Artikel Adsense

Bagaimana Perhitungan Google Adsense Membayar Anda

Anda seorang publisher Google adsense?

Bagaimana anda di bayar oleh google adsense?

Bagaimana perhitungan yang di tetapkan oleh pihak google adsense, sehingga anda berhak di bayar?

Bagaimana jika iklan adsense tidak di klik, apakah masih tetap dapat pembayaran?

Itu beberapa pertanyaan yang sering muncul dari beberapa orang, baik yang sudah di terima google adsense, maupun yang belum mempunyai akun google adsense sekalipun.

Apa sih istimewanya google adsense, sehingga banyak orang sukses menghasilkan ratusan hingga ribuan dolar dalam sebulan. Kok bisa? Bagaimana perincian pembayaran nya? Baiklah saya akan menjelaskan satu persatu dengan bahasa yang sederhana dan semoga bisa di mengerti.

Bagaimana Perhitungan Google Adsense Membayar Anda
Yang di maksud dengan Publisher adsense adalah orang yang berhak menayangkan iklan dari google, Setelah mendapat persetujuan dari pihak google tentang kriteria dan syarat menjadi penayang iklan google baik dari Mitra google (seperti youtube dan blogspot) maupun dalam website atau blog di luar mitra google (.com .net .org .tv)

 

Yang jelas seorang publisher adsense harus mempunyai video yang di unggah di youtube atau mempunyai website atau blog, tempat menayangkan iklan google adsense. Tentu saja harus mengikuti kebijakan (TOS) dari pihak google adsense.
Untuk mengetahui perbedaan akun adsense bisa anda baca dulu artikel di bawah ini.

Baca : Mengetahui perbedaan Hosted dan Non Hosted pada akun google adsense
Baca : Cara mendaftar akun google adsense melalui youtube
Baca : Syarat agar di terima google adsense

Loading...

Nah sekarang bagaimana anda di bayar oleh google adsense? Pihak google adsense mempunyai perhitungan tersendiri dalam menetapkan bayaran bagi para penayang iklan. Pihak Google menawarkan beberapa pilihan yang berbeda untuk variasi iklan yang mungkin ditampilkan pada halaman penayangan.

Jenis jenis iklan dalam google adsense di antaranya :
Teks, Gambar, Multimedia, Flash, Video, Iklan gambar animasi, Audio, Unit tautan

Disini saya akan menjelaskan hal atau bagian terpenting saja dalam perhitungan google adsense, setidaknya kita bisa sedikit tahu.

CPC = Singkatan dari (Cost Per Click (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ditentukan oleh pengiklan, CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang di iklankan.

Kita tidak tahu berapa Nilai CPC, hanya pihak google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besar nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda antara satu dengan lain tergantung dari kata kunci tertentu.

CTR = Singkatan dari Click Through Rate. Istilah CTR di pergunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dan dibagi dengan jumlah tayang iklan. Jadi apabila iklan ditayangkan di sebuah web/blog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah 12/1500=0,008=0,8%

 

 

CPM= Cost per Mille
Dalam istilah indonesia biasa di sebut  BPS (Biaya per Seribu),jadi CPM dan BPS itu artinya sama,yaitu publisher adsense akan menerima pembayaran berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.
RPM=Revenue Per Thoushand Impression
Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. RPM sendiri golongkan dalam 3 hal, seperti yang di bawah ini.

1. RPM Kueri 
Pendapatan Kueri per seribu tayang (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah kueri yang dilaporkan, lalu dikalikan 1000.
RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000
Sebagai contoh, jika Anda menghasilkan kueri tertaksir $60 dari 15.000 kueri, RPM kueri Anda akan setara dengan ($60 / 15.000) * 1000, atau $4 00.

2. RPM Halaman
Pendapatan halaman per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.
RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

3. RPM Permintaan Iklan
Pendapatan permintaan iklan per seribu tayangan (RPM) dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000

Berdasarkan Sumber resmi

Masih banyak istilah lain dalam perhitungan google adsense yang menentukan jumlah pembayaran kepada Publisher adsense, jika anda ingin mempelajari lebih lanjut, bisa di buka link sumber tersebut.

Bagaimana jika iklan adsense tidak di klik, apakah masih tetap di bayar?

Jadi dari berbagai pertanyaan, Bagaimana jika iklan kita hanya tayang saja tanpa ada yang klik, apa di bayar juga? Ya…kita tetap di bayar berdasarkan apa yang di jelaskan di atas. memang yang paling besar adalah jika ada yang langsung klik iklan yang di tayangkan, tetapi perhitungan lain seperti yang telah di tetapkan oleh pihak google adsense, tetap harus di pertimbangkan.

Jadi semakin banyak pengunjung yang datang ke blog kita, semakin banyak pula potensi dolar yang akan di hasilkan, hal ini berlaku juga untuk Youtube, semakin banyak orang melihat video yang di tayangkan, semakin besar pula harapan dolar yang di peroleh, walaupun penonton tidak klik iklan yang di tayanngkan.

Pencairan dana dari google adsense setelah pendapatan kita terkumpul 100 dolar, cara pengambilannya pun terbilang mudah, pihak google adsense menyyediakan beberapa sistem pembayaran, bisa melalui cek atau melalui transfer bank (kawat) hingga menggunakan fasilitas western union.

Jadi bagaimana? Menarik bukan penghasilan dari Google adsense? anda tertarik menjadi publisher google adsense? Buruan daftar….Semuanya Gratis!!

 



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

576 Comments

  1. Halaman komentar pada artikel ini dipindahkan ke Forum Klik Mania. Dikarenakan sudah terlalu panjang dan membuat loading halaman menjadi lambat. Anda bisa membuat threat dan pertanyaan yang berhubungan dengan Google Adsense.

  2. mas ciri google adsense kita di tangguhkan macem mana ? pemberitahuanya dr youtube atau google adsensenya mas? soalnya gak senganja terklik iklan sendiri mas 🙁

      1. Mas saya kan daftar adsense tgl 17 desember dan sudah memonitasi vidio youtube saya.. Jadi tanggal berapakah saya bisa melihat jumlah bayaran iklan di youtube saya??? Mksh mas

        1. Jumlha saldo yang masuk ke dashboar Adsense hanya setiap tanggal 12 sampai tanggal 15 saja mas, jadi tunggu bulan depan 😀

  3. Mas kalo udah daftar Google Adsense tahap selanjutnya apa ya? mohon pencerahannya

  4. Masih bingung dengan perhitungan bakunya. Tapi secara garis besar, pastinya google membayarnya karena jasa kita menyebarkan iklan kliennya. Hehe. Thanks infonya Mas.

  5. Mas kenapa tiba-tiba akun saya di tangguhkan, informasinya saya klik iklan sendiri padahal tidak pernah klik iklan sendiri,
    apakah dalam masa penagguhan iklan tidak muncul masih bisa menghasilkan uang ?

  6. terimakasih mas infonya, tanpa ada klik perhari 100 rupiah lumayan buat beli es teh…hehe

  7. Selamat malam mas Gani,
    Mampir lagi nih mas ke websitenya mas. Mau nanya dikit mengenai adsense bole ya mas. 🙂
    Baru pertama nih..adsense saya diambang batas pembayaran,
    Setelah sampai ambang batas 100$ apa pihak google akan memberikan pemberitahuan kepada publiser untuk melakukan pencairan,, atau kita yg harus aktif bertanya ke google mengenai pencairannya

    Mohon dibantu pencerahnnya mas

    Terima kasih banyak sebelumnya
    Sukses selalu buat mas Gani

  8. Mau Tanya mas Gani
    Langkah-Langkah yang Harus kita
    Buat untuk mendaftarkan Akun Blog kita
    Ke Goggle Adsense Bagaimana?
    Karena selalu TerTolak Terus..

    Terima kasih mohon Jawabannya

  9. Mau Tanya Admin,
    Langkah-Langkah yang Harus kita
    Buat untuk mendaftarkan Akun Blog kita
    Ke Goggle Adsense Bagaimana?
    Karena selalu TerTolak Terus..

    Terima kasih mohon Jawabannya

  10. gak cuma penjelasan dr artikel
    tp baca2 komentar juga sangat membantu.
    thanks banget om

  11. Untuk kata kunci paling mahal tetap kata kunci dalam bahasa inggris, namun kata kunci2 dalam bahasa inggris tsb pun diterjemahkan dalam bahasa selain bahasa inggris tetap memiliki nilai klik tertinggi di negaranya masing2.

    Saya telah mengulas juga masalah ini di blog saya. Mungkin ada sedikit perbedaan cara menganalisa kata kunci dengan artikel ini.

    Teman2 di sini dapat merujuknya ke http://bangjonie.blogspot.co.id/2016/12/bayaran-google-adsense-per-klik-iklan.html

  12. Mas mau tanya RPM laman saya di google adsense ko minus ya

  13. mas saya sama sekli gk ngapa ngapain youtube saya,tapi kenapa dasbor saya berkurang drastis,help me

    1. Mungkin terjadi klik yang tidak valid sehingga penghasilan dikurangi, hal ini sering terjadi apabila iklan di klik sesaat tetapi langsung di tutup oleh pengunjung.

      1. iya kali ya,soalnya tiap hari terjadi penurunan padahal saya nonton youtube sendiri aja gk.tapi ada bacaan”Anda hanya dapat melihat data untuk top 35 item dalam laporan. Top 500 akan segera diperbaiki” trus ada abcaan”Beberapa data tertunda (pendapatan, 30 Nov). Data ini akan segera tersedia.”

  14. mas mau nanya masih baru banget gimana sistem pembayarannya ya, trus pin apa ya yang di kirim lewat pos itu saya aktif sejak 2015 tapi ga pernah dapat pin itu kenapa ya mas mohon pencerahan

    1. PIN alamat akan dikirimkan ke alamat yang sesuai dan tertulis di profil Akun Adsense, jadi pastikan menulis alamat yang benar sesuai dengan KTP.
      Pengiriman akan dilakukan apabila saldo sudah mencapai 10$.

  15. Mau nanya mas gani.

    data di dasbord home adsense bulan september masuk 900.000 rupiah

    nah pas saya lihat opsi product dengan opsi lihat (Semua)
    itu tertera total uang saya 106$

    nah saat tanggal 15 oktober kemarin dasbord home adsense sudah berubah namun
    uang yang masuk bukan 106$ / 100$ malahan bertuliskan 1.000.000 atau 1jt rupiah

    loh?? saya bingung jadinya nih mas, seharusnya saya dah gajian bulan ini tanggal 23 skrang jadi nunggu lagi

    sedangkan sekarang saya cek adsense lagi total produck penghasilan sudah mencapai 119$
    dan penghasilan untuk bulan ini cuma 220rb apakah nnti tgl 15 dasbord bertuliskan jadi 1.220.000 ??

    padahal total semua dah 119$ jadi bingung hheheh salam kenal mas , mohon penjelasanya kalo tau.. makasih

    1. Untuk total perhitungan pada Adsense blog akan dilakukan pada awal bulan mas, (sekitar tanggal 1-2)
      Untuk total perhitungan Adsense youtube akan dilakukan pada tanggal 12-15.
      nantinya jumlah penghasilan dari bulan kemarin akan diakumu