Menentukan Topik Blog

Teknik Menentukan Topik Blog Agar Selalu Ramai Pengunjung

Dalam membagun sebuah blog, tentu seorang pemilik atau pengelola akan berusaha sekeras mungkin untuk mendapakan pengunjung situs blog mereka. Namun apakah anda telah melakukan teknik yang benar dalam menentukan tema atau niche atau topik blog yang anda kelola ?

Topik atau lebih sering disebut niche blog ini, pada dasarnya merupakan sesuatu yang penting untuk mendongkrak popularitas blog anda. Selain itu, dengan hadirnya topik, maka blog anda akan memiliki ciri khasnya sendiri, terlebih bila anda memang konsisten dengan mengangkat satu topik saja.

Bila memposisikan diri sebagai seorang pengunjung, maka saya pribadi akan lebih menyukai untuk menjadi pengunjung loyal dari sebuah blog yang konsisten mengangkat satu topik saja.

Mengapa saya memutuskan untuk menjadi pengunjung loyal situs yang mengangkat satu topik saja ??

Saat saya sedang melakukan searching di situs Google, pastinya saya akan diarahkan kepada berbagai macam blog yang ada di halaman pertama hasil penelusuran, namun saya akan lebih tertarik lagi dengan blog yang hanya membahas satu topik saja, Hal ini dikarenakan saya akan lebih merasa dimudahkan saat hendak mengkategorikan situs blog mereka.

Sebagai contohnya. saya akan ingat bahwa situs A menyediakan informasi tentang blogger, atau bila ingin belajar bisnis saya akan ke situs B, jadi sangat mudah untuk pengunjung mengelompokkan blog anda, dalam kategorinya masing-masing.

Bagaimana dengan topik atau niche gado-gado mas ??

Topik gado-gado atau keroyokan, sebenarnya sah-sah saja. Namun perlu sedikit catatan, yakni anda harus mampu menghadirkan berbagai macam informasi yang bermutu, dan tidak sekedar curhat saja di blog tersebut.

Dalam membuat blog dengan topik gado-gado, saya rasa blog tersebut akan sukses bila penulsnya benar-benar sudah ahli. Ada juga kesulitan dalam membuat blog seperti ini, adalah sulitnya untuk mendapatkan pengunjung loyal dan setia.

Loading...

Jadi lebih baik membuat blog yang mengangkat satu topik saja ya mas ??

Betul sekali, dengan membuat blog yang mengangkat satu topik saja, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan pengunjung loyal yang bersedia “mengantri” untuk setiap postingan terbaru anda, sedangkan keuntungan lain dengan menentukan satu topik blog, yakni anda akan mudah diterima oleh situs pengiklan seperti Google Adsense.

Selain keuntungan di atas, anda selaku pengelola juga akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam menulis artikel baru, terutama bila topik blog yang anda angkat, memang sesuai dengan hobi yang ada di dunia nyata.

Baca Juga : Yuk, Ketahui 10 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Dalam Menulis Artikel

Maka dari itu, dalam artikel ini, saya akan memberikan tips yang dapat digunakan untuk mempertimbangkan secara matang, dalam menentukan topik blog yang tepat untuk anda. Apa sajakah itu . . . ??

Teknik Menentukan Topik Blog Agar Selalu Ramai Pengunjung

Teknik Menentukan Topik Blog Agar Selalu Ramai Pengunjung

1# Mencari topik berdasarkan hobi di dunia nyata

Tentu saja poin ini akan menjadi rekomendasi yang pertama dan utama dalam menentukan topik blog. Hal ini tentu saja di latar belakangi oleh kemudahan yang akan anda dapatkan dalam menulis, bila topik yang anda gunakan merupakan sebuah rutinitas yang anda sukai, atau hobi anda sendiri.

Bila anda memutuskan menggunakan topik berdasarkan hobi, maka anda tidak akan kebahisan ide-ide dan inspirasi baru, untuk setiap artikel yang akan anda tulis.

Selain itu, anda juga akan sangat mudah dalam meberikan tanggapan atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk melalui komentar, tanpa perlu pusing dan mencari refrensi lagi, tentu saja hal ini karena topik yang bersangkutan memang merupakan hobi, dan saya rasa anda akan sedikit ahli dalam menjelaskan apa yang menjadi hobi anda.

2# Mencari topik dengan bantuan Google Trend atau analisa kata kunci

Selanjutnya, dalam menetukan topik terbaik untuk anda ulas pada blog, dapat dilakukan dengan melakukan survei pencarian populer. Anda dapan menggunakan tool analisa kata kunci, atau bisa juga mencari dengan Google Trends. untuk mendapatkan rekomendasi dan refrensi topik yang paling banyak diminati oleh pengguna internet.

Namun dalam memilih, tentu saja sesuaikan dengan kemampuan anda dalam menulis. Maksudnya, jangan menggunakan topik yang anda sama sekali tidak kuasai, karena bila menggunakan topik yang tidak dikuasai, maka kedepannya anda akan kesulitan untuk mengelola dan menulis artikel baru.

3# Menggunakan topik yang sedikit kontroversial

Topik kontroversial, atau topik yang berisikan isu, atau pendapat yang diperdebatkan oleh masyarakat. Anda dapat menggunakan topik ini sebagai pokok bahasan blog, untuk mendapatkan pengunjung yang sangat banyak.

Namun, perlu untuk diperhatikan, agar topik kontroversial yang anda terbitkan, bukanlah topik yang terlalu berbau Sara, sehingga dapat menimbulkan pertentangan, dan perkelahian masyarakat.

Mungkin topik kontroversial yang dimaksud, bisa berupa gosip artis, politik, dan lain sebagainya.

4# Menggunakan topik pendidikan

Di Indonesia ada banyak sekali pelajar, dan dengan kurikulum sekarang ini, biasanya pelajar dituntut untuk mencari dan belajar melalui media lain, seperti Internet.

Nah, anda dapat memanfaatkan topik pendidikan untuk blog yang anda kelola, kemungkinannya blog anda akan ramai pengunjung sangat besar sekali, terlebih bila infromasi tentang pendidikan yang anda berikan, benar-benar bermutu dan bermanfaat bagi mereka dalam belajar.

Meskipun kedengarannya blog akan ramai pengunjung, namun membuat blog yang mengangkat topik pendidikan akan sedikit sulit. Hal ini tentu dikarenakan, anda sebagai penulis dituntut untuk memberikan informasi yang benar-benar aktual, karena apa yang anda tulis akan berkaitan juga dengan apa yang mereka pelajari.

5# Menggunakan topik yang ramai saingan

Ramai saingan . . . . ?

Ya, benar sekali. Bila anda pernah membaca artikel di sebuah situs, yang menyarankan anda untuk menggunakan topik blog yang minim saingan, maka itu SALAH.

Memang anda tidak akan memiliki saingan yang begitu banyak, sehingga anda bisa sedikit bersantai dan tidak perlu memikirkan strategi promosi dan lain sebagainya. Tetapi, apa alasan topik tersebut minim saingan ??

Menentukan Topik Blog

Topik minim saingan bisa jadi karena topik terserbut memang tidak diminati sama sekali, sehingga para penulis blogger yang telah berpengalaman tentu saja tidak akan mau menghabiskan waktu mereka, hanya untuk menulis artikel yang tidak ada peminatnya.

Hal yang berbeda bila topik tersebut ramai pesaing, saya berani menjamin, topik yang diakngkat tersebut benar-benar dicari oleh pengguna internet, sehingga banyak blogger berpengalaman, rela sedikit pusing untuk menulis dan melakukan strategi promosi yang unik, untuk mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencari.

6# Gunakanlah topik yang tidak cepat basi

Dalam mengangkat topik blog, saya sangat menyarankan untuk tidak memilih topik yang sekiranya akan cepat ditinggalkan, atau istilahnya cepat basi.

Topik-topik yang cepat basi seperti ini, biasanya adalah topik yang berasal dari trend sesaat, contohnya seperti batu Akik, batu Akik dulunya merupakan trend yang sedang menjamur, dan pastinya akan banyak sekali orang yang ingin tau tentang batu Akik dengan memanfaatkan media Internet.

Namun sekarang, saat semua orang telah bosan dengan trend tersebut dan mulai meninggalkannya. Sepertinya pengunjung blog anda yang hanya membahas tentang trend tersebut dipastikan akan mengalami penurunan, atau anjlok.

Maka dari itu, gunakanlah topik yang memang trend atau terkenal, tetapi tidak mudah untuk ditinggalkan, atau tidak mudah untuk basi. Seperti tutorial blogger, trik bisnis, trik seo, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali topik blog yang tidak mudah untuk ditinggalkan oleh pencarinya.

7# Jangan fokus terhadap uang, fokuslah kepada informasi dan pengunjung

Ini merupakan kelasahan banyak blogger pemula, dalam memilih topik yang akan dipergunakannya. Biasanya mereka akan melakukan survei dan membandingkan penghasilan yang akan didapatkannya dari konten dengan topik yang akan mereka angkat.

Blogger dengan tipe seperti ini, biasanya rela melakukan survei berhari-hari, hanya untuk mengetahui manakah topik yang dibayar mahal oleh situs pengiklan, seperti Google Adsense.

Padahal, dalam menulis dan mengelola blog, hal seperti ini merupakan perbuatan yang SALAH. Dalam mengelola dan menulis konten, kita seharusnya fokus kepada informasi dan kepuasan pengunjung akan informasi yang kita sampaikan.

Sedangkan, situs penyedia iklan sendiri membenci blogger yang terlalu berfokus kepada uangnya, jadi, bukan tidak mungkin suatu saat nanti, anda malah tidak diterima sebagai publisher, dikarenakan mereka telah mengetahui blog anda yang fokus utamanya adalah uang, bukan informasi dan pengunjung.

Baca Juga : Manakah Platfrom Terbaik Untuk Blogger Pemula, WordPress Atau Blogger?

Di atas merupakan tips, atau teknik dalam menentukan topik blog agar blog yang anda kelola selalu mendapatkan pengunjung yang ramai. Sedangkan teknik tersebut dapan anda gunakan untuk membuat blog baru, maupun untuk “membanting stir” blog lama anda. Semoga bermanfaat . .


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    Artkel ni bisa mejadi referensi yang bermanfaat buat saya, point ke 5. saya sempat mau putus asa karena ketika broswsing topik yang saya pilih banyak bener saingannya mas, juga blog-blog yang sudah mapan. terimakasih mas!

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:15)

      Baik mas, sama-sama.
      Bisa juga ditambah konten yang unik yang jarang dipublish seperti blog lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *