Blogging

Tips Ampuh Agar Blog Tidak Kehilangan Pengunjung

Anda yang ngakunya adalah seorang blogger, pastinya selalu ingin mengetahui dan melakukan berbagai macam upaya dan optimasi yang bertujuan agar blog tidak kehilangan pengunjung. Karena dengan adanya pengunjung maka blog akan semakin dikenal, dan mendapatkan rangking pada mesin pencari, selain itu blog semakin berkesempatan menghasilkan uang untuk pemiliknya.

Kurang afdol saja bila blog yang kita miliki tidak memiliki pengunjung, sehingga hal ini membuat kita seringkali mencari melalu internet, untuk sekedar mendapatkan informasi seputar tips dan trik optimasi untuk mendapatkan pengunjung blog.

Namun untuk mereka yang masih pemula, biasanya mereka akan salah pengertian dalam melakukan optimasi, terkadang optimasi yang mereka anggap sudah benar, justru membuat blog mereka kehilangan pengunjung.

Baca Juga : Pentingnya Peran SEO Sebagai Penunjang Masa Depan Blog

Blog bisa saja kehilangan pengunjung, meskipun anda merasa konten yang anda sajikan sudah berkualitas. Karena perlu perhatikan, konten berkualitas memang sudah cukup untuk mendapatkan pengunjung, namun tidak menjadi jaminan agar blog tidak kehilangan pengunjung.

Di sini, jelas sekali perbedaan antara mendapatkan pengunjung, dan kehilangan pengunjung. Karena bisa saja pengguna Internet sedang mencari artikel yang dia butuhkan, lalu menemukan blog anda pada halaman mesin pencari. Namun, ada beberapa alasan yang membuat mereka tidak mau kembali mengunjungi blog anda, meskipun menurut mereka blog yang anda miliki memiliki konten yang bermanfaat.

Jadi apa yang harus saya lakukan supaya tidak kehilangan pengunjung tersebut mas ?

Pengunjung biasanya hanya mau berlama-lama atau mau mengunjungi lagi blog anda, hanya bila blog yang anda kelola dirasa bagus oleh mereka. Bagus juga tidak selalu berarti menyajikan konten berkualitas, seperti yang saya katakan tadi, konten berkualitas tidak menjamin pengunjung datang kembali.

Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa tips yang dapat dijadikan refrensi, atau langsung anda praktekkan agar blog tidak kehilangan pengunjung. Tips ini sebenarnya saya dapatkan, setelah saya mensurvei dan memperhatikan situs blog terkenal di Indonesia, yang memang selalu memiliki pengunjung yang terus meningkat.

Loading...

Tips Ampuh Agar Blog Tidak Kehilangan Pengunjung

Tips Ampuh Agar Blog Tidak Kehilangan Pengunjung

1# Hindari pemasangan widget berlebihan pada blog

Hal pertama yang mungkin dapat anda hidari, atau mungkin di perbaiki dari blog anda, yakni memasang terlalu banyak widget pada blog yang dikelola. widget bukan hanya membuat loading blog semakin berat dan lambat, tetapi blog akan terkesan kumuh dengan adanya widget yang berlebihan.

Untuk mereka yang pemula dan belum mengerti tentang widget, biasanya mereka akan memasang widget yang menurut mereka bagus, tanpa mengerti funsinya dan resiko kedepannya. Blog yang kumuh dikarenakan penggunaan widget berlebihan hanya akan membuat orang malas mengunjungi blog anda.

Berikut adalah widget blog yang sangat tidak disarankan :

  • Widget pemutar musik otomatis.
  • Widget jam digital.
  • Widget memberi makan ikan ( abbowman ).
  • Widget kalimat selamat datang.
  • Widget efek salju.
  • Widget kalimat pada kursor.
  • Dan widget-widget lain yang menggangu mata pengunjung, dan memberatkan loading blog.

2# Jangan memasang iklan terlalu banyak

Iklan memang menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang melalui blog, namun pemasangan iklan yang berlebihan justru akan memberikan efek yang sama seperti saat anda memasang widget yang berlebih.

Memasang iklan berlebihan hanya akan membuat loading blog semakin berat, selain itu pengunjung akan malas membaca artikel anda karena terhalang oleh script iklan. Terlebih bila anda memasang iklan yang melayang pada artikel blog, kalau iklan sampai menutupi konten, bagaiman pengunjung mau membaca.

Pengunjung mungkin akan berpikiran untuk tidak lagi mengunjungi blog anda, nah kalau sudah begini, siapa dong yang akan melihat iklan yang terpasang pada blog, terlebih untuk anda yang memasang iklan dengan sistem dibayar per klik.

3# Hindari menerbitkan artikel berupa berita hoax dan berbau spam

Jelas di dunia ini tidak ada manusia yang mau dan senang ditipu, hal-hal yang berbau penipuan akan sangat dihindari oleh orang, termasuk oleh pengguna internet.

Artikel hoax sendiri tidak hanya berupa berita hoax, atau penipuan online, dan artikel yang terkesan mengada-ada saja, tetapi artikel yang isinya tidak sesuai dengan judul, alias artikel yang bertujuan hanya untuk mendapatkan pengunjung juga merupakan salah-satu dari sekian banyak artikel hoax yang ada di Internet. Sedangkan artikel spam, yakni artikel yang isinya hanya berupa kata kunci saja.

Baca Juga : 10 Teknik Dalam Menyusun Konten Blog Berkualitas

Jelas sekali bila kedua jenis artikel tersebut hanya digunakan untuk menarik pengunjung, namun apa tidak terpikirkan oleh mereka yang senang membuat artikel seperti ini, bahwa artikel seperti ini justru membuat pengunjung merasa ditipu, lalu mereka akan mengecap jelek blog anda, dan tidak akan pernah kembali mengunjungi blog anda.

Maka dari itu, terbitkan saja artikel yang benar-benar berkualitas, serta bermanfaat untuk banyak orang.

4# Hindari teknik berpromosi yang salah

Tekni berpromosi juga dapat membuat pengunjung meninggalkan blog anda. Salah satu contoh bila anda melakukan promosi yang salah, yakni anda melakukan promosi melalui kotak komentar blog orang lain, sehingga terkesan seperti spam, atau “ngemis”.

Hindari teknik berpromosi yang salah

Kembali kepada diri anda sendiri, saat anda mendapati orang lain mempromosikan blognya di kotak komentar anda, mungkin saja anda akan beranggapan, bila orang tersebut sepertinya sangat membutuhkan pengunjung, namun anda pasti akan malas untuk mengunjunginya.

Baca Juga : 10 Cara Mempromosikan Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

Maka dari itu, berpromosilah seolah-olah anda tidak terlalu membutuhkan pengunjung, dan hindari menulis promosi pada kotak komentar atau apalah itu yang hanya berpotensi blog anda dianggap blog spam, baik itu dianggap spam oleh pengguna internet, maupun dianggap spam oleh mesin pencari.

5# Gunakan template yang responsive dan bersih

Selanjutnya, anda dapat menggunakan template yang benar-benar responsive untuk membuat pengunjung betah berlama-lama membaca artikel anda.

Seperti yang kita ketahui, bila moderen ini masyarakat lebih banyak mengakses internet melalui seluler ketimbang dekstop, sehingga melakukan optimasi tampilan, perlu juga dilakukan dari segi tampilan seluler.

Nah, untuk template yang ringan dan cocok untuk di buka melalui seluler sendiri, biasanya disebut dengan template responsive. Untung saja template responsive ini telah banyak dipublikasikan oleh web designer di seluruh dunia, dan beberapa dari mereka, menyediakan template responsive secara cuma-cuma, alias gratis.

6# Belajar membuat topik yang tidak cepat basi

Membuat konten yang tidak cepat basi dapat membantu anda agar blog tidak kehilangan pengunjung.

Bayangkan saja, bila artikel yang anda terbitkan merupakan artikel yang berdasarkan trend atau topik yang hangat saat itu, tentu saja artikel yang anda terbitkan akan memiliki masanya dalam terkenal dan dicari orang, sehingga pada saat trend telah ditinggalkan, maka otomatis tidak ada pengunjung yang mau membaca artikel yang bertopik basi pada blog anda.

Hal yang berbeda bila anda menerapkan artikel dengan topik yang tidak memiliki trend, namun memiliki banyak peminat dan tidak mudah basi. Contohnya seperti klikmania, tentu saja topik yang digunakan adalah seputar tutorial blogger, dan tips berwirausaha, topik semacam itu memang tidak mempunyai trend, tetapi artikel dengan menggunakan topik seperti ini juga sangat dicari oleh pengunjung.

7# Gunakanlah font yang mudah dibaca oleh pengunjung

Konten berkualitas apa gunanya bila tidak bisa dibaca, bukan karena pengunjung tidak bisa membaca, namun dikarenakan jenis font yang anda terapkan memang susah untuk dibaca.

new font

 

Jenis font yang disarankan sendiri, yakni Arial, Times new roman, Roboto, dan Lato.

Sedangkan sangat diusahakan untuk tidak memilih font, hanya karena alasan keren. Karena font yang keren, bukan menjadi jaminan akan mudah untuk dibaca.

Tidak hanya jenis font, namun ukuran font juga berdampak membuat mata pengunjung cepat lelah saat membaca, sehingga pengunjung akan cepat bosan dan memilih untuk tidak membaca artikel yang anda sajikan.

8# Gunakan bahasa yang baik dengan kata-kata yang sopan

Saya pernah medapati sebuah situs blog yang artikelnya masuk kedalam halaman pertama mesin pencari Google, hanya saja saat saya buka ternyata artikel dalam blog tersebut menggunakan bahasa daerah si pemiliknya, atau pernah juga saya menemui blog yang menggunakan bahasa Indonesia, tetapi bahasanya seperti acak-acakan, atau istilahnya bahasa alay.

grammar

Pada saat menemui situs tersebut, saya memutuskan untuk tidak jadi membaca dan menutub tab situs blog yang bersangkutan.

Alasannya tentu saja karena saya tidak mengerti bahasa yang dipergunakannya.

Maka dari itu, untuk anda yang tidak mau kehilangan pengunjung, maka sadarilah bahwa Indonesia merupakan negara yang luas, dengan suku dan bahasa yang cukup beragam.

Sehingga, bila anda menerbitkan artikel yang bertujuan untuk dinikmati oleh pengunjung dari seluruh Indonesia, ada baiknya untuk menggunakan bahasa Indonesia, yang mana menjadi bahasa resmi negara kita.

Dan untuk gaya bahasa sebenarnya suka-suka si penulis blog, namun ada baiknya lagi bila menggunakan bahasa yang sopan dan tidak acak-acakan, sehingga apa yang hendak anda sampaikan dapat dengan mudah dicerna oleh pengunjung yang menjadi pembaca artikel anda.

Baca : 12 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Dan Sesudah Membuat Blog

Nah, itulah beberapa tips ampuh yang bisa saya bagikan agar blog tidak kehilangan pengunjung. Dalam mendapatkan pengunjung dan menjaga agar blog tidak kehilangan pengunjung, saya rasa akan lebih mudah untuk mendapatkannya ketimbang menjaganya. Oleh karena itu, saya harap artikel ini dapat bermanfaat.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *