Internet

Tips Traveling Aman Buat Perjalanan Seorang Diri

Tips Traveling Aman – Indonesia memang sangat kaya akan objek wisata yang sangat indah dan bahkan mampu mengalahkan objek wisata dunia terkenal. Sebagai contoh objek wisata air terjun di Sumatra Utara dan objek wisata hutan pinus di Jawa Tengah yang akan meningggalkan bekas indah yang tidak mudah dilupakan.

Tips Traveling Aman

Banyak cara untuk menikmati keindahan pesona alam ini, seperti melakukan perjalanan traveling bersama keluarga, teman ataupun seorang diri. Merasakan perjalanan seorang diri mungkin dirasa sedikit menakutkan. Karena kita hanya dapat mengandalkan diri sendiri ketika kita memulai perjalanan.

Kebanyakan orang memang sering melakukan traveling secara kelompok dikarenakan alasan tersebut. Namun tahukah kamu jika traveling seorang diri juga tidak kalah serunya dengan berkelompok.

Nah, jika kamu ingin sesekali mencoba ngebolang sendirian tanpa teman, kamu harus tahu tips traveling aman buat perjalanan kamu nanti.

Rencanakan Perjalanan Dengan Matang

Rencanakan Perjalanan Dengan Matang
Rencanakan Perjalanan

Tips traveling aman yang harus kamu ikuti adalah membuat rencana yang matang. Tentunya kamu tidak mau terlantar didaerah yang hampir tidak kamu kenal kecuali lewat Google bukan!

Merencanakan perjalanan dimulai dengan melakukan riset tentang daerah yang akan kamu kunjungi. Misalnya kamu akan melakukan perjalanan ke Bandung yang merupakan kota besar di Indonesia.

Hal yang pertama yang perlu kamu rencanakan adalah objek wisata mana yang akan kamu datangi. Misalnya kamu akan mengunjungi Objek Wisata Glamping Lakeside Rancabali, Kawah Putih, dan lain sebagainya.

Kamu dapat mencari informasi tersebut dimedia online yang akan memberikan rincian yang cukup komplit tentang sarana prasarana serta estimasi biayanya.

Setelah kamu sudah mendapatkan data tujuan kepergian kamu, saatnya menentukan lama hari yang akan kamu habiskan disana. Lama waktu dan banyaknya tujuan perjalanan pastinya akan berdampak pada anggaran yang akan digunakan.

Perhitungkan sebaik mungkin, karena kamu harus tetap mengkalkulasikan biaya penginapan, makanan, dan biaya akomadasi lainnya.

Selain mencari tahu tentang target tujuan dan biaya, kamu juga harus mencari tahu lokasi yang sering dianggap rawan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tidak kamu inginkan. Jangan tergesa-gesa untuk membuat perencanaan yah.

Membuat Peta Perjalanan Yang Saling Terkait

Tips Traveling Aman
Membuat Jalur Perjalanan Terkait

Tentunya dalam melakukan perjalanan kesebuah daerah yang tidak terlalu kamu kenal akan membuat kamu kebingungan. Oleh karena itu kamu harus memiliki peta perjalanan kamu disana.

Membuat peta perjalanan bukan berarti menggambar sebuah peta layaknya buku Atlas. Kamu cukup menuliskan nama jalan daerah yang akan kamu kunjungi beserta rute yang akan kamu lewati.

Buatlah rute perjalanan yang efektif seperti  mengaitkan satu objek wisata dengan objek wisata lainnya. Misalnya kamu akan mengunjungi daerah ‘A’, ‘B’, ‘C’, dan ‘D’ dengan mengendarai angkutan umum.

Buatlah rute perjalanan yang efektif dan efisien dengan mencari tahu jarak terdekat masing-masing daerah. Jika daerah ‘A’ berdekatan dengan daerah ‘D’, maka kamu jangan melakukan perjalanan kedaerah lainnya agar kamu dapat menghemat biaya perjalanan.

Kamu dapat menggunakan Google Maps untuk mendapatkan gambaran peta yang lebih rinci dan membandingkannya dengan review traveling yang banyak terdapat di Google. Tetapi bukan berarti kamu harus mengikuti rute tersebut 100% yah.

Biasakan Belajar Berkemas Dengan Cepat dan Rapi

Tips Traveling Aman
Biasakan Berkemas

Bepergian sendirian sudah pasti menuntut kamu untuk dapat belajar mandiri. Semua barang yang akan kamu bawa sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab kamu sendiri.

Untuk itu biasakanlah belajar berkemas dengan cepat dan rapi. Hal ini akan membantu kamu untuk melakukan perjalanan dengan lebih efektif karena waktu yang akan kamu gunakan untuk berwisata akan lebih banyak.

Belajar berkemas akan membuat kamu mengetahui barang-barang apa saja yang memang diperlukan. Terkadang pengalaman berkemas yang minim akan menyebabkan kita membawa barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Bahkan malah membuat kita kerepotan disepanjang perjalanan. Misalnya saja kamu membawa beberapa pakaian renang lengkap yang sebenarnya tidak akan berguna ketika kamu pergi ke Gunung Bromo.

Dengan barang bawaan yang ringan akan membantu kamu bergerak dengan cepat untuk menikmati wisata disana. Bawalah pakaian seperlunya, atau bahkan kamu dapat mencuci pakaian kamu di penginapan agar bawaan barang kamu tidak terlalu banyak.

BacaTips Packing Barang di Carrier dan Koper Ala Klik Mania

Setidaknya kamu tidak kerepotan saat membawa oleh-oleh ketika kamu pulang bukan.

Pilih Penginapan Yang Menyediakan Ruang Bersama

Tips Traveling Aman
Memilih Penginapan

Bepergian seorang diri bukan berarti kamu mengasingkan diri dan tidak berinteraksi dengan orang lain. Tetapi disini kamu wajib mencari pengalaman dan beberapa teman baru yang akan menambah kesan perjalanan kamu. Untuk itu pilihlah penginapan yang banyak direkomendasikan para traveler.

Saat ini terdapat beberapa layanan jasa pemesanan hotel yang menyediakan penginapan khusus bagi para traveller seperti Agoda. Walau kamu tidak memiliki budget yang besar untuk memesan penginapan yang mewah, setidaknya pilihlah penginapan yang memiliki ruangan bersama.

Disini kamu mungkin akan menemukan teman sesama traveller dan dapat saling berbagi cerita tentang pengalaman traveling.

Atur Perjalanan Agar Tiba Siang Hari

Tips traveling aman yang satu ini juga sangat penting untuk kamu rencanakan. Dengan tiba ditempat tujuan pada siang hari akan membantu kamu menemukan penginapan yang sudah kamu tentukan.

Hal ini juga akan mengurangi resiko terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti tidak ada kendaraan umum dan mengurangi resiko tindakan kejahatan.

Jangan Terlihat Kebingungan Saat Tiba di Tujuan

Tips Traveling Aman

Setibanya kamu ditujuan bersikaplah seolah-olah kamu penduduk setempat agar tidak mengundang orang iseng. Jangan bertingkah seperti orang kebingungan walaupun kamu dalam posisi kesasar. Gunakan peta kecil ataupun Maps pada smartphone kamu.

Atur Posisi Uang Tunai dan Fotocopy Tanda Pengenal

Mengatur posisi uang tunai ditempat yang berbeda-beda akan membantu kamu mengamankan dana kamu saat perjalanan. Seperti kata pepatah, “jangan memasukkan semua telur dalam satu karung” karena jika karungnya jatuh semua telur akan pecah.

Gunakan saku celana, saku pada tas, atau bahkan menyelipkan pada kantong rahasia. Sehingga ketika terjadi hal-hal buruk, kamu masih memiliki uang tunai.

Penting juga untuk membuat salinan fotocopy KTP, Pasport dan surat penting lainnya untuk berjaga-jaga jika kamu kehilangan. Dengan memiliki salinan tanda pengenal ini, akan sangat membantu ketika kamu melaporkan kehilangan ke pihak yang berwajib.

Unggah Foto Setiap Perjalanan Kamu

Tips Traveling Aman
Publikasi Lokasi Via Selfie

Menggunggah foto disetiap perjalanan di sosial media bukan berarti kamu menyombongkan diri atau menjadi “hantu” selfie. Hal ini akan membantu keluarga dan teman kamu mengetahui lokasi kamu setiap waktunya.

Bahkan dengan mengunggah foto di Sosmed, bisa saja teman kamu yang sedang dilokasi yang sama melihat dan mengajak kamu bertemu.

Mencoba Traveling Via Couchsurfing

Bepergian sendirian bukan berarti kita tidak bisa mencari teman ditempat tujuan. Saat ini terdapat situs jejaring bernama Couchsurfing yang akan membuat kamu menemukan teman yang akan membantu kamu ketika sampai dilokasi.

Biasanya para traveler yang memanfaatkan situs ini sering menyediakan rumahnya sebagai tempat singgah traveler lain. Lewat Couchsurfing, kamu bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal sekaligus mendapatkan tempat menginap gratis.

Kamu tidak perlu khawatir menggunakan situs jejaring ini, karena kamu dapat melihat testimoni para traveller yang pernah menginap disana. Saat traveling sendirian, berjejaring ala Couchsurfing ini bisa menjadi andalan.

Dengan melakukan perjalanan seorang diri, seseorang kemungkinan besar tidak keberatan menampung kamu dirumahnya dibandingkan dengan bepergian secara berkelompok. Selain Couchsurfing, sebagian anggota forum komunitas backpacker lokal juga biasanya mau menyediakan tempat singgah buatmu.

Bepergian sendiri pastinya akan sangat menyenangkan. Selain membuat kita semakin mandiri, akan menjadikan kita lebih berani untuk menghadapi sesuatu yang baru. Jangan takut untuk berpetualang, karena hal ini akan membuat kita semakin matang.

Semoga tips traveling aman ini dapat membantu kamu mendapatkan perjalanan yang menyenangkan.

Referensi lain :


Loading...
Baca selengkapnya

Berbagi Untuk Saling Mengasihi

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close