Internet

7 Alasan Pengguna iPhone Enggan Beralih ke Android, Bukan Cuma Gengsi

Pengguna iPhone Merasa Nyaman Karena Kemudahan Fitur dan Keamanan

iPhone merupakan salah satu merek smartphone dengan pengguna paling banyak di dunia saat ini. Sebagian pengguna malah terlanjur cinta mati sama ponsel produksi Apple ini. Ya, ada beberapa alasan pengguna iPhone enggan beralih ke Android, selain karena gengsi tentunya.

Dengan memiliki sistem operasi sendiri, yaitu iOS, iPhone memang memiliki kesan eksklusif dan memiliki banyak inovasi baru. Meskipun inovasi tersebut kemudian dapat dengan mudah diterapkan pada banyak smartphone Android terkini.

Baca juga: Inilah 8 Produk Terbaik Apple yang Didesain Oleh Jony Ive

Alasan Pengguna iPhone Enggan Beralih ke Android

Dengan kesan eksklusif serta harga yang relatif lebih mahal, memang membuat siapa saja yang memiliki iPhone menjadi lebih percaya diri.

Tak hanya itu, ada juga beberapa alasan pengguna iPhone enggan beralih ke Android. Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Integrasi antar perangkat

alasan pengguna iPhone enggan beralih ke AndroidPendiri Apple, Steve Jobs, adalah termasuk prang yang perfeksionis dan ia ingin mengintegrasikan berbagai perangkat buatan Apple dengan lebih mudah.

Jadi, pada pengguna tidak lagi merasa kesulitan dalam transfer file maupun berbagai aktivitas antar perangkat lainnya.

Integrasi antar perangkat ini memang merupakan misi Jobs yang ingin menjadikan Apple sebagai suatu ekosistem bagi para penggunanya.

Loading...

Dengan adanya pengintegrasian ini, pengguna dapat dengan mudah menghubungkan iPhone dengan perangkat dari Apple lain lain seperti MacBook, iPad, hingga Apple Watch.

2. Keamanan lebih terjamin

alasan pengguna iPhone enggan beralih ke AndroidDibandingkan dengan ponsel Android, iPhone memang relatif lebih aman terserang virus.

Meski demikian, bukan berarti tak bisa disusupi virus sama sekali, namun ketatnya seleksi dan pengawasan Apple terhadap semua aplikasi yang ada di App Store membuat peluang masuknya malware yang berbahaya menjadi sangat sempit.

Selain dari virus, fitur keamanan yang ada di smartphone-nya pun juga cukup lengkap. Misalnya saka dengan sensor sidik jari hingga Face ID yang ada pada seri iPhone X.

Meski demikian, keamanan produk dari Apple ini juga kerap kali dipertanyakan. Seperti pada kasus bobolnya iCloud milik Apple yang membuat banyak selebriti Hollywood sudah menjadi korbannya.

Baca juga: 5 Tips Membuat iPhone Menjadi Aman

3. OS lebih mudah digunakan

alasan pengguna iPhone enggan beralih ke AndroidAntarmuka yang dimiliki ponsel pintar iPhone memang tampak lebih simple dan mudah digunakan oleh banyak orang.

Sejak rilisan pertama iPhone pada tahun 2007, aplikasi-aplikasi bisa langsung tampak di menu utamanya. Jadi, pengguna tidak perlu menekan tombol lain untuk membuka aplikasi tertentu.

Sistem operasi iOS juga tidak terlalu membingungkan dan cukup mudah dioperasikan oleh pengguna.

Selain itu, satu perangkat iPhone biasanya akan masih mendapat update versi iOS sampai 5 tahun ke depan. Salah satu hal yang tidak ada pada smartphone Android saat ini.

4. Performa mumpuni yang tak perlu diragukan

Meskipun sekilas memiliki spesifikasi yang berada di bawah ponsel-ponsel Android, namun adalah sebuah kesalahan apabila menyepelekan performa yang dimiliki oleh iPhone.

Dengan memiliki sistem operasi buatan sendiri yang sudah terintegrasi dengan baik, membuat iPhone mampu mengoptimalkan spesifikasi yang dimilikinya tersebut.

Sementara pada smartphone Android, berbagai merek ponsel tersebut masih harus melakukan penyesuaian diri terhadap sistem operasinya.

Dan hal inilah yang merupakan salah satu alasan mengapa hasil Instastory di iPhone seringkali tampak lebih bagus ketimbang melalui smartphone Android.

5. Kamera yang berkualitas

Selain sektor performa yang mumpuni, salah satu alasan pengguna iPhone enggan beralih ke Android adalah kualitas kamera yang dimiliki oleh smartphone buatan Apple ini.

Meskipun di atas kertas resolusi kamera iPhone tidak lebih besar, namun foto yang dihasilkan memiliki kualitas lebih baik.

Saat ini, beberapa produsen juga mencoba untuk menyempurnakan dan memaksimalkan kemampuan kamera yang mereka miliki. Bahkan saat ini beberapa ponsel Android memiliki kamera utama dengan lensa lebih dari dua.

Dengan kemampuan fotografinya yang mumpuni ini, pas ada sesi foto-foto bareng teman-teman, tak jarang ponsel iPhone yang dicari dan digunakan untuk mengdapatkan kualitas foto yang lebih baik.

Baca juga: Tahun 2019, iPhone Akan Gunawan Kamera 3D Canggih dari Sony

6. Harga yang relatif lebih stabil

Ponsel pintar iPhone memang memiliki harga jual yang relatif lebih mahal dibandingkan smartphone Android sekelasnya. Sehingga ada kesan hanya masyarakat kelas menengah atas sajalah yang dapat membeli ponsel ini.

Meski harga jual iPhone baru terbilang lebih mahal, namun harga jual kembalinya pun masih cukup tinggi. Selain itu, harga iPhone versi yang lebih lama pun harganya tidak akan turun terlalu jauh dari harga pada awal perilisan.

Ini mungkin juga dikarenakan iPhone termasuk produk handphone yang jarang mengalami kerusakan dalam penggunaan normal.

Hal lain yang membuatnya cukup stabil adalah perilisan iPhone versi terbaru yang tidak sesering kebanyakan smartphone Android.

7. Karena iPhone ya iPhone

Bagaimanapun juga, iPhone tetaplah iPhone yang saat ini memiliki jutaan pengguna setia. Selain itu, orang yang menggunakan iPhone juga merasa seolah-olah dirinya langsung naik kasta di mata kebanyakan orang. Bahkan meski ponsel tersebut didapatkan dengan cara kredit.

Selain alasan-alasan di atas, sebagian orang membeli iPhone hanya karena mereka ingin memiliki iPhone. Tak lebih.

Nah, itulah 7 alasan pengguna iPhone enggan beralih ke Android. Tidak hanya semata-mata karena gengsi, namun beberapa pengguna juga telah merasakan banyak kelebihan dari iPhone ini. Meskipun beberapa smartphone Android mungkin memiliki fitur lebih banyak dibandingkan iPhone.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *