BloggingOptimasi Blog

8 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Kecepatan Website

Apakah Anda pernah menyadari bahwa website anda terlalu lambat? Apakah butuh waktu lama untuk memuat satu halaman saja? Apakah kecepatan website Anda tidak memuaskan? Bila iya, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara meningkatkan kecepatan website, karena hal ini sangat penting.

Ketahuilah bahwa ini adalah masalah serius, tidak hanya masalah pengunjung yang akan meninggalkan website Anda, tetapi dapat mempengaruhi posisi website anda di Google.

Ingat, ketika website anda memiliki kecepatan dalam memuat laman, maka ini akan semakin menguntungkan bagi anda karena kecepatan website masuk dalam faktor peringkat google.

8 Tips mudah dalam meningkatkan kecepatan website anda

1. Mulailah dengan melakukan analisis yang bagus

Langkah pertama adalah melakukan analisis website yang baik dan menekankan kekurangan utama yang di tampilkan oleh website.

Mengetahui dengan tepat dimana masalahnya sangat penting dalam membuat keputusan yang tepat dalam analisis website.

Dibawah ini beberapa alat/tool online yang dapat membantu anda dalam analisis ini.

PageSpeed

pagespeed insights

Loading...

Google Page Speed ​​Tools adalah salah satu alat yang paling populer untuk menganalisis dalam meningkatkan kecepatan website dan mendiagnosis kesalahan yang dapat diperbaiki.

Alat ini juga menunjukkan apa yang dapat diperbaiki seperti pada situs seluler misalnya, namun umumnya sama seperti pada versi desktop. Sebagian besar masalah yang disajikan bisa diperbaiki secara sederhana.

Pingdom

pingdom

Pingdom adalah alat yang lebih lengkap dan menawarkan tampilan yang lebih mendalam pada kecepatan website. Dengan Pingdom anda bisa menganalisa website anda dari sudut pandang berbagai tempat di dunia.

Misalnya, jika Anda ingin mengetahui kecepatan situs anda saat diakses dari AS atau Australia.

Alat ini menampilkan kecepatan dalam hitungan detik, keseluruhan kinerja, dan ukuran situs Anda dalam satuan MB (mrgabyte).

Anda juga dapat memeriksa poin mana yang harus diperbaiki dan melihat kinerja situs secara umum. Alat yang benar-benar harus diperhitungkan saat menganalisis kecepatan situs web.

GTmetrix

gtmetrix

GTmetrix menyediakan informasi tentang kinerja situs anda dan memberikan rekomendasi bermanfaat tentang cara mengoptimalkannya. Cukup masukkan url domain anda dan tunggu rekomendasi dari GTmetrix.

Keuntungan besar dari alat ini adalah sudah mengukur kecepatan situs dengan menggunakan parameter Google Page Speed ​​dengan rata-rata. Situs anda juga ditampilkan terhadap semua situs lain yang diulas di GTmetrix.

2. Pilih tema yang bagus

Jika anda menggunakan CMS WordPress misalnya, anda perlu menganalisis pengaturan tema yang sedang digunakan di website anda.

Tema dimuat dari banyak skrip dapat membebani server dengan banyak permintaan yang tidak perlu, yang mengakibatkan keterlambatan dalam memuat situs.

Ini sangat penting untuk menjaga kestabilan website anda, jadi pastikan Memilih Theme WordPress Yang Baik Dan Cocok Dengan Situs Anda

Dari ribuan theme gratisan WordPress anda bisa memilih bahkan berganti theme sesuka hati untuk menemukan kecocokan, satu hal yang Anda inginkan pastilah menemukan tampilan yang sesuai.

Namun saran saya, gunakan theme WordPress premium yang memiliki fitur – fitur yang sudah di optimalkan.

Baca disini7 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Theme WordPress Gratisan

3. Optimalkan gambar anda untuk meningkatkan kecepatan website

Sekarang kita sampai pada salah satu poin paling kritis yang mempengaruhi kecepatan website. Gambar sangat berpengaruh pada kelambatan sebuah situs atau website.

Semakin banyak gambar, maka semakin banyak sumber daya yang akan diunggah dan ini berdampak negatif pada upload dan kecepatan situs. Gambar juga membutuhkan disck spce hosting yang cukup besar dalam penyimpanan file anda.

Dalam kasus ini, Apa yang harus dilakukan? hal yang harus anda lakukan adalah mengoptimalkan semua gambar situs ke ukuran yang lebih kecil.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah di menggunakan TinyPNG untuk mengompres dan mengecilkan ukuran/kapasitas gambar.

Atau kalau ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan plugin kompres gambar. Dengan begitu, gambar Anda akan dikompress  secara otomatis ketika diupload ke postingan.

4. Uninstall plugin yang tidak perlu

Tahukah anda bahwa plugin bisa memperlambat kinerja website? Bahkan beberapa blogger tidak begitu tahu fungsi plugin tertentu untuk apa?

Maka cara terbaiknya adalah dengan mencopot pemasangannya untuk menghemat sumber daya dan membuat website anda menjadi lebih ringan dan stabil.

Widget tidak penting seperti jam dan perkiraan cuaca juga akan membuat kecepatan website menjadi lambat. Hindari menggunakan pernak-pernik seperti ini untuk meningkatkan kecepatan website.

5. Aktifkan cache situs anda

Salah satu solusi untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan mengaktifkan caching. Halaman cache adalah salinan yang tersimpan dan ditampilkan bila ada akses baru.

Cache berfungsi untuk menghemat sumber daya dari server, karena menghindari permintaan data baru dari situs sudah dimuat sebelumnya.

Anda dapat mengaktifkan caching di situs anda melalui plugin yang diinstal dengan sekali klik. Di dalamnya anda dapat mengkonfigurasi untuk menyimpan dan menghapus cache bila perlu.

Silahkan baca disiniPlugin Cache Terbaik Gratis dan Premium untuk WordPress

6. Hilangkan iklan yang berlebihan

Jika Anda mengekspos iklan pihak ketiga, ini juga dapat berkontribusi untuk memperlambat website anda. Masalah ini sering terjadi pada website berita dan konten memonetisasi situs dengan iklan.

Terlalu banyak klan dalam situs hanya akan memperlambat website dan menunda pemuatan halaman.

Belum lagi masalah pengalaman pengguna yang mungkin terganggu karena terlalu banyak iklan, jadi sebaiknya memasang iklan dalam batas kewajaran, karena akan berpengaruh pada kecepatan website anda.

7. Kompres file JS dan CSS

Java Script adalah kumpulan kode yang bertugas untuk mengeksekusi konten dan elemen tertentu dengan benar. Saat halaman diakses, skrip ini diminta dari server dan di situlah akan sangat berpengaruh pada kecepatan website.

Untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan server dalam membaca script, Anda bisa melakukan kompresi.

Untuk menyelesaikan tugas ini anda dapat mengandalkan plugin yang meminimalkan dan memadatkan ukuran kode ini, dengan demikian memperbaiki kecepatan situs.

Anda bisa baca artikel lengkapnya disinihttps://www.klikmania.net/cara-mempercepat-loading-blog/

8. Pilih jasa layanan hosting yang bagus

Setelah melakukan semua kemungkinan optimasi kecepatan website masih kurang memuaskan, saatnya meninjau layanan hosting yang anda gunakan.

Penting untuk Memilih Hosting Terbaik yang sesuai dengan keperluan website anda. Dalam hal ini perlu menggunakan hosting sesuai dengan platform yang digunakan untuk mendapatkan performa terbaik.

Penyedia hosting yang baik akan membantu anda meningkatkan kecepatan website. Pastikan perusahaan menawarkan dukungan ini dan mengoptimalkan masalah teknis hosting anda sebaik mungkin.

Baca disiniCara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress (Performa, Kualitas dan Harga)

Kesimpulan

Jika Anda mengalami masalah situs yang lambat dalam pemuatan laman, kiat ini bisa membantu meningkatkan kecepatan website anda.

Selain itu, ada baiknya melakukan tes reguler untuk memahami dan mengidentifikasi poin yang perlu ditingkatkan.

Dengan cara ini, akan lebih meningkatkan pengalaman terbaik bagi pengguna situs anda, karena di dunia maya, semuanya harus cepat.



Loading...

Baca selengkapnya

Syarif Sabirin

Seorang Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Poin no 3 nih yang sering membuat halaman web lambat, apalagi kalau gambar yang di upload lebih dari 1MB bisa ngantuk nungguin loadingnya.

  2. Setuju sama poin No. 8, ada bagusnya memang kalau punya hosting yang bagus.

    Tp berkaca sama pengalaman yang dulu-dulu, langkah yang paling signifikan untuk mempercepat blog itu ada dua, mengaktifkan GZip compression sama optimasi gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *