode HTML.

Semua tombol navigasi serta menu dibuat untuk memudahkan pengguna, papan atau kolom untuk menulis posting juga sangat lengkap, ada mode visual dan teks yang bisa diganti dengan cepat.

Loading...

Mengganti theme wordpress dengan mudah

Banyak sekali tersedia theme baik yang gratis dan premium (berbayar) dan Anda bisa mengganti tampilan website dengan theme apapun dengan satu langkah saja. (one click to change)

WordPress sangat ramah dengan mesin pencari terutama google

Struktur permalink wordpress sangat bagus sekali, kita bisa mengunakan pilihan sampai 6 custom link untuk meningkatkan performa wordpress terhadap mesin pencari google. Dengan begitu konten atau artikel dapat mudah ditemukan dihalaman google.

menggunakan wordpress selfhosting

Disamping itu juga tersedia pengaturan TAG yang sejenis dengan kategori yang bisa membuat halaman sendiri. Kelebihan TAG dibanding kategori adalah lebih fleksibel, TAGs juga berfungsi untuk menambah relanvacy website.

Mudah menambahkan fungsionalitas Theme dengan plugin

Dengan menggunakan wordpress self hosting anda bisa menambahkan beberapa plugin dengan mudah, saat ini tersedia lebih dari 10.000 plugin dengan fungsi yang berbeda-beda. Dan kebanyakan plugin bisa di unduh dan digunakan dengan gratis.

Sebagai contoh, anda bisa menambahkan widget popular post, halaman contact atau tombol sosial sharing yang keren hanya dengan memasang plugin. Jadi tidak perlu repot mempelajari kode html.

K0ntrol keamanan website dengan mudah secara real time

Saat ini menggunakan wordpress self hosting sudah terbilang relatif aman, Anda bisa mengontrol akses website secara penuh dan menangkal ribuan komentar spam secara otomatis.

Fitur backup bisa kita lakukan dengan menjadwalkan secara otomatis (dengan plugin) jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan atau terjadi kerusakan di website  bisa dikembalikan dengan mudah.

Baca juga :  Langkah Tepat Melindungi Situs Anda Dari Berbagai Ancaman

Community support dari banyak pengembang

Saat ini banyak komunitas dan pengembang baik dari plugin maupun themes yang membuat banyak inovasi terhadap tampilan maupun kecepatan website yang mendukung wordpress. Setiap hari banyak dibuat themes untuk menciptakan website yang modern sesuai dengan antar muka web browser terbaru.

Halaman komunitas dan forum

WordPress juga bisa digunakan untuk membuat hala,man komunitas dan forum dengan mudah, saat ini plugin forum yang populer adalah Buddypress dan BBpress. Kedua plugin ini mempunyai kemudahan dalam mengelola forum secara langsung situs wordpress.

Berpotensi mengembangkan bisnis secara online

Dengan menggunakan wordpress self hosting akan berpeluang mengembangkan bisnis anda di dunia internet. Segala kemudahan menggunakan plugin memungkinkan Anda membuat situs e-commerce dengan sangat profesional. Semua transaksi di internet juga bisa dibuat secara instan dengan menggunakan fungsi Form payment.

Update CMS wordpress gratis dan continue

Satu lagi kelebihan menggunakan wordpress self hosting yaitu update CMS wordpress secara gratis dan berkelanjutan. Dengan adanya pembaharuan yang dilakukan secara terus menerus terhadap CMS wordpress, memungkinkan tingkat keamanan yang terjamin dan tersedia fitur-fitur yang telah di mutakhirkan.

Walaupun kita membayar jasa penyedia hosting tetapi CMS dari wordpress bisa kita gunakan selamanya secara gratis tanpa harus membayar.

Dengan beberapa alasan diatas, akhirnya saya tetap menggunakan wordpress self hosting untuk menjalankan blog utama sampai saat ini.

Baca juga : Ternyata Membuat WordPress Self Hosting Mudah Dan Murah


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Asni

    ( - 23:40)

    Mas, kalo mau ubah dari WordPress.com ke blabla.com apakah trafic pengunjung akan berubah, dan urutan artikel posisi di google jg akan berubah?

    Avatar

    WordPress memang sangat memanjakan para blogger. Plugin yang mempermudah serta segala fasilitasnya, terutama yang terkait dengan SEO.

    Awal menggunakan wordpress …saya langsung jatuh cinta.

    Namun demikian saya juga mencoba menggunakan platform lainnya. Terutama blogspot. Untuk traffik sebenarnya tidak jauh beda. Bahkan untuk traffik tertinggi saya, dari blogspot gratisan.

    Demikian juga untuk kecepatan mendapatkan visitor. Blogspot tidak kalah dengan wordpress self-hosting.

    Hanya saja, sekali lagi, memang wordpress (self hosting) memberikan banyak kemudahan bagi para blogger.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:09)

      Betul mas Yunus..kemudahan dan fitur lengkapnya yang menjadikan pembeda,kalau untuk trafik ya tergantung pengelolanya 😀

    Avatar

    abiel accoustic

    ( - 14:07)

    Kangmas, awak mau belajar buat blog keren kkgini. Jelek dulu pn gpp. Yg penting gratis dulu, kalok cocok qt bayar. Hehehe.
    Nah, ane hrs mulai dr mana??

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:32)

      Mulainya dari mendaftar domain dan hosting mas..kalo nggak daftar maka nggak akan punya blog, bisa dari yang gratis atau berbayar.. 😀

    Avatar

    Mas Riyanto

    ( - 14:28)

    Mas Gani Maksudnya Self Hosting Itu Gimana ya ? Kita Hanya perlu beli Domain + Hosting Trus kita edit website via wordpress gitu ?
    Terima Kasih infonya .

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:36)

      WordPress ada 2 jenis mas,
      1. WordPress.com
      2. WordPress.org

      Yang umum digunakan para blogger adalah wordpress.org karena bisa kita gunakan domain apapun.

      Self hosting adalah hosting yang kita sendiri mas, nantinya bisa di instal CMS dari wordpress.org.

      Betul, harus punya domain sendiri..Tapi rata-rata penyedia hosting sekarang memberikan domain gratis jika kita menyewa hosting selama 1 tahun dan akan diperpanjang (gratis) pada tahun berikutnya.

      Nnatinya kita membuat posting dan segala macam jegiatan blog dari dashboard wordpress yang sudah di instal, layaknya posting dari blogspot.

    Avatar

    Isrofi Achmad

    ( - 17:13)

    Tertarik mas untuk menggunakan wordpress self hosting, namun kayaknya buat saya belum untuk saat-saat ini, masih banyak yang harus saya pelajari dulu tentang dunia blogging. Makasih mas sharingnya, sangat bermanfaat.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:49)

      Tidak harus juga kok mas, Tapi yang saya tau setelah menggunakan wordpress self hosting adalah segala kemudahannya.

      Btw, jika suatu saat tertarik bisa buat latihan dan belajar, seperti saya dulu mas @Isrofi Achmad 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *