Peluang usaha

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Terpopuler dan Cara Memulai Bisnis

Kegiatan sehari hari yang monoton terkadang terbesit fikiran untuk mencari peluang usaha ibu rumah tangga untuk mendapatkan kesibukan lain. Ibu rumah tangga memang memiliki tanggung jawab untuk mengurus rumah, merawat anak dan melakukan hal hal lain yang sifatnya berulang setiap hari. Sehingga terkadang membutuhkan hal-hal lain yang berbeda dari biasanya.

Hal ini tentu berbeda dengan dengan wanita karier yang setiap hari menyibukkan diri untuk mencari penghasilan. Sehingga tidak ada lagi waktu luang yang kosong. Namun bukan berarti tidak ada yang tidak bisa dilakukan agar ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang. Tanpa melupakan tugasnya sebagai ibu dan istri, peluang usaha ibu rumah tangga selain untuk mengisi waktu luang juga bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Awal mula membuka usaha tentu tidak mudah, sehingga diperlukan pengetahuan cara memulai bisnis bagi para wanita. Pengetahuan bisa didapatkan darimana saja dan dari siapa saja. Sehingga dengan saling berbagi akan memberikan gambaran hal hal apa saja yang perlu disiapkan dalam memulai sebuah usaha bagi ibu rumah tangga.

Berikut ini beberapa contoh peluang usaha ibu rumah tangga baik dari bidang perdagangan maupun bidang jasa dan internet. Dilengkapi juga dengan bagaimana langkah langkah awal memulai bisnis bagi ibu rumah tangga.

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

peluang usaha ibu rumah tangga

1. Membuka Toko Kelontong

Peluang usaha ibu rumah tangga terpopuler yang pertama adalah membuka toko kelontong. Mungkin Kita akan melewatkan ide bisnis ibu rumah tangga yang satu ini. Karena sudah terlihat biasa dan tidak ada yang nampak lebih. Namun sebenarnya ini adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, orang-orang membutuhkan sembako dan bahan bahan makanan untuk memasak secara berulang setiap hari.

Peluang usaha toko kelontong sebaiknya diwujudkan dengan konsep pelayanan grosir. Dengan konsep grosir, Kita tidak perlu mengambil keuntungan dalam jumlah besar. Namun yang Kita tawarkan adalah stok yang banyak dan harga yang murah dengan kualitas yang baik.

Komoditas yang ditawarkan tidak perlu serba ada. Barang-barang yang disediakan adalah yang dibutuhkan oleh orang lain dalam jumlah banyak dan berkelanjutan. Contohnya adalah beras, gula, minyak, telur dan gas LPG.

Untuk memulai usaha toko kelontong, bisa dicoba dengan menawarkan dagangan kepada tetangga tetangga terdekat lebih dahulu. Setelah mendapatkan feel yang pas, Kita kemudian bisa mulai menyerang pasaran yang lebih luas. Dua hal penting dalam membuka toko kelontong adalah harus memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dan siap untuk mendengarkan keluhan mengenai barang dagangan.

2. Menjadi Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu peluang usaha ibu rumah tangga yang sedang populer dan sudah banyak yang berhasil. Dropshipper sebenarnya hampir sama dengan jual beli barang secara online, tetapi barang yang Kita tawarkan belum menjadi milik Kita.

Kita hanya menawarkan barang barang melalui gambar dan menjelaskan spesifikasinya kemudian memberikan tawaran harga. Baru kemudian apabila ada orang yang akan membeli, Kita mengambil barang dari supplier.

Peluang usaha dropshipper ini adalah awal yang baik untuk memulai bisnis jual beli online. Karena kelebihan dari usaha ini adalah Kita tidak membutuhkan modal awal yang besar. Selain itu Kita tidak perlu menanggung resiko barang yang tidak laku dijual.

Namun yang sulit dari usaha dropshipper ini tentu saja pada komunikasi Kita dengan konsumen maupun dengan supplier. Karena Kita harus bisa memastikan bahwa barang yang akan di order oleh konsumen dalam keadaan ready stock agar tidak terkesan memberi harapan palsu pada konsumen.

Untuk memulai peluang usaha dropshipper yang dibutuhkan adalah informasi mengenai supplier barang. Kita harus menjalin komunikasi yang baik dengan supplier, karena nantinya Kita harus rajin untuk menanyakan stock yang ada pada supplier.

Kemudian Kita bisa mulai menawarkan barang barang melalui grup di aplikasi chat maupun melalui media sosial. Penawaran bisa dimulai dari orang orang terdekat, jangan lupa untuk meminta testimoni dari orang yang pernah membeli. Hal ini dilakukan agar lebih menambah kepercayaan dari calon pembeli lainnya.

3. Bisnis Pakaian

peluang usaha ibu rumah tangga

Pakaian merupakan kebutuhan pokok atau primer semua orang yang bahkan menjadi nomor satu dibandingkan makanan dan tempat tinggal. Hal ini sebagaimana filosofi jawa ‘sKitang, pangan, papan’ yang berarti kebutuhan akan pakaian, makanan dan tempat tinggal. Hal ini menunjukkan bahwa pakaian merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu peluang usaha berbisnis pakaian menjadi jenis usaha yang tidak musiman, tetapi terus berkelanjutan.

Keuntungan dari berbisnis pakaian ini tentu saja berkaitan dengan model pakaian yang terus berganti seiring bergulirnya waktu. Perkembangan inilah yang membuat orang orang yang peduli dengan penampilan akan selalu meng’update’ jenis pakaian yang dimiliki.

Terlepas dari itu, sifat bosan manusia menyebabkan banyak orang yang mengganti pakaiannya dengan yang baru meskipun yang lama masih terbilang bagus. Hal-hal bersifat manusiawi inilah yang sangat menguntungkan bagi yang mampu melihat dan memanfaatkan peluang. Yang tentu saja dapat dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga, karena memungkinkan untuk mengikuti perkembangan fashion baik wanita maupun pria yang tengah disukai oleh masyarakat.

Untuk memulai bisnis pakaian bisa menerapkan beberapa cara.

Yang pertama adalah metode offline atau kios

Ibu rumah tangga bisa memasang etalase di rumah untuk meletakkan barang dagangan dan penawarkan dimulai dari tetangga.

Yang kedua adalah metode online

Metode yang kedua ini hampir sama dengan point ketiga diatas yaitu menjadi dropshipper. Kemudian cara yang ketiga adalah gabungan online dan offline. Kita bisa memiliki stok barang dan mempromosikan dagangan melalui internet, baik media sosial maupun media yang lain.

Kita dapat memilih salah satu dari ketiga metode tadi, berdasarkan kemampuan modal, relasi dan kemampuan menggunakan internet.

4. Usaha laundry

peluang usaha ibu rumah tangga

Usaha laundry adalah peluang usaha ibu rumah tangga bidang jasa yang cukup populer. Bagaimana tidak, sekarang ini banyak wanita yang tidak lagi sempat untuk mencuci. Karena banyak wanita sekarang yang menjadi wanita karier. Peluang inilah yang mestinya dapat dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga untuk membuka usaha laundry. Karena usaha ini tidak akan tersingkirkan, justru jasa ini akan semakin dibutuhkan oleh banyak orang.

Cara membuka usaha laundry yang utama Kita perlu melakukan analisis terlebih dahulu terhadap modal serta lingkungan Kita. Modal yang dibutuhkan bukan hanya uang untuk membeli mesin cuci, namun juga ketersediaan air dan manajemen pembuangan air. Apabila dua hal ini sudah tersedia maka tinggal melakukan analisis yang selanjutnya, yaitu lingkungan.

Maksud dari analisis lingkungan ini adalah dengan melihat berapa banyak usaha laundry di lingkungan Kita, jumlah wanita karier serta jumlah penduduk di daerah Kita. Hal ini perlu Kita lakukan karena usaha laundry hanya akan menyasar lingkungan seKitar Kita. Selain itu juga dapat Kita rumuskan apakah nantinya akan melayani penjemputan barang laundry atau tidak.

5. Freelance writer atau blogger

Menjadi penulis adalah hal yang susah susah gampang. Karena menulis membutuhkan kemampuan untuk mengungkapkan apa yang ada dalam diri Kita. Akan sedikit lebih mudah apabila menulis hal-hal yang Kita fahami, tetapi akan menjadi cukup sulit untuk menulis hal-hal yang Kita belum memahami.

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki waktu cukup luang untuk menulis, tentu dapat dimanfaatkan untuk berbagi cerita kepada orang lain. Apalagi sekarang menulis tidak harus menjadi sebuah buku agar bisa dijual, menulis pada blog bisa menjadi peluang usaha untuk mendapatkan uang.

Seorang ibu rumah tangga yang pandai memasak bisa menulis mengenai resep-resep makanan atau ulasan mengenai makanan. Ibu-ibu juga bisa menceritakan kegiatan sehari hari misalnya tips tips membersihkan rumah, merawat anak dan lain sebagainya. Apabila memiliki pengetahuan khusus lain, tentu saja bisa dituangkan dalam bentuk tulisan tulisan untuk dipasang pada blog pribadi maupun bisa juga menjadi freelance writer.

6. Youtuber

Berkreasi dalam bentuk video dan mengunggahnya pada akun youtube bukan lagi menjadi ranahnya anak muda saja. Orang-orang orang dewasa termasuk ibu rumah tangga juga boleh menjadi salah satu creatornya. Banyak yang beranggapan bahwa Youtube lebih dari Televisi, maka sebenarnya adalah lebih banyak hal yang bisa dibagikan dan dilihat oleh banyak orang dari semua umur dan semua kalangan.

Keuntungan menjadi youtuber tentu saja sangat banyak. Kita bisa berbagi hal-hal yang bsa bermanfaat bagi orang lain. Kemudian youtube juga bisa dijadikan peluang usaha online, karena youtube juga membuka peluang untuk menjadi publisher google adsense.

Lalu apa yang bisa dibagikan oleh ibu rumah tangga ke akun youtube? Banyak! Ya, ada banyak hal yang bisa ibu rumah tangga bagikan ke situs youtube. Misalnya Kita adalah ibu yang pandai memasak, buat saja video tutorial memasak.

Bahkan apabila Kita lebih suka wisata kuliner daripada memasak, Kita bisa membuat video review atau ulasan mengenai makanan yang sedang Kita coba. Termasuk apabila Kita memiliki kehidupan yang mungkin tidak banyak orang miliki, Kita bisa berbagi kegiatan Kita di youtube.

7. Jasa Endorsement

Jasa endorsement saat ini tengah menjadi salah satu peluang usaha ibu rumah tangga yang sangat populer. Hal ini didukung dengan masyarakat yang semakin faham dalam menggunakan media sosial, terutama instagram. Endorsement adalah jasa mengiklankan suatu produk pada akun media sosial yang Kita miliki dengan produk tersebut sebagai imbalan.

Baca : Memanfaatkan Instagram Untuk Keberlangsungan Karir

Namun sekarang imbalan jasa endorsement tidak hanya terbatas pada produk yang diiklankan. Sekarang juga sudah dikenal sistem paid promote, yaitu mengiklankan produk maupun akun pada akun media sosial Kita dengan imbalan berupa uang.

Jasa endorsement semacam ini banyak digeluti oleh wanita-wanita yang memiliki banyak folowers pada akun media sosialnya terutama instagram. Jasa endorsement ini dianggap effektif oleh pengiklan karena seolah olah pemilik akun menggunakan produk yang diiklankannya. Ditambah lagi, apabila pemilik akun memiliki gaya hidup yang bisa dijadikan contoh oleh orang banyak, maka pemasangan iklan ini pun akan menjadi lebih baik lagi.

Memiliki jasa endorsement ini sangat menguntungkan. Karena pada dasarnya Kita tidak akan membutuhkan modal. Hanya saja tentu Kita membutuhkan pola kehidupan yang memungkinkan untuk dijadikan contoh atau setidaknya dikagumi oleh orang lain. Kemudian Kita mengunggahnya di media sosial untuk mendapatkan followers. Semakin banyak followers yang Kita miliki, akan semakin meningkatkan daya jual jasa endorsement Kita.

Memang bukan hal yang mudah untuk membuat daya tarik pada akun media sosial Kita, memerlukan kreativitas yang berbeda dengan yang lain. Contohnya adalah Ibu Retno Hening, beliau adalah seorang ibu dari anak bernama Kirana.

Ibu ini sering mengupload kegiatan kegiatan bermain anaknya di media sosial instagram, hingga akhirnya bisa menulis sebuah buku yang best seller. Meskipun tidak berfokus pada jasa endorsement, tetapi aktivitasnya di Instagram menjadi peluang usaha yang jauh lebih besar lagi. Disamping memang untuk berbagi inspiras kepada orang lain.

Persiapan yang Matang dan Tangguh Menghadapi Proses Awal

Sebelum memulai bisnis, tentu saja membutuhkan persiapan yang matang. Perlu mempersiapkan berbagai aspek mulai dari modal, peralatan hingga pemasaran dari apa yang kita kerjakan. Namun jangan sampai persiapan ini membuat kita terlena, hingga tidak segera mengambil tindakan. Segera mengambil tindakan dan mulai menyesuakan diri dengan setiap tantangannya. Sehingga segera berjalan dengan baik segala prosesnya.

Sekian tadi beberapa peluang usaha ibu rumah tangga yang mungkin bisa menjadi ide untuk memulai bisnis. Memang bukan hal yang mudah untuk memulai sebuah usaha. Usaha dalam bidang perdagangan tentu saja membutuhkan relasi awal yang cukup banyak sebagai pijakan dalam memulai berjualan.

Membuka usaha dibidang jasa tentu membutuhkan keahlian yang unik dan spesifik. Karena bekerja dibidang jasa hanya menawarkan kepercayaan dan kepuasan pelangga. Sedangkan membuka usaha dibudang online atau internet, tentu saja memerlukan kemampuan awal dalam menggunakan internet.


Loading...
Baca selengkapnya

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Sedang belajar menulis tentang Android, Media Sosial, Peternakan dan Pertanian.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Bisnis jaringankok gak masuk om ? Seperti bisnis air kesehatan Milagros, juga merupakan salah satu peluang usaha untuk ibu rumahtangga. Cukup menggunakan media online. Selain prospek bisnisnya bagus, produknyapun sudah direkomendasikan para dokter karena khasiatnya yang RUARRR BIASA. Btw, makasih banyak om Tristianto, semoga cepet lulus & webnya ramai pengunjung. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close