Membuat video youtube

Tips Membuat Video Youtube yang Disukai Pengunjung

Hai sobat klikmania, apakah kalian ingin membuat video youtube yang banyak disukai dan ditonton pengunjung? Jika ya maka beruntung kalian datang dan membaca artikel ini, karena saya akan mengulas mengenai tips membuat video youtube yang bisa dilakukan untuk pemula.

Youtube kini semakin diminati sebagai sarana mempromosikan suatu produk maupun untuk memperoleh penghasilan melalui Adsense Youtube. Kini, semakin banyak orang-orang yang sering berbagi video melalui Youtube atau sering disebut sebagai Youtubers

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Youtubers, sebelum memutuskan untuk membuat video Youtube, Anda harus mengetahui jenis video apa yang hendak dibuat. Hal ini cukup penting karena video dengan tema tertentu lebih mudah ditemukan dan disukai oleh pengunjung serta memiliki basis penggemar tersendiri.

Nah, berikut ini ada tipe-tipe video Youtube yang paling sering ditonton pengunjung yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda nantinya ketika hendak membuat video youtube.

Video Youtube yang Paling Sering Ditonton Pengunjung

Membuat video youtube

Dibawah ini ada beberapa tema atau jenis video di youtube yang sering dijadikan acuan karena para pengunjungnya suka akan hal itu. Lihat apa saja video tersebut.

Video kejadian lucu

Video dengan konsep menghibur seperti video yang berisi kejadian lucu atau funny video merupakan salah satu jenis video yang cukup populer di semua kalangan usia dan memiliki rating tinggi di Youtube.

Video olahraga

Video yang berisi cuplikan suatu pertandingan sepak bola, bulu tangkis atau kompetisi balap sepeda motor maupun olahraga lainnya. Merupakan jenis video yang memiliki cukup banyak peminat terutama peminat olahraga yang tidak sempat melihat siaran langsungnya.

Loading...

Video musik

Video musik merupakan jenis video hiburan yang memiliki rating tertinggi di Youtube. Anda bisa menonton video musik berbagai artis baik video musik terbaru maupun video yang lama salah satunya di channel VEVO.

Video yang berisi tentang tutorial

Video yang berisi tentang tutorial cara melakukan sesuatu biasanya banyak digemari oleh pengunjung yang menyukai pembelajaran melalui audio visual daripada melalui sarana tulisan di website.

Video seperti cara memakai maskara, cara memakai hijab yang modis, cara mengedit foto dengan Photoshop merupakan beberapa contoh video tutorial yang sering ditonton oleh pengunjung.

Video film

Rating pengunjung video film di Youtube terbilang cukup tinggi. Pengunjung bisa menonton cuplikan film maupun sebuah film utuh secara langsung tanpa ribet dan tanpa harus pergi ke bioskop.

Video kejadian unik dan aneh

Video yang berisi kejadian aneh dan unik di berbagai belahan dunia seperti video penampakan UFO atau makhluk aneh lainnya cukup menyita perhatian banyak pengunjung di dunia maya.

Video yang berisi berita

Video yang berisi berita biasanya disukai oleh orang-orang yang tidak sempat mengikuti perkembangan berita terkini melalui televisi maupun surat kabar.

Salah satu alasan mengapa banyak orang memilih melihat video berita dari Youtube yakni kemudahannya. Bisa diakses kapan saja dan dimana saja melalui smartphone maupun tablet asal terhubung dengan internet.

Video tentang strategi game

Video yang berisi ulasan game terbaru maupun strategi memainkan suatu game yang sering diupload para gamers ini cukup banyak menyita perhatian para pecinta game.

Video tentang alam dan tempat wisata

Video ini berisi tentang petualangan menjelajahi alam maupun berbagai tempat wisata di seluruh di dunia. Biasanya video seperti ini digunakan oleh departemen pariwisata suatu negara untuk mempromosikan obyek-obyek wisata di negaranya.

Tentu menyenangkan ketika kita mengupload video, banyak orang yang menonton bahkan menanggapi video tersebut. Namun, tidak sedikit juga video yang diupload hanya memiliki jumlah pengunjung yang sedikit.

Lalu adakah tips-tips membuat video Youtube yang disukai pengunjung dan mendatangkan banyak pelanggan setia? Tentu saja ada, berikut ini tips membuat video Youtube yang bisa Anda coba.

Tips Membuat Video Youtube yang Disukai Pengunjung

Membuat video youtube

Membuat video Youtube dengan judul yang menarik

Selain menjadi faktor terpenting untuk meningkatkan rangking dan view di pencarian Youtube. Judul video juga merupakan hal pertama yang diingat oleh pengunjung selain nama pembuat video Youtube tersebut.

Seperti saat menulis artikel dalam sebuah blog, Anda juga bisa membuat judul yang mengajak atau mengundang perhatian penonton ketika membuat video Youtube.

Anda bisa menggunakan nama-nama yang populer maupun kejadian yang sedang tren di dalam video Anda. Tempatkan keywords di judul dan posisikan teks judul di awal video agar mudah dikenali oleh mesin pencari Youtube.

Membuat video Youtube yang original

Video yang original, tidak menjiplak video orang lain serta memiliki gaya khas tersendiri membuat video Youtube Anda lebih mudah diingat oleh pengunjung.

Sebagai catatan, setiap menit ada sekitar 120 jam video baru yang diunggah ke Youtube setiap harinya dari seluruh dunia. Jika konten video Anda biasa-biasa saja dan tidak memiliki keistimewaan tentu akan sangat sulit bersaing dengan video lainnya. Oleh sebab itu, buatlah video yang unik, lain dari yang lain dan mampu mencuri perhatian penonton.

Perhatikan pula konten video Anda, sebisa mungkin jangan gunakan konten yang dilindungi hak cipta seperti menggunakan musik tanpa ijin resmi dari pemilik musik tersebut, menggunakan cuplikan berita televisi atau mengupload video milik orang lain.

Kalau bisa, buat video dengan durasi yang ideal yakni sekitar 10-15 menit agar penonton memperoleh informasi yang lengkap. Selain itu, gunakan ukuran video di atas 480 piksel atau high definition (HD) dengan resolusi 1080 piksel karena jenis video ini lebih disukai oleh penonton.

Membuat video Youtube yang lagi trend

Membuat video Youtube yang berisi kegiatan Anda sehari-hari memang tidak salah, tapi jenis video ini belum tentu disukai pengunjung kecuali jika Anda sudah memiliki banyak followers.

Jika Anda masih menjadi Youtubers pemula, Anda bisa membuat video Youtube dengan tema kejadian yang sedang tren untuk memikat banyak penonton. Jika Anda kesulitan menemukan tema video yang hendak dibuat, gunakan Google Trends untuk mencari topik yang sedang populer di seluruh dunia.

Membuat video Youtube yang memberi manfaat bagi pengunjung

Membuat video Youtube yang berisi tutorial atau memberikan pengetahuan dan informasi kepada pengunjung merupakan salah satu cara agar video Anda disukai banyak pengunjung.

Video seperti tutorial menggunakan hijab atau cara merias wajah merupakan video yang cukup populer di Youtube. Anda juga bisa membuat video Youtube yang berisi review suatu barang dan gadget yang terbaru atau tentang strategi memainkan game terbaru.

Video yang bersifat informatif bagi pengunjung ini tentu akan memberikan nilai positif bagi reputasi Anda di Youtube.

Membuat video Youtube yang SEO friendly

Tips membuat video Youtube yang disukai pengunjung selanjutnya yakni membuat video Youtube yang SEO friendly untuk meningkatkan trafik video Anda seperti halnya ketika membuat sebuah blog atau website.

Selain menggunakan judul yang mudah diingat, gunakan pula beragam tags keywords yang relevan pada video Anda. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika pengunjung menggunakan kata-kata yang serupa ketika melakukan pencarian video.

Untuk setiap video, Anda bisa memakai sekitar 12 tags dan usahakan jumlah karakter totalnya tidak lebih dari 120 karakter.

Selain memanfaatkan judul dan tags keyword, untuk membuat video Youtube yang disukai pengunjung, Anda juga bisa memanfaatkan area deskripsi yang ada di bawah video.

Cantumkanlah informasi sebanyak-banyaknya mengenai video Anda di bagian deskripsi tersebut untuk memperbesar peluang video Anda muncul di mesin pencarian Youtube.

Anda bisa mencatumkan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan video, lokasi pengambilan gambar, aransemen musik yang digunakan, sponsor.  hal lain seperti sedikit gambaran mengenai alur cerita video, link ke website Anda dan tautan relevan lainnya.

Membuat video Youtube dengan thumbnails yang menarik

Gunakan thumbnails yang menarik atau menggunakan thumbnails custom ketika hendak mengupload video. Thumbnails custom ini biasanya lebih menarik daripada thumbnails bawaan Youtube.

Anda bisa menggunakan gambar yang menarik perhatian penonton seperti gambar close up wajah dengan ukuran terbaik 1280 x 720 piksel dan minimum 680 piksel. Pastikan bahwa thumbnails tersebut benar-benar menggambarkan tema video Anda dan memiliki kualitas yang tajam dan jelas.

Jangan gunakan gambar yang tidak sesuai dengan konten video atau menipu penonton. Karena hal ini akan merugikan diri Anda sendiri dan pengunjung pun enggan kembali menonton video Anda.

Manfaatkan annotation untuk menarik perhatian pengunjung

Annotation bisa sangat efektif untuk meningkatkan traffic dan menarik perhatian penonton agar memberikan tanggapan pada video Anda.

Anda bisa menggunakan annotation yang berbentuk link untuk mengarahkan pengunjung ke video lain di channel Anda. Atau ke halaman website tertentu maupun mengajak pengunjung untuk berlangganan channel Youtube Anda.

Membuat video Youtube dengan cover image yang menarik

Ibarat sebuah buku, channel video Youtube dengan cover yang menarik juga akan membuat orang tertarik dan mudah mengingat channel video tersebut. Manfaatkan halaman cover ini untuk memikat pengunjung sebanyak-banyaknya.

Mulailah membuat video Youtube dengan desain cover channel yang memiliki ciri khas tersendiri, unik dan mengena di hati penonton. Update cover ini secara berkala dan cantumkan ajakan bagi para penonton untuk berkomentar maupun berlangganan channel video Anda.

Membuat playlist untuk video Youtube Anda

Tips membuat video Youtube selanjutnya yakni membuat playlist untuk video Youtube Anda. Playlist ini berisi daftar video dalam satu channel yang akan dimainkan secara otomatis ketika salah satu video selesai diputar.

Fitur ini sangat membantu untuk menambah view video sehingga semua video yang berada dalam satu playlist memiliki peluang untuk mendapatkan view secara merata.

Menambahkan trailer di channel Youtube

Tidak ada salahnya untuk menambahkan cuplikan atau trailer dari video di channel Youtube Anda. Buatlah trailer semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengunjung agar melihat semua video yang ada di playlist Anda serta mau berlangganan channel Anda.

Jaga konsistensi pembuatan video

Tips membuat video Youtube yang disukai pengunjung selanjutnya yakni menjaga konsistensi dalam pembuatan konten channel Youtube. Anda harus menjaga kualitas video yang diupload dan jangan malas untuk membuat video-video baru.

Pertimbangkan juga waktu perilisan video dengan event-event yang sedang populer atau upload video di hari-hari tertentu. Seperti halnya hari rabu yang menjadi hari terbaik untuk memposting foto di Instagram, Youtube juga memiliki waktu-waktu tertentu yang memberi peluang lebih banyak pengunjung menonton video Anda.

Mengajak pengunjung menyukai dan berlangganan chanel Anda

Tips membuat video Youtube yang disukai pengunjung adalah selalu menjalin interaksi komunikasi yang baik dengan pengunjung.

Ajak pengunjung untuk memberikan tanggapan terhadap video-video Anda, balas setiap komentar yang diberikan dengan bahasa yang baik, bangun komunitas pengunjung melalui fitur komentar tersebut dan sarankan pengunjung untuk menyukai dan membagikan video maupun berlangganan channel Youtube Anda.

Jangan lupa untuk mempromosikan channel Youtube Anda

Tips membuat video Youtube yang disukai pengunjung yang terakhir yakni jangan lupa untuk mempromosikan channel Youtube Anda. Bagikan video Anda melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan Google+.

Lakukan kunjungan ke channel video orang lain dan tinggalkan jejak di sana untuk menambah pelanggan. Jika Anda memiliki website atau blog, Anda juga bisa menulis artikel mengenai video Anda tersebut untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Selain melakukan langkah-langkah membuat video Youtube di atas, ada baiknya Anda juga memperhatikan beberapa hal yang perlu dihindari ketika membuat video Youtube. Hal ini penting untuk menjaga reputasi channel Anda di mata pengunjung dan keberlangsungan akun Anda di masa mendatang.

Referensi lain : 5 Tips Menjadi Youtuber Sukses Dari Awal

Hal yang Perlu Dihindari Ketika Membuat Video Youtube

Membuat video youtube

Menggunakan musik tanpa lisensi resmi pemilik musik tersebut

Ketika menggunakan musik atau visual pihak ketiga dalam video Anda, sebaiknya cantumkan izin tertulis dari pemilik hak asli karya tersebut. Atau jika Anda ingin berkreasi membuat arasemen musik sendiri untuk video, Anda bisa menggunakan Pustaka Audio yang disediakan oleh Youtube.

Membuat video Youtube yang berisi konten terlarang

Membuat konten video yang berisi konten terlarang seperti mengandung unsur kekerasan, isu SARA, perjudian dan pronografi sebaiknya Anda hindari.

Tidak hanya Youtube, konten video tersebut juga dilarang di beberapa negara, jadi daripada memancing masalah di kemudian hari, sebaiknya hindari konten yang menyangkut isu sensitif.

Membuat video Youtube dengan kualitas yang buruk

Video berkualitas buruk disini bisa diartikan sebagai video yang memiliki kualitas gambar buruk, tidak jelas dan menggunakan resolusi yang rendah. Atau bisa juga video yang dibuat asal-asalan tidak memiliki topik yang jelas dan alur cerita yang berantakan.

Video seperti ini tentu akan membuat pengunjung enggan kembali lagi ke channel Anda atau bahkan menutup video Anda sebelum selesai diputar.

Membuat video Youtube yang berisi cuplikan siaran stasiun televisi

Saat ini banyak sekali pengguna Youtube yang mengupload video cuplikan hasil rekaman dari siaran televisi. Sebenarnya Youtube melarang tindakan ini dan sebaiknya hindari hal ini jika ingin video Anda disukai banyak pengunjung dan tidak dibanned oleh Youtube.

Mengupload video berlebihan

Hindari juga tindakan mengupload video berlebihan setiap hari. Cukup upload satu video saja setiap hari secara rutin. Jika Anda mengupload video terlalu sering atau berlebihan, bisa-bisa Anda dianggap sebagai robot spam oleh Youtube dan tentunya ini akan berakibat buruk bagi akun Anda.

Mengklik iklan sendiri bagi pemilik akun adsense Youtube

Jika Anda memasang iklan di channel Youtube Anda, sebaiknya hindari mengklik iklan tersebut sendiri. Selain dianggap curang, bisa-bisa Adsense menutup akun Anda karena tindakan ini.

Demikian tips membuat video Youtube yang disukai pengunjung serta beberapa hal yang harus dihindari ketika membuat video Youtube.

Jadi, membuat video youtube tidaklah sesulit yang mungkin kalian bayangkan. Buat video semenarik mungkin, upload video Anda secara teratur dan promosikan video Anda untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung. Selamat berkreasi.



Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    nate

    ( - 10:09)

    newbie bertanya, cara menambah view gmna kk???

    Avatar

    Anton

    ( - 15:36)

    Mas bro klo punya lebih dari satu akun youtube satu adsense bisa ga..?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 19:57)

      bantu jawab,,
      Bisa mas,,satu akun Adsense bisa digunakan untuk masimal 500 channel.

    Avatar

    ikhwan

    ( - 19:06)

    oh ok trims mas, terus misalkan akun adsense sudah close. apakah no rekeningnya bisa dipake ke adsense lain?

    Avatar

    ikhwan

    ( - 07:39)

    mas bro ane mau tanya, misal kita punya 2 akun adsense. apakah pembayaran bisa melalui 1 rekening?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *