Artikel AdsenseInternet

Waspada, Serangan Virus Trojan pada Data Bank di Ponsel Melalui Iklan Google Adsense

Kaspersky Lab baru-baru ini telah menemukan sebuah serangan virus Trojan pada sistem mobile banking. Virus jenis Trojan ini dikenal dengan nama Svpeng yang bersembunyi di jaringan iklan Google AdSense . Sejak pertengahan Juli lalu, Svpeng telah terdeteksi pada perangkat Android pada sekitar 318.000 pengguna.

Serangan virus Trojan ini berniat mencuri informasi kartu bank dan data pribadi seperti kontak dan riwayat panggilan. Cara kerja Trojan ini mengeksploitasi bug pada Google Chrome untuk Android. Namun sekarang bug Google telah diperbaiki. Perusahaan antivirus Kaspersky Lab yang mengungkapkan rincian lengkap tentang serangan itu.

Serangan virus Trojan Svpeng

Seperti yang dilansir dari Indianexpress, Kaspersky Lab menemukan bahwa serangan virus trojan Svpeng bermula pada sebuah iklan yang terinfeksi yang ada pada Google AdSense.

Iklan yang ditampilkan pada halaman web pada mulanya tidak terinfeksi dan tampil normal seperti biasa. Svpeng akan mendownload otomatis ketika pengguna mengakses halaman melalui browser Chrome di perangkat Android.

Svpeng menyamar sebagai pemberitahuan update browser yang penting atau semacam aplikasi populer yang meyakinkan pengguna agar menyetujui instalasi. Setelah malware itu terinstal maka akan langsung menghilang dari daftar aplikasi yang diinstal dan akan meminta pengguna untuk memberikan hak perangkat admin.

Kasus ini pertama kali diketahui pada pertengahan Juli lalu di situs berita online Rusia. Serangan virus Trojan Svpeng ini memanfaatkan bug pada Chrome di perangkat Android. Selama serangan itu, Trojan akan mendownload sendiri ke perangkat Android dari pengunjung website.

Untuk sat ini serangan virus Trojan Svpeng mengarah pada situs yang berbahasa Rusia, namun tidak menutup kemungkinan akan cepat tersebar ke wilayah negara lain.

Pihak Kaspersky Lab sudah melaporkan masalah ini ke pihak Google. patch akan diterbitkan dalam Google Chrome terbaru pada pembaruan Android browser untuk menambal serangan ini.

Loading...

Untuk kasus serangan Svpeng ini Pihak Kaspersky Lab menegaskan akan pentingnya kerjasama antara perusahaan untuk melindungi pengguna dari serangan cyber. Untuk lebih waspada dan berhati-hati sebaiknya men-download aplikasi dari sumber terpercaya.

Baca : Cara Mengetahui Aplikasi Android Palsu, Hati-hati Sebelum Mengunduhnya

Untuk mengatasi serangan virus Trojan Svpeng pengguna disarankan agar melakukan pembaharuan browser Chrome untuk Android ke versi terbaru agar lebih aman.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

6 Comments

  1. Itulah yg paling menakutkan, makanya saya hingga saat ini ga pernah make Mobile Banking. Lebih aman dan nyaman (baca: tidur nyenyak) ketika hanya menggunakan Hp Nokia jadul utk sekedar menikmati fitur SMS Banking 🙂

  2. Wah ngeri ya, by the way sudah ada yang kena Goresan virus trojan di Indonesia belum mas Gani??

  3. Waduh serem amat itu jenis trojan. Akhir-akhir ini banyak virus cerdas mencintai, apa jgn2 pembuat nya juga orang2 yg jago bikin antivirus ya? Soalnya beberapa perusahaan AV radak kecewa sekarang AV kurang laku di Smartphone, karena katanya Android kebal virus, malware dan sebagainya. Padahal mah tetep bisa kena serang kalo gak hati-hati dowload file dari situs selain Play Store.

    1. Sepertinya sengaja dibuat mas, tapi terkadang pembuat antivirus justru yang membuat virusnya.
      Dalam beberapa kasus sebuah perusahaan anti virus mengumumkan adanya virian virus baru, dan meng-claim bisa menangkalnya.
      Alih-alih hanya untuk membuat produk anti virusnya laku. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *