Usaha Rental Motor

Peluang Usaha Rental Motor : Meraih Laba Tanpa Harus Bekerja Lebih

Menjalani usaha rental motor telah dilakukan oleh banyak orang yang tinggal dekat dengan tempat wisata ataupun dekat dengan kampus perguruan tinggi. Memanfaatkan kesempatan yang ada dan menjadikannya peluang bisnis merupakan cara cerdas dalam meraup keuntungan.

Dengan menjalankan usaha rental motor, kita sebagai pemilik usaha tidak terlalu direpotkan dengan pengelolaan usaha yang dijalankan. Dikarenakan bisnis ini dapat terus berjalan tanpa harus mengawasinya 24 jam.

Sebagai alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berpergian. Menjadikan usaha ini memiliki prospek yang sangat baik dimasa depan, jika kita pandai mengelolanya. Memanfaatkan konsumen yang tidak memiliki sepeda motor, namun membutuhkan sepeda motor untuk menjalankan aktivitasnya merupakan celah bisnis yang dapat diambil.

Agar sukses menjalanakan usaha, kita membutuhkan berbagai macam persiapan bisnis untuk memulainya. Salah satu persiapan yang penting adalah menyiapkan pengetahuan tentang bisnis yang akan digeluti. Berikut ini berbagai macam tips, cara mempersiapkan, serta mengelola bisnis rental motor.

Persiapan Usaha Rental Motor

usaha rental motor
phukettravelling.com

Tentukan Target Pasar Anda

Rental motor biasanya dibutuhkan oleh para mahasiswa yang tinggal diperantauan atau wisatawan backpacker. Jadi sesuaikan pasar anda dengan lokasi usaha yang akan anda jalankan. Jika lokasi berada di dekat dengan tempat wisata, maka para wisatawan merupakan target pasar anda. Namun, jika lokasi berada di dekat dengan kampus perguruan tinggi, maka para mahasiswalah yang akan menjadi konsumen anda.

Menentukan target pasar sangatlah penting sebelum anda mulai menjalankan bisnis rental motor. Dengan mengetahui target pasar artinya anda bisa mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan dan harga sewa motor yang akan dipatok.

usaha rental motor

Sebagai contohnya, jika pasar yang anda target adalah para mahasiswa artinya harga sewa akan sangat berbeda dengan wisatawan yang tujuan untuk bersenang-senang. Para mahasiswa juga lebih cenderung menyewa sepeda motor dalam waktu yang lebih lama seperti setengah hari ataupun satu hari. Hal ini sangat berbeda dengan wisatawan yang biasanya dapat menyewa dengan waktu yang lebih singkat.

Loading...

Target pasar juga menentukan jenis sepeda motor yang akan disewakan kepada para pelanggan. Penyewaan untuk digunakan dijalan kota lebih baik menggunakan motor matic dan motor bebek. Namun, jika anda menyewakan motor untuk lokasi wisata alam dengan jalan yang tidak rata, maka gunakanlah motor trail kepada para pelanggan anda.

Jadi tetapkanlah dulu pasar yang akan anda bidik sebelum mulai menjalankan bisnis penyewaan motor. Mengetahui pasar menjadikan anda lebih memahami apa yang diinginkan konsumen anda.

Lokasi yang Dekat dengan Target Pasar

Lokasi akan menentukan keberlangsungan usaha yang akan dijalani termasuk usaha rental motor. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh para pelanggan anda. Dengan berada dilokasi yang startegis, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan jasa yang anda tawarkan. Kemudahan pelanggan menemukan lokasi usaha akan menentukan lancar tidaknya rental motor yang dijalankan.

Lokasi yang strategis adalah lokasi yang mudah dilihat oleh banyak calon pelanggan misalnya dipinggir jalan umum, dekat dengan tempat wisata, atau berada di dekat dengan kost para mahasiswa. Pilihlah lokasi yang mudah ditemukan oleh calon pelanggan anda nantinya.

Lokasi yang anda pilih juga menentukan biaya sewa tempat dalam menjalankan usaha. Bijaksanalah dalam memilih lokasi agar biaya sewa tempat tidak menjadi kendala dalam menjalankan usaha. Jika anda kebetulan memiliki tempat tinggal yang strategis dekat dengan pasar rental motor, manfaatkanlah kesempatan ini. Dengan sedikit kreativitas, anda bisa mengubah tempat tinggal anda menjadi tempat usaha. Garasi yang luas atau halaman rumah yang luas merupakan faktor menguntungkan yang bisa anda gunakan dalam menjalankan bisnis rental motor.

Jadi, tidak selamanya usaha rental motor harus mengeluarkan biaya sewa tempat yang besar untuk dijadikan tempat usaha. Kreativitas akan membantu anda dalam menjalankan bisnis ini.

Modal Usaha

Modal usaha untuk menjalankan bisnis rental motor tidaklah terlalu besar. Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan cara sedikit demi sedikit menabung atau dengan pinjaman modal. Dengan uang 15 juta rupiah anda sudah bisa menjalankan usaha ini dan mendapatkan keuntungan.

Dari uang 2,5 juta rupiah anda sudah bisa mendapatkan sepeda motor matic bekas untuk menjalankan usaha anda. Jadi dengan uang 15 juta rupiah anda telah memiliki modal motor matic untuk disewakan sebanyak 5 buah dan sisa 2,5 juta untuk modal operasional kegiatan usaha.

Baca : Tips Mendapat Pinjaman Bank Untuk Modal Usaha dengan Lancar dan Mudah

Namun untuk selanjutnya jangan menggunakan sepeda motor bekas untuk menjalankan kegiatan usaha anda. Hal ini dikarenakan biaya perawatan sepeda motor bekas akan menjadi lebih tinggi dimasa depan dibandingkan dengan motor yang baru. Gunakanlah sepeda motor bekas hanya sebagai modal awal anda dalam memulai usaha.

Alternatif lain yang bisa anda manfaatkan adalah dengan cara yang lebih agresif. Cara ini dikatakan agresif karena sangat beresiko jika anda tidak pandai mengelola bisnis yang dijalankan.

Caranya anda bisa menggunakan uang 12,5 juta seperti contoh diatas untuk digunakan sebagai DP kredit beberapa motor baru di dealer. Kemudian cicilannya berasal dari uang sewa motor yang anda berikan kepada pelanggan.

Anda harus berpikir cerdas agar setiap bulan keuntungan dari sewa sepeda motor harus lebih tinggi dibandingkan dengan biaya cicilan sepeda motor. Dikarenakan cara ini sangat beresiko sangat tidak disarankan untuk digunakan bagi para pebisnis pemula yang masih belajar dalam menjalankan usaha.

Tips Dalam Mengelola Usaha Rental Motor

Usaha Rental Motor
http://boholmotorcycle.com

Ketat dalam Mengenal Pelanggan

Usaha rental motor sangat erat hubungannya dengan tindakan pelanggaran hukum dari para pelanggan. Walaupun tidak semua pelanggan memiliki kecenderungan untuk bertindak kriminal namun anda harus tetap waspada dengan resiko ini.

Cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi kemungkinan motor anda dibawa lari oleh pelanggan adalah dengan mengenal calon pelanggan anda. Cari tahu terlebih dahulu siapa yang akan menyewa motor anda.

Anda bisa meminta pelangan memberikan e-KTP untuk kemudian anda data kedalam arsip pelanggan. Minta juga nomor handphone mereka agar lebih mudah untuk melakukan komunikasi. Anda juga bisa membuat beberapa ketentuan kepada calon pelanggan untuk menghindari tindakan kriminal.

Anda bisa meminta pelanggan untuk meninggalkan e-KTP mereka sebagai bentuk jaminan dan akan dikembalikan kemudian jika penyewaan sudah selesai. Fotolah pihak penyewa sebagai arsip yang bisa anda gunakan jika sewaktu-waktu terjadi tindakan kriminal.

Melakukan tindakan pencegahan sangat diperlukan dalam menjalankan usaha penyewaan motor. Dengan mengenali pelanggan anda berarti kita telah mengurangi resiko terjadi tindakan kriminal yang kemungkinan bisa terjadi dikemudian hari.

Jelaskan Ketentuan yang Harus Dipahami Pelanggan

Beritahukan kepada pelanggan anda ketentuan apa saja yang harus mereka patuhi jika ingin menyewa sepeda motor. Anda bisa memberikan selebaran yang berisi ketentuan-ketentuan dalam penyewaan sepeda motor agar pelanggan anda berhati-hati dalam menggunakan motor yang disewa.

Ketentuan yang bisa anda gunakan seperti kondisi sepeda motor harus baik saat dikembalikan tanpa ada kerusakan apapun. Pelanggan akan mendapatkan denda jika mengembalikan sepeda motor lewat dari masa penyewaan.

Pelanggan dilarang mengganti spare part motor yang disewa dan akan dikenakan biaya ganti rugi jika hal tersebut dilakukan. Pelanggan dilarang menggunakan motor yang disewa untuk melakukan tindakan melawan hukum seperti pencurian ataupun begal.

Jelasakan dengan detail ketentuan apa saja yang harus diikuti oleh calon pelanggan anda. Dengan mengetahui ketentuan dalam penyewaan sepeda motor, maka pelanggan anda akan menjadi lebih waspada dalam menggunakan motor yang mereka sewa.

Kenali Biaya Perawatan Motor

Sepeda motor merupakan kendaraan yang memerlukan perawatan berkala agar dapat terus awet digunakan. Saat menjalanakan usaha rental motor, biaya perawatan motor merupakan biaya rutin yang akan anda keluarkan setiap bulannya. Mengganti oli mesin, mengganti suku cadang yang rusak, dan melakukan servis berkala harus dilakukan untuk menghindari kerusakan motor.

Jika anda tidak melakukan perawatan, sepeda motor akan menjadi lebih cepat rusak karena pemakaian. Hal ini tentu akan sangat merugikan anda sebagai pengusaha rental motor.

Jangan menyepelekan urusan perawatan sepeda motor. Sebagai pengusaha anda bisa bekerja sama dengan pihak bengkel untuk mendapatkan diskon dari mereka. Hal ini sangat menguntungkan jika dilakukan karena bisa memangkas biaya perawatan motor anda.

Pelayanan Kepada Pelanggan Anda

Bisnis penyewaan sepeda motor merupakan bisnis yang berbasis memberikan jasa kepada pelanggan. Bisnis jasa sangat penting untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Tujuannya jelas agar pelanggan anda terus menggunakan layanan jasa yang anda tawarkan dan tidak pindah ke tempat penyewaan yang lain.

Berikan diskon khusus bagi pelanggan setia yang senantisa menggunakan jasa anda. Hadiah kecil akan sangat berarti bagi pelanggan setia dan akan menambah loyalitas mereka kepada jasa yang kita berikan.

Melayani pelangan dengan ramah dan sopan akan menjadikan pelanggan anda senang untuk kembali datang. Layani pelanggan yang komplain dengan motor yang mereka gunakan dan layani berbagai pertanyaan mereka merupakan salah satu bentuk pelayanan terbaik.

Anda bisa memberikan nilai tambah untuk menambah kesetiaan pelanggan kepada jasa penyewaan sepeda motor yang anda kelola. Sebagai contohnya memberikan helm gratis dan jas hujan untuk mengantisipasi pelanggan yang pergi berwisata. Bisa juga dengan memberikan fasilitas antar jemput sepeda motor ketempat pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu bersusah payah datang ke tempat anda.

Anda juga bisa menggunakan media internet untuk memberikan pelayan kepada para pelanggan. Bangunlah sebuah website khusus untuk usaha penyewaan sepeda motor anda. Dengan website tersebut, para pelanggan bisa melakukan booking secara online atau sekedar bertanya-tanya dengan anda. Dengan adanya website anda juga bisa menampilkan jenis sepeda motor dan harga sewanya kepada pelanggan sehingga akan lebih memudahkan pelanggan anda.

Dengan penambahan website, anda bisa menggunakannya juga sebagai alternatif pemasaran di dunia maya. Dengan demikian usaha penyewaan sepeda motor yang anda kelola dapat lebih dikenal oleh masyarakat.

Semua Bisa Memulai Usaha

Usaha rental motor dapat dijalankan oleh semua orang yang memiliki kemauan karena modal bisa anda dapatkan dengan berbagai cara. Tanpa adanya kemauan, modal yang anda miliki akan menjadi sia-sia belaka. Hal ini dikarenakan tanpa adanya keinginan untuk memulai usaha anda tidak akan pernah bisa untuk memulai.


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *