BloggingDasar dasar Blog

Kenapa Banyak Blogger yang Ngeblog Tentang Blog? Ini Jawabannya!

Mengapa banyak sekali Blogger yang Ngeblog Tentang Blog ? – Sudah sekian lama saya menggeluti dunia blogging, tepatnya sekitar tahun 2014 yang lalu saat masih duduk di bangku SMK. Kebetulan saya dulu jurusan Teknik Komputer Jaringan dan pada suatu ketika ada seorang guru memperkenalkan yang namanya blog.

Dia menceritakan bahwa kakak kelas saya ada yang bisa berhasil mendapatkan uang dari blog yang dikelolanya itu. Sempat terpikir dulu, wah bagaimana bisa?

Seiring berjalannya waktu, saya semakin penasaran bagaimana alur kerja bermain blog. Hingga akhirnya saya bisa mendapat penghasilan pertama saya dari blog, senangnya bukan main kala itu.

Namanya juga blogger pemula, tentu sangat haus akan hal-hal dan ilmu baru yang berkaitan tentang blog. Mulai dari edit template, custom domain, belajar teknik SEO, hingga optimasi adsense semua itu saya pelajari dengan antusias.

Nah, dulu saat saya masih menjadi blogger pemula (sekarang juga masih pemula) sempat ada pikiran seperti ini:

Kenapa sih banyak blogger yang ngeblog tentang blog?

Kenapa gak yang lain saja?

Toh banyak topik yang bisa dibahas dan kenapa tingkat pencarian kata kunci tentang blog itu tinggi sekali. Memangnya kenapa?

Setelah terjun beberapa lama menggeluti dunia ini, sepertinya saya sadar akan sesuatu bahwa topik blog memang cukup menarik untuk dilirik.

Terlebih bagi blogger-blogger pemula seperti saya ini, belajar di blog yang bertopik ‘blog’ tentu sangat mengasyikkan. Apalagi jika kita ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog yang kita bangun ini.

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa banyak blogger yang ngeblog tentang blog, berikut saya bahas sesuai pandangan saya:

1. Mereka Suka Nulis Apa yang Sedang dipelajari

Blogger yang Ngeblog Tentang Blog

Namanya juga seorang blogger tentu harus sering belajar untuk memperdalam ilmu dalam dunia blog. Entah itu memilih niche, menulis konten berkualitas, belajar SEO On page dan Off page maupun mempromosikan konten yang mereka terbitkan. Semua itu butuh proses untuk belajar, dari hari ke hari.

Bagi blogger pemula yang baru terjun, topik ‘blog’ juga bisa mereka jadikan sebagai kelinci percobaan untuk memulai aktivitas bloggingnya.

Bagaimana mereka bisa mengeksekusi tiap materi yang sudah dipelajari dari berbagai sumber. Mereka terlalu asik sehingga mungkin akan lebih ‘ngena’ lagi kalau dicoba di blognya sendiri.

Memang tidak salah, namun kemudian timbul pertanyaan.

  • Apakah mereka mampu menulis artikel-artikel tentang blog secara konsisten?
  • Apakah bisa sukses dengan blog itu dan mampu mengalahkan kompetitor yang sudah populer?

Bagi blogger yang mempunyai komitmen yang tinggi, mungkin mereka akan terus konsisten menerbitkan artikel baru setiap waktu hingga blognya menjadi besar.

Lain halnya bagi mereka yang hanya semangat di awal saja, namun di akhir melempem. Ya, sama seperti saya dulu saat membuat blog baru untuk pertama kalinya.

Pasti saya sangat suka menulis sesuatu yang berhubungan dengan blog, namun seiring berjalannya waktu saya menjadi jenuh karena ilmu saya stuck di situ-situ saja.

Jadi akhirnya beralih dan fokus mengerjakan blog pendidikan yang kala itu saya masih duduk dibangku sekolah. Setidaknya, materi belajar yang ada di sekolah bisa saya uji praktikkan di blog saya sendiri.

Beberapa blogger yang ngeblog tentang blog yang eksis dan sudah sangat familiar, sebut saja strukturkode.blogspot.com, caraseobali.com, klikmania.net, juragancipir.com, sugeng.id, panduanim.com, portal-uang.com dan lain sebagainya.

Blog mereka menjadi besar karena selalu diisi konten-konten fresh dari berbagai sumber dan studi kasus sendiri.

2. Mereka Tidak Tahu Topik Lain Selain ‘Blog’

Seperti yang kita tahu, menulis di blog sebenarnya tidak terpaku pada materi yang itu-itu saja. Kita bisa improvisasi dan menerbitkan konten blog dari berbagai macam topik bahasan.

Namun karena blogger pemula amat sering membaca tutorial-tutorial blog, maka kemudian terbentuk suatu bawah sadar di kepala bahwa topik yang paling mudah dibahas adalah mengenai blog.

Paling tidak, apa yang sudah dipelajari bisa sedikit dimengerti. Lalu bisa mereka bagikan kepada banyak orang di blognya sendiri.

Poin ini mungkin lebih mengacu pada blogger pemula karena pada fase starting, mayoritas blogger pemula akan action dengan apa-apa saja yang mereka tahu tentang blog. Banyak diantaranya meniru gaya blogger yang ngeblog tentang blog yang sudah populer.

Mungkin ini pandangan saya saja, karena dulu saya juga begitu.

3. Suka Ikut-ikutan Blogger yang Sudah Sukses

Mungkin inilah alasan kuat kenapa banyak blogger yang ngeblog tentang blog berikutnya. Bagi blogger pemula, membuat blog yang sukses adalah impiannya.

Mungkin juga, karena melihat blog yang begitu populer, SEO-nya bagus, banyak yang komentar, alexa-nya ramping, DA dan PA (Domain Authority dan page Authority) tinggi bisa menghipnotis para pemula.

Saya dulu juga dibikin ngiler, kenapa mereka bisa membuat blog yang besar seperti itu?

Bagaimana caranya?

Tentu tanpa pikir panjang, saya juga mengikuti jejak mereka dengan membuat blog tentang ‘blog’. Mungkin bukan hanya saya saja yang begitu, mayoritas blogger pemula mungkin juga akan berpikiran seperti itu.

Memang sih tidak ada salahnya jika kita ikut-ikutan, namun untuk membuat blog besar dan banyak visitor bukanlah perkara mudah.

Kita tidak bisa membuatnya seperti membalikkan kedua telapak tangan, harus ada perjuangan keras di dalamnya. Terlebih untuk topik blog, pasti akan sangat banyak yang membuat blog serupa.

Kalau kita ingin terjun lebih dalam, bagaimana cara kita membuat blog tampil beda? Lebih bagus dari blog yang sudah berjaya di mesin pencari?

Nah, sebenarnya masih sangat banyak topik yang bisa kita kembangkan diluaran sana. Bukan hanya tentang blog dan blog.

Jujur saja, kalau saya membahas tentang blog saja sepertinya akan tampak membosankan dan akhirnya menjadi malas ngeblog.

Mungkin saya lebih memilih topik yang sesuai passion saya, misalnya tentang gadget, komputer dan teknologi.

4. Mudah Untuk dijadikan Bisnis

Blogger yang Ngeblog Tentang Blog

Beberapa poin di atas merupakan opini saya dari sudut pandang blogger pemula.

  • Lalu bagaimana dengan yang sudah pro?
  • Kenapa mereka tetap memilih topik ‘blog’ untuk diseriusi?

Sebenarnya ada banyak alasan yang mendasari mereka tetap bermain di niche blog. Terutama, karena mereka sudah expert dibidangnya maka mereka bisa dengan mudah untuk menjadikan blognya sebagai ladang bisnis.

Seperti yang kita tahu, jumlah pencarian niche blog itu sangatlah tinggi. Bahkan keyword ‘cara membuat blog’ sangat ketat persaingannya.

Kita bisa lihat bagaimana blog besar bisa mengakuisisi keyword itu di top pencarian Google. Dengan strategi blog yang sudah dikuasai, mereka tentu bisa dengan mudah mendatangkan pengunjung hanya dari beberapa kata kunci kelas berat.

Tak heran pula, banyak blogger expert yang mengantongi puluhan hingga ratusan ribu pengunjung per harinya. Meskipun blog itu membahas blog, mereka tetap bisa merasakan manisnya pundi-pundi rupiah masuk ke kantong mereka.

Pengunjung yang banyak di blognya bisa dimonetize dengan banyak cara, bisa program PPC seperti adsense, iklan mandiri, affiliate, jasa SEO, jual template blog ataupun menjaring database pelanggan.

Asalkan traffic blog banyak, seorang blogger sebenarnya bisa melakukan optimasi dengan lebih variatif. Bukan hanya memasang iklan adsense yang notabene sangat kecil prosentase kliknya (blog lokal).

Hal inilah yang mungkin bisa menjadi alasan kenapa banyak blogger expert yang masih tetap fokus membangun situs bloggingnya. Artinya, mereka para blogger yang ngeblog tentang blog karena untuk ladang bisnis sebagai pendapatan mereka.

Mungkin juga, mereka ingin berbagi lebih banyak kepada blogger pemula yang membutuhkan informasi. Karena ilmu yang sudah mereka bagikan tentu akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkannya.

Baca jugaCara Menghasilkan Uang dari Blog Melalui Adsense

Kesimpulan

Sebenarnya beberapa poin diatas adalah opini dan jawaban saya mengenai banyaknya blogger yang membahas tentang blog. Bagi yang penasaran, mungkin artikel ini bisa membuka pikiran kita bersama.

Membuat dan membangun blog bertema ‘blogging’ sebenarnya hampir dialami oleh kebanyakan blogger. Kita bisa mendulang uang dari blog seperti itu, namun sebenarnya masih banyak topik yang bisa kita bahas.

Bukan hanya blog, blog dan blog.

Kita bisa membuat artikel seputar kesehatan, teknologi, bisnis, keuangan, otomotif, pendidikan bahkan sesuatu yang sifatnya menghibur.


Loading...
Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close