Adsense Di Youtube

Tak Disukai Netizen, Mungkinkah YouTube Hapus Rewind?

Setiap tahun, YouTube selalu menerbitkan video yang mewakili 12 bulan terakhir di platformnya atau yang lebih dikenal dengan nama YouTube Rewind. Biasanya, video yang mewakili YouTube selama 12 bulan terakhir tersebut adalah video-video yang viral atau video-video yang mengingatkan momen-momen tertentu.

Netizen pun ketika akhir tahun tiba selalu menunggu kehadiran dari YouTube Rewind karena biasanya Rewind akan disajikan dengan cara yang unik dan juga kreatif. Selain itu, YouTube Rewind biasanya akan mengumpulkan para kreator konten, sehingga video yang dibuat akan lebih menarik dan menjadi daya tarik tersendiri dari Rewind.

Namun, YouTube Rewind saat ini sudah bukanlah tontonan yang ditunggu-tunggu oleh netizen dunia. Alasannya, kualitas Rewind semakin menurun. Penurunan sendiri terjadi pada tahun 2018 di mana YouTube Rewind 2018 menjadi video yang memiliki dislike terbanyak.

Baca juga: Susan Wojcicki Batasi Sang Anak Main YouTube, Anda?

YouTube Rewind 2019 Lebih Buruk dari 2018?

YouTube Rewind 2019 telah resmi meluncur pada Kamis (05/12/19). Uniknya, YouTube Rewind 2019 ini tidak jauh berbeda dengan YouTube Rewind 2018 di mana ketika video diluncurkan dislike-nya justru lebih banyak ketimbang jumlah like-nya.

Sampai artikel ini ditulis pun, jumlah dislike dari YouTube Rewind 2019 sudah mencapai angka 6,2 juta, sedangkan jumlah like-nya hanya 2,6 juta. Jumlah dislike dari YouTube Rewind 2019 sendiri kemungkinan besar akan terus bertambah mengingat konten yang dibuat hanya kolase video saja.

Meski berstatus sebagai pemilik platform, ternyata video buatan YouTube, yaitu YouTube Rewind 2018 justru menjadi video yang paling banyak memiliki dislike. Konsep YouTube Rewind 2018 yang menghadirkan Will

Smith dalam kontennya ternyata gagal memikat hati para netizen.

Hasilnya, di pembukaan video YouTube Rewind 2019 ini, pihak YouTube memilih untuk menyelipkan kalimat yang menyentil para netizen dunia. “Pada 2018, kami membuat sesuatu yang tidak Anda sukai. Untuk Rewind 2019, mari kita lihat apa yang Anda sukai, karena Anda lebih mengerti kesukaan Anda dibandingkan kami.”

Baca juga: YouTube Akan Tendang Akun yang Tak Dimonetisasi, Benarkah?

Mungkinkah YouTube Hapus Rewind?

Rewind dibuat pertama kali oleh YouTube pada tahun 2010. Ketika pertama kali meluncur pada 2010, Rewind hanya berupa kolase video sebagaimana YouTube Rewind 2019. Namun setelah 2010, konsep Rewind berubah.

Jika di tahun 2010 hanya berupa kolase video, YouTube Rewind di tahun 2011 hingga 2018 memiliki jalan cerita, serta melibatkan kreator konten dan juga selebriti di dalamnya untuk mempercantik video yang sudah dibuat.

Namun di tahun 2019 ini, YouTube kembali ke zaman pertama kali mereka meluncurkan Rewind pada tahun 2010 di mana konsep video yang dibuat hanya berupa video kolase yang menunjukkan video-video terpopuler di sepanjang tahun 2019 saja.

Baca juga: YouTube Premium Datang, Kreator Konten Bakal Tumbang?

Mungkinkah YouTube hapus Rewind?

Mungkin saja, karena tradisi yang sudah dijalankan YouTube selama bertahun-tahun itu sudah tidak terlalu istimewa atau menarik minat para netizen dunia untuk menontonnya. Jika YouTube ingin Rewind kembali diminati, nampaknya mereka harus membuat konsep baru lagi agar netizen dunia kembali tertarik.

Sekarang kita tunggu saja, apakah YouTube Rewind 2020 bisa kembali menarik minat para netizen dunia. Kalaupun YouTube Rewind 2020 gagal menarik minat para netizen dunia, bisa saja YouTube akan menghabisi riwayat Rewind karena semuanya itu sangat mungkin terjadi.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close