Adsense Di Youtube

Mencari & Mendapatkan Video Creative Commons Di Youtube

Cara Menemukan video berlisensi creative commons (CC) di youtube atau bebas lisensi (dengan ketentuan) sangatlah mudah sekali, kita bisa mencari banyak jenis video sesuai kategori yang kita inginkan dan memanfaatkan video tersebut untuk di upload kembali setelah kita remix videonya dengan fasilitas editor di Youtube. 

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis lisensi video creative commons (CC)  bukan merupakan video berlisensi standar youtube. Video tersebut adalah milik orang lain, akan tetapi kita bisa me-reupload (upload ulang) video tersebut ke youtube dan bahkan bisa memonetize /memasang iklan google untuk menghasilkan uang.

Bagi anda yang belum mengenal jenis lisensi di youtube, sebaiknya mengetahui apa saja video yang bisa kita upload dan video yang tidak boleh di upload ulang. Terutama bagi youtubers yang mempunyai sedikit koleksi video dan tidak mau repot membuat video lagi untuk menghasilkan uang dari youtube.

Mengetahui jenis pelanggaran hak cipta/lisensi di youtube

Dengan mengetahui jenis lisensi di youtube, video yang kita upload nantinya akan terbebas dari tuntutan hak cipta (claim) dan tidak akan di cekal ataupun di hapus oleh pihak youtube.

Video creative commons saat ini berjumlah lebih dari 4 juta video, dan akan terus bertambah setiap harinya, bagi yang kreatif mengenai hal ini akan sangat berguna sekali untuk memperbanyak video pada saluran pribadi youtube mereka. Cara menemukan video creative commons sangatlah mudah, seperti gambar di bawah berikut ini.

Mencari & Mendapatkan Video Creative Commons Di Youtube

Buka halaman/beranda Youtube , tuliskan di pencarian sesuai dengan video yang anda inginkan, jangan lupa klik "Filter " tepat di bawah halaman pencarian.
1. Setelah itu klik pada creative commons.
2. Anda juga bisa mencari video berdasarkan tanggal /waktu video tersebut di upload
Selain itu, anda juga dapat mencari video yang lebih spesifik lagi, dalam kotak pencarian tersebut.

Mencari & Mendapatkan Video Creative Commons Di Youtube

Jika anda lihat pada diskripsi video /tampilkan lebih banyak pada keterangan video di bawah, terdapat kapan tanggal dan bulan video tersebut di upload,anda juga dapat melihat keterangan lisensi atribusi creative commons (boleh di gunakan kembali) seperti pada gambar di atas.

Loading...

Salah satu penyebab video anda tidak mendapatkan uang dari youtube adalah mengupload video orang lain, tetapi tidak mengetahui jenis lisensi atau hak cipta yang ada di youtube, Terkecuali anda mempunyai video hasil karya sendiri, yang bebas di upload tanpa claim dari pihak ketiga.

Baca juga : Cara mengganti audio/musik  yang di cekal youtube.

Demikian cara paling mudah mencari video lisensi creative commons di youtube.semoga bisa menambah jumlah koleksi video anda yang di monetize atau di uangkan dengan memasang iklan google adsense pada youtube.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

86 Comments

  1. Mas gimana caranya untuk meliat lisensi cc by mas di lagu atau vidio yang mau kita reupload

  2. Mantap kang…info nya trimakasih banyak,sangat bermanfaat ini yg saya cari

  3. Mas mau tanya kan saya punya Chanel YouTube lalu saya upload video bikinan saya sendiri musik juga tidak di cekal tp saya belum bisa monetisasi video itu bagaimana ya maaf melenceng masih newbie

  4. Gan kalau 2017 ini masih aman gak untuk reupload..? Dengan adanya peraturan youtube yang baru. Karena saya sering lihat video reupload yang masih baru dan view nya banyak bahkan sampai jutaan.. kalo boleh tahu apa rahasianya gan?

  5. mas utk daftar adsense harus daftar data Yang Sebenarnya?? atau bs pakai nama samaran??

  6. ANAK BANGSA TUTORIAL coba lihat chanel youtube saya gan buat revrensi saja. walaupun saya baru tp perhari penghasilan 1/5 dolar. Dengan video seadanya bikinan sendiri saya berhasil di lirik google mas.

  7. salam mas gani, sorry mas agak melenceng dari topik
    saya punya channel dan sudah terverifikasi dari adsense .. pertanyaannya mas apakah boleh channel tersebut didaftarkan lagi ke GOOGLE AdWors .. yang sama memberi iklan pada video kita
    mohon pencerahannya mas … youtuber newbie
    Terimakasih

    1. Untuk Adwords sendiri lebih prioritas pada pengiklan (Advertiser), jadi kalau kita mau ngiklan daftarnya ke Google Adwords.

      1. Mas mau tanya,clw lewat hp buka youtube nya pkai aplikasi apa google chrome y.sblmnya trmksh.

  8. bang mau nanya misalnya nemu video music berlisensi Creative Commons terus ane download musicnya aja setelah itu ane edit music di after effect terus ane reupload di youtube dengan mencantumkan sumber music yang ane download apakah itu diperbolehkan ? dan termasuk pelanggaran standar youtube ? mohon pencerahannya

  9. maaf ya mas, saya mau nanya , apakah jika video kita menggunakan Creative Common (CC) pendapatan kita bisa berbagi dari views youtuber yang ulang copy ? makasih mas.

  10. tanya mas, apa video yang tidak ada iklannya tetap dibayar oleh youtube kalo pengunjungnya banyak, terima kasih mas , jadi bahan referensi sya untuk belajar mengenai youtube.

  11. Punya ku disuspend bagaimana cara mengembalikan nya gan. Saya sudah complain kirim email juga blom ada balasan.. Mohon info gan

  12. Assalamualaikum.. wah: klikmania.net dimana mana ada nih.. kebetulan lagi membahas soal creativ common, saya ada pertanyaan!
    1 Soal creativ common ini, kalau misalkan belum daftar Ads, dan mau di daftarkan Ads apakah tidak masalah dan diterima, dengan hanya bermodalkan vidio hasil mengumpulkan dan editan ini seperti hasil creativ common.?? Mohon penjelasannya pada mas Gani

    1. Untuk pengajuan ke pihak Adsense, sebaiknya menggunakan video original mas, tyermasuk jangan menggunakan backkground musik yang melanggar hak cipta. Sesudah disetujui maka bisa pasang video dari Creative commons, tetapi harus berhati-hati juga, sebab beberapa video harus menyertakan link sumbernya.

    2. Maaf gan nimbrung nih, menjawab pertanyaan agama, kebetulan aneh juga pemula, menurut aneh tidak masalah gan, kemaren aneh nyoba pakai CC terus ane daftarin dua hari sesudah itu akun aneh disetujui google gan.

      1. Maaf gan nimbrung nih, menjawab pertanyaan agan, kebetulan ane juga pemula, menurut aneh tidak masalah gan, kemaren ane nyoba pakai CC terus ane daftarin dua hari sesudah itu akun aneh disetujui google gan

        1. ah masa iya bang. apakah viewer di vidio CC yg kita re post itu harus byk dlu viewer nya baru bisa daftar Adsense??
          Channel saya lisensi standard youtube, dan loh knp yaa bang Adsense nya belum menyetujui pdhl udh seminggu nih. (dan saya pdhl upload vidio karya bikinan sendiri) .

          mohon berikan pencerahannya agar di setujui adsense . trm kasih
          channel saya di you tube : “R2N Production”