Plugin Wordpress

Plugin Optimasi SEO Terbaik Paling Direkomendasikan untuk Blog

Plugin optimasi SEO – SEO merupakan salah hal yang sangat penting untuk dipikirkan bagi para webmasters atau blogger. Namun karena faktor SEO yang begitu banyak dan sulit ditebak membuat banyak orang yang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Maka dari itulah para pemikir SEO membuat berbagai plugin yang digunakan untuk optimasi blog dengan lebih mudah tanpa ribet.

Plugin optimasi SEO manapun memang tak pernah menjanjikan suatu laman bisa muncul di halaman satu google. Namun setidaknya dengan bantuan plugin itu, optimasi SEO Onpage anda lebih terbantu dan tidak kesulitan dalam mengaplikasikan satu persatu faktor SEO yang dianggap penting untuk dilakukan.

Untuk kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kepada anda semua mengenai plugin optimasi SEO terbaik yang sering direkomendasikan oleh para webmasters seluruh dunia. Jadi bagi kalian yang bingung mencari plugin untuk membantu optimasi SEO onpage, maka beberapa plugin di bawah ini setidaknya bisa membantu anda semuanya.

Plugin Optimasi SEO Terbaik

Alogaritma Search engine memang tak pernah terlepas dari perkembangan dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan zaman, mesin pencari menyesuaikan dengan kondisi waktu saat itu juga. Jadi mungkin saja artikel yang kita tulis sekarang akan dianggap tidak bagus dalam SEO 10 tahun kedepan. Maka dari itu, disamping kita menggunakan plugin plugin optimasi SEO kita juga harus terus-menerus belajar tentang SEO. Karena pengetahuan adalah hal yang lebih berharga dari apapun.

Namun, pihak pengembang plugin tentunya selalu berkembang secara relevan mengikuti perkembangan dari Search engine, terutama Google yang memiliki algoritma yang berubah ubah dari waktu ke waktu. Maka dari itu, setiap ada versi terbaru, setidaknya anda mengupdate dan mencoba fitur baru yang ada.

Langsung saja inilah beberapa plugin optimasi SEO terbaik yang dapat anda gunakan untuk situs web anda.

1. Yoast SEO

plugin optimasi SEO

Plugin yoast SEO menjadi plugin optimasi SEO paling populer saat ini. Pasalnya, plugin ini memberikan interface yang nyaman, dan kaya akan fitur. Berdasarkan pantauan dari wordpress, rating dari Yoast SEO ini memiliki skor 4,8 dari 11841 suara. Sungguh ini adalah hal yang menakjubkan dan benar benar memberikan manfaat bagi para penggunanya.

Plugin yang meluncur pada tahun 2008 atau setahun lebih lama dibandingkan plugin AIO SEO pack ini memiliki support yang bagus. Hal ini terlihat sejak tahun 2008 hingga sekarang plugin ini mendapatkan pembaruan dari pengembang dalam beberapa bulan sekali. Bahkan sering update beberapa kali dalam satu bulan.

Yoast selalu mengikuti perkembangan dunia SEO dari waktu ke waktu. Penambahan fitur yang begitu lengkap pun selalu dilakukan dari waktu ke waktu. Begitu pun dengan penyempurnaan. Inilah yang menjadikan yoast sebagai plugin optimasi SEO yang paling banyak digunakan di dunia. Tapi walau begitu, jumlah unduhan AIO SEO pack lebih banyak dari plugin optimasi SEO satu ini.

Salah satu keunggulan dari yoast SEO dalam menjadi plugin optimasi SEO adalah kemampuannya untuk membimbing pengguna untuk “write better”. Diharapkan dengan menulis yang baik dan mudah dibaca, maka akan berdampak terhadap user experience atau pengalaman pengguna (dalam hal ini pembaca konten) yang lebih baik.

Memang, pengaruh keterbacaan sebuah kata demi kata dalam suatu kalimat yang tersusun menjadi sebuah paragraf demi paragraf terhadap SEO belum terlalu terasa. Namun mesin dari google sedang mengembangkan sebuah cara untuk bisa menerapkannya dalam kepentingan SEO. Sehingga hal ini bisa meminimalisir mereka yang menggunakan spin, spun, translete dan sebagainya. Ingat, keorisinilanan sebuah konten itu sangat mahal harganya.

Fitur-fitur

Selain fitur readability, ada beberapa fitur yang tersemat dalam plugin ini. Diantaranya adalah:

A. Page analisis

Dengan menggunakan fitur ini, maka akan menganilis semua hal yang berhubungan dengan artikel anda. Mulai dari struktur kalimat, banyaknya keyword, internal link, alt pada gambar, mendeteksi title tag & meta tag, dan masih banyak lagi.

Semua ini akan ada skornya. Jika skor bulatan bulatan dari yang tadinya merah menjadi warna hijau maka itu tandanya sudah lulus, dan skornya bagus. Ini sangat memudahkan bagi anda untuk menciptakan artikel yang disukai oleh pembaca dan juga oleh mesin pencari. Ini bisa menjadi acuan bagi anda untuk menciptakan konten yang sesuai dengan keinginan pembaca dan juga mesin pencari.

Menganalisis semua hal yang berhubungan dengan kepentingan SEO dengan menunjukan suatu indikator tertentu ini akan sangat bermanfaat bagi para webmasters. Jadi anda tak perlu lagi mengecek satu persatu mengenai kesalahan kesalahan tiap konten.

B. Teknikal untuk SEO pada wordpress

Untuk urusan teknis terhadap keperluan SEO, plugin satu ini membenamkan beberapa fitur yang berkaitan dengan ini. Diantaranya adalah:

1. Pengaturan meta tag dan link
2. XML Sitemaps
3. RSS optimation
4. Breadcumbs
5. Editor untuk htacces dan robot.txt
6. Social integration
7. Impor dan ekspor
8. Kompatible untuk multi site
9. Premium support

Harga

Lalu berapa harga yang ditawarkan untuk plugin satu ini?

Ada 2 paket yang tersedia, yaitu gratis dan premium. Untuk premium, inilah gambaran dari harganya:

A. Single site: $69
B. Hingga 5 sites: $300
C. Hingga 20 sites: $1100
D. Hingga 50 sites: $2400
E. Hingga 100 sites: $4000
F. Hingga 200 sites: $6500

Baca : Panduan Lengkap : Cara Setting Plugin Yoast WordPress SEO Untuk Blog Baru

2. All in One SEO Pack

plugin optimasi SEO

Satu hal yang paling menarik dari AIO SEO Pack adalah sebagian besar konten yang ada di dalamnya sudah menggunakan bahasa Indonesia. Support untuk bahasa Indonesianya selalu bertambah dari waktu ke waktu. Ini sangat memudahkan orang seperti saya yang tidak paham akan bahasa Indonesia. Untuk bahasa selain Inggris pun sudah tersedia banyak, yaitu tersedia dalam 57 bahasa berbeda dari seluruh dunia.

Bagi saya yang tidak suka akan sesuatu yang ribet dan banyak settingan, plugin ini menjadi pilihan. Hal ini karena dibandingkan pesaingnya, yoast, plugin ini memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Seperti menghilangkan indikator pada tingkat SEO suatu konten dan juga tidak menyediakan fitur readability. Jadi bagi yang sudah paham akan menulis yang baik dan benar, menggunakan plugin ini pun tetap bisa memiliki acuan untuk menulis artikel yang baik dan benar seperti halnya pada yoast.

Dari deskripsi plugin AIO SEO Pack pun mengatakan bahwa ini merupakan plugin yang out of the box. Maksudnya adalah kita sudah tidak perlu memikirkannya lagi dalam penggunaannya karena sudah paham di luar kepala. Untuk para developer pun plugin ini memiliki API sendiri sehingga bisa digunakan semaksimal mungkin untuk megoptimasi blognya.

Untuk targeting keyword, menurut saya plugin ini lebih fleksibel. Ini dikarenakan kita bisa memasukan keyword sebanyak mungkin yang kita mau pada tiap tiap artikel yang kita buat. Jadi semua kata kunci turunan ke 1 maupun ke 2 bisa kita masukan kedalamnya. Dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, untuk penargetan keyword di halaman pencari memang mantap. Dan sedikit lebih baik dari Yoast SEO.

Plugin ini pertama kali diterbitkan ke publik pada tahun 2007, maka dari itu, plugin ini merupakan plugin optimasi SEO yang paling banyak diunduh sepanjang masa. Yoast SEO pun kalah dalam hal jumlah unduhan, namun untuk saat ini, instalasi aktif masih banyak yoast SEO karena fiturnya yang semakin banyak.

Fitur-fitur

Apa saja kelebihan yang terdapat dalam plugin optimasi SEO satu ini? Inilah beberapa diantaranya.

a. Sitemap xml, menurut saya fitur ini kurang powerfull untuk digunakan. Saya telah membuktikan bahwa jika memakai sitemap bawaan AIOSP ini lebih lama terindeks google. Saran saya deactive saja lalu pasang plugin Google XML Sitemap saja yang sudah terbukti handal.
b. SEO untuk setiap artikel dan halaman
c. Url kanonis lanjutan
d. Redirect halaman lampiran ke pos induk, untuk media yang tidak terlampir tidak bisa dialihkan ke pos induk maupun ke homepage.
e. Notify ke mesin pencari, jadi setiap ada perubahan akan dilakukan pemberitahuan ke mesin pencari oleh plugin ini.
f. Pengoptimalan judul
g. Pengoptimalan meta tag, keyword, dan judul secara otomatis dan manual
h. Plug in play, jadi bagi pemula tinggal install dan aktifkan tidak perlu lakukan apapun lagi sudah cukup
i. Opsi lanjutan yang sangat berguna
k. 100% cocok dengan PHP 7
l. Kompatible dengan berbagai plugin lain
m. Pencegahan duplikat konten
o. Dukungan terhadap situs e comerce, ini merupakan satu satunya plugin optimasi SEO gratis yang menyediakan fitur ini untuk saat ini.
p. Dukungan terhadap google analytics dan berbagai webmasters lainnya
q. Tersedianya API bawaan sehingga bisa dikembangkan lebih jauh
r. Menyediakan support untuk Google AMP
s. Fitur keamanan nonce
t. Editor untuk htaccess dan robots.txt
u. Ekspor dan impor plugin

Untuk dukungan saya rasa sangat bagus untuk plugin satu ini. Ini ditandai dengan seringnya melakukan update tiap beberapa minggu atau bulan sekali. Jadi anta tak perlu lagi meragukan kualitas dari plugin satu ini.

Harga

Untuk fitur fitur sebanyak di atas itu bisa digunakan untuk paket gratis. Tapi ada paket premiumnya atau paket pro dari plugin ini. Harga dari paket tersebut antara lain:

#Individual

Untuk paket ini karena ada diskon 25% harganya dari $97 menjadi $57 untuk annual fee atau bayar tiap tahun. Paket ini hanya boleh digunakan untuk single site lisensi. Artinya hanya boleh digunakan untuk satu situs anda sendiri saja. Tidak boleh untuk 2 situs walau sama sama milik anda.

#Bisnis

Karena diskon 30% dari harga $139 menjadi $97 dengan sistem bayaran tiap tahun. Paket bisnis ini memiliki lisensi bisnis, artinya bisa digunakan hingga 10 situs.

#Agen

Harga agen ini ialah $419 dari sebelumnya $699 sebelum ada diskon, sistem pembayarannya pun sama, yaitu tiap tahun harus bayar. Untuk paket ini bisa digunakan di unlimited sites.

Ingat semua paket harga diatas hanya berlaku untuk tahun pertama saja. Untuk tahun selanjutnya bisa saja terkena tarif yang lebih mahal ataupun yang lebih murah.

Lalu apa saja yang didapat dari plugin optimasi SEO satu ini dalam versi pro?

1.Advance support untuk woocommerce
2.SEO untuk custom taksonomi (kategori dan tags)
3.Modul video SEO
4.Akses ke video screencasts
5.Akses ke forum dukungan premium
6.Akses ke pusat pengetahuan mengenai SEO

3. SEOPressor

plugin optimasi SEO

SEOPressor juga termasuk sebagai plugin optimasi SEO terbaik. Pasalnya, plugin ini sudah memiliki banyak sekali pengguna aktif. Jumlahnya adalah 13760 lebih pengguna yang telah mencoba plugin satu ini. Namun untuk update dan dukungan dari plugin ini juga tak kalah menarik dari kedua plugin sebelumnya, bahkan lebih baik karena sampai instalasi saja bisa dibantu oleh mereka. Jadi ini menjadi alternatif bagi anda yang kurang suka akan kedua plugin diatas.

Plugin ini termasuk plugin berbayar yang membebankan biaya $9 dollar perbulan bagi para penggunanya. Dengan harga yang digolongkan tak terlalu mahal tersebut, anda akan mendapatkan maksimal dalam hal on page SEO, on page analisis, dapat digunakan di unlimited domain, SEO health monitor, free lifetime update, ready untuk sitewide SEO dan berbagai fitur lainnya. Namun berbagai fitur yang didapatkan tentunya tidak mengecawakan. Diantaranya adalah:

1. Multiple Keyword
2. XML sitemap generator
3. Over optimasi cek
4. Canonical rel
5. LSI keyword
6. 301 url redirect
7. Semantiq density
8. On page robot rules
9. Support schema dan dublin core
10. Site audit
11. Local SEO
12. SEO trends
13. Google Knowledge graph
14. Score manager
15. Pengaturan untuk homepage
16. Smart link manajer
17. ON page meta setting
18. Sitewide link policy
19. Sosial media open graph
20. Twitter card
21. Role setting, ini untuk mengatur seberapa situs situs lain dalam satu akun

Gimana? Dengan fitur sebanyak itu dan harga yang begitu murah tentunya sangat meyakinkan untuk dijadikan plugin optimasi terbaik bukan? Jadi apa salahnya anda untuk mencoba plugin SEO Pressor ini. Dan jika anda sudah menggunakan, alangkah baiknya untuk memberikan review singkat mengenai perbandingan antara plugin SEOpressor dengan plugin optimasi SEO dari segi kenyamanan penggunaan.

Kelebihan

Bahkan jika melihat perbandingan dari berbagai sisi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh plugin optimasi SEO satu ini dibandingkan dari lainnya. Kelebihan ini tidak dimiliki atau jarang dimiliki oleh plugin lainnya.

i. Smart linking
ii. Site wide link policy
iii. Home page SEO
iv. Role setting
v. SEO health monitor
vi. 301 redirect
vii. Robot rule setting
viii. Dublin core
ix. Dukungan untuk instalasi

Penutup

Memang, banyak plugin dengan fungsi yang sama bukan menjadikan kita untuk memakainya dalam satu situs yang sama. Tapi dengan pembahasan ini setidaknya anda menjadi lebih paham mengenai berbagai fitur, kelebihan, kekurangan, dan dukungan dari berbagai plugin optimasi seo diatas. Jadi anda bisa membandingkan manakah plugin yang memang pantas untuk dipasang di situs diatas.

Kalau saya sendiri memakai plugin AIO seo pack. Karena saya tidak ingin diribetkan dengan page analisis yang begitu banyak. Namun bagi anda pemula yang ingin mencoba, saran saya gunakan dulu plugin yoast SEO. Ini dimaksudkan untuk menjadikan skill anda terlatih untuk menulis artikel yang memiliki keterbacaan yang bagus. Sehingga anda akan terbiasa untuk menulis yang ramah bagi mesin pencari tanpa mengesampingkan keramahan bagi pembaca.

Namun bagi anda yang sudah pro, melihat manfaat dari plugin optimasi SEO yang ketiga yaitu SEOPressor begitu lengkap dan kaya fitur, maka ini menjadi keharusan bagi anda untuk mencobanya. Walaupun tidak menyediakan versi gratis, SEOPressor telah memberikan fitur yang sesuai dengan harganya.

Tapi semua itu kembali ke pilihan anda masing-masing. Selera seseorang tentunya berbeda beda dalam terjatuh terhadap sebuah pilihan.

Semoga pembahasan mengenai plugin optimasi seo ini bermanfaat bagi kita semuanya. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.


Loading...
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close