Adsense Di Youtube

YouTube Premium Datang, Kreator Konten Bakal Tumbang?

Beberapa hari yang lalu, YouTube resmi menghadirkan fitur Premium untuk para pengguna Indonesia. Fitur Premium atau yang lebih dikenal dengan nama YouTube Premium adalah layanan yang mengharuskan para pengguna membayar Rp59 ribu per bulan.

Karena YouTube Premium mengharuskan para pengguna mengeluarkan biaya, maka para pengguna pun akan mendapatkan beberapa benefit dari pihak YouTube, salah satunya adalah tidak adanya iklan ketika mereka menonton video.

Baca juga: YouTube Premium Resmi Hadir di Indonesia, Apa Keunggulannya?

YouTube Premium Buat Kreator Konten Tumbang?

Ketiadaan iklan memang menjadi salah satu daya tarik yang bisa ditawarkan oleh pihak YouTube, karena pada dasarnya, semua penonton itu tidak ingin aktivitasnya ketika menonton video mengalami gangguan meskipun itu hanya beberapa detik atau menit saja.

Ketiadaan iklan memang menguntungkan bagi para penonton. Namun bagi kreator konten, hilangnya iklan akan membuat mereka tumbang karena penghasilan terbesar kreator YouTube saat ini memang berasal dari iklan.

Kehadiran YouTube Premium ini memang sedikit membingungkan bagi sebagian. Pertanyaan terbesar yang mungkin muncul di benak sebagian para pengguna YouTube adalah apakah kehadiran YouTube Premium ini akan membuat kreator konten tumbang atau justru akan membuat mereka senang?

Apa jawabannya?

Kehadiran YouTube Premium ini ternyata tidak membuat kreator konten tumbang, karena dengan Kehadiran YouTube Premium ini mereka akan dibuat senang karena untuk mendapatkan uang via YouTube bisa dilakukan melalui jalur iklan dan dari jalur subscription.

Google Akan Tetap Membayar Para Kreator Konten

Dilansir dari KompasTekno, Brandon Bilinski selaku Product Manager YouTube mengatakan jika pihak YouTube akan tetap memberikan sebagian pendapatan dari uang langganan para pengguna YouTube Premium kepada para kreator konten.

“Kami memastikan bahwa orang yang telah menyediakan konten yang ditonton di YouTube dan YouTube Music dibayar, entah dari sumber iklan maupun sumber subscription,” ujar Brandon Bilinski seperti yang dikutip dari KompasTekno.

Melalui pernyataan Brandon tersebut, tentu sekarang para kreator konten tidak perlu khawatir akan pendapatan mereka. Jadi, kehadiran YouTube Premium tidak akan membuat mereka tumbang. Sebaliknya, YouTube Premium akan membuat mereka senang karena pintu uang akan muncul di jalan yang berbeda.

Baca juga: Diperbarui, YouTube Studio Punya Filter Pencarian Komentar

Berapa bayaran yang diterima kreator konten?

Pihak YouTube tidak menjelaskan berapa besar bagian yang akan diterima oleh para kreator konten. Feliciana Wienathan selaku Communications Manager Google Indonesia hanya mengatakan jika kreator konten akan mendapatkan porsi pendapatan yang seimbang dari pihak YouTube.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close