Kesuksesan Chairul Tanjung

Kesuksesan Chairul Tanjung : Sebuah Bukti Bahwa Usaha Tidak Akan Mengkhianati Hasil

Kesuksesan Chairul Tanjung sepertinya tidak perlu lagi diragukan. Kerja keras yang dilakukannya semasa muda mampu menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia. Hal ini dibuktikan pada tahun 2014, dimana Chairul Tanjung memiliki jumlah kekayaan bersih sebesar USD 4 Miliar. Jumlah kekayaan sebesar itu membuat nama Chairul Tanjung berada pada nomor 375 orang terkaya di dunia.

Namun, tidakkah kalian sadari bahwa kesuksesan Chairul Tanjung tidak didapatkannya dengan sekejap mata. Ia merasakan proses jatuh bangun sebelum mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Sebelum kita mendalami lebih jauh kehidupan Chairul Tanjung, mari kita cari tahu lebih dahulu awal mula kehidupan seorang anak singkong ini.

Kesuksesan Chairul Tanjung
Chairul Tanjung Via beritasatu.com

Awal Kehidupan

Chairul Tanjung dilahirkan dari keluarga yang sederhana. Ayahnya bernama Abdul Ghafar Tanjung dan ibunya bernama Halimah. Ayah Chairul Tanjung adalah seorang wartawan yang menerbitkan surat kabar kecil. Namun karena pemikiran ayahnya dianggap berseberangan secara politik dengan penguasa, membuat usaha yang dilakoni ayah Chairul Tanjung harus ditutup. Keadaan ini menjadikan keluarga Chairul Tanjung harus tinggal di losmen sempit karena rumah mereka telah dijual.

Keadaan seperti ini tidak menjadikan Chairul Tanjung putus sekolah. Selepas SMA, Chairul Tanjung melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia sebagai mahasiswa kedokteran gigi. Dari sinilah jiwa wirausaha Chairul Tanjung dimulai dan diasah hingga menjadikannya pengusaha sukses di Indonesia.

Saat ini Chairul Tanjung telah memiliki berbagai perusahaan dibawah naungan CT Corp. Mulai dari perusahaan finansial meliputi Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance.

Dibidang investasi CT Corp membeli sebagian besar saham Carefour Indonesia sebesar 40% pada tahun 2010. Pembelian saham ini menjadikan nama Carefour pun mulai berubah menjadi Transmart.

Dibidang penyiaran dan multimedia pun CT Corp memiliki sebuah stasiun TV ternama meliputi Trans TV, Trans 7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio.

Loading...

Kesuksesan bisnis yang dijalankannya tidak datang seketika dan sekejap mata. Mau tahu apa saja kiat-kiat yang mampu menjadikan Chairul Tanjung sebagai orang sukses sekaligus kaya raya di Indonesia. Berikut ini beberapa nasihat yang diberikan Chairul Tanjung agar kita mampu mengikuti jejak beliau.

Mengasah Keterampilan Semasa Muda

Kesuksesan Chairul Tanjung

Kepiawaian seorang Chairul Tanjung dalam memimpin CT Corp diawali dari ketekunan beliau memulai bisnis sedari muda. Semasa kuliah, Chairul Tanjung telah bertekad bahwa ia tidak akan meminta uang lagi kepada orang tuanya. Tekad yang kuat ini memaksanya unutk memenuhi kebutuhan hidup lewat berwirausaha.

Chairul Tanjung mulai berbisnis dengan berjualan buku kuliah, kaos, dan juga foto kopi di kampus. Usaha ini memang masih terbilang kecil, namun dari usaha kecil inilah bakat wirausaha Chairul Tanjung mulai terasah.

Selanjutnya Chairul Tanjung pun pernah mendirikan toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat. Namun sayangnya bisnis yang dijalaninya bangkrut.

Tidak putus asa dengan kegagalan yang dialaminya dalam berbisnis. Chairul Tanjung terus berjuang dan bangkit kembali. Ditahun 1987, selepas masa kuliah Chairul Tanjung mulai mendirikan Perseroan Terbatas yang diberi nama Pariarti Shindutama. Usaha ini didirikan Chairul Tanjung bersama dengan ketiga rekannya dengan bermodalkan uang 150 juta yang didapat dari Bank Exim.

Baca : Mau Usaha Tanpa Modal ? 4 Hal Berikut Bisa Kamu Terapkan

Perseroan yang didirikan Chairul Tanjung ini bergerak sebagai produsen sepatu anak-anak untuk keperluan ekspor. Keberuntungan pun berpihak dengan Chairul Tanjung dan rekan-rekannya. Perusahaan yang mereka dirikan mendapatkan pesanan dari Italia sebanyak 160 ribu pasang sepatu. Namun perbedaan visi usaha menjadikan Chairul Tanjung memilih untuk berpisah dan mulai mendirikan usaha sendiri.

Usia muda benar-benar dimanfaatkan oleh Chairul Tanjung dengan melakukan hal-hal yang produktif. Faktor inilah yang mempengaruhi kesuksesan Chairul Tanjung menjadi wirausaha sukses. Beliau tidak menyerah dengan keadaan ekonomi keluarganya dan memilih berjuang mandiri untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya.

Kesuksesan Chairul Tanjung  Berkat Jaringan yang Kuat

Jika kalian termasuk ke dalam golongan orang yang senang pilih-pilih dalam berteman sebaiknya mulai sekarang hilangkan sikap tersebut. Saya mengatakan demikian karena hal tersebut akan menghambat kitan untuk mendapatkan kesuksesan yang diimpikan.

Chairul Tanjung telah membuktikan sendiri bahwa kekuatan jaringan dan relasi menjadikannya mampu masuk kedalam jajaran orang terkaya di dunia. Chairul Tanjung berpesan untuk senantiasa mengembangkan jaringan dalam membangun bisnis yang dijalankan. Beliau sangat percaya bahwa jaringan yang baik akan membantu berkembangnya bisnis yang dijalankan.

Hal diatas bisa terjadi karena pada saat kondisi bisnis memburuk, maka kekuatan jaringan yang akan membantu. Oleh karena itulah, saat kita mengembangkan jaringan jangan pernah untuk pilih-pilih dalam berteman. Jangan hanya ingin membuat relasi dengan perusahaan besar saja dan meniadakan relasi dengan perusahaan yang baru berkembang. Kita tidak pernah tahu bahwa relasi mana yang akan dapat membantu kita pada saat terjadi kesulitan dalam bisnis.

Yakinlah semakin besar dan luas jaringan yang kita miliki akan semakin besar juga bantuan yang akan kita terima dikemudian hari.

Sabar Dalam Menghadapi  Keadaan Jatuh Bangun

Kesuksesan Chairul Tanjung

Putus asa dan gampang menyerah ketika masalah datang itu bukanlah sikap yang harus dipertahankan. Kesuksesan Chairul Tanjung penuh dengan kegagalan dan jatuh bangun sebelum kesuksesan datang menghampirinya. Chairul Tanjung berpesan kepada generasi muda Indonesia untuk sabar menapaki tangga kesuksesan. Sebab, kesuksesan bukan seperti membalikkan telapak tangan dengan mudah, ada proses panjang yang harus dilalui.

Mendapatkan kesuksesan secara instan tidak akan bisa untuk diraih. Harus ada pembelajaran, kegagalan, bangkit, dan terus berjuang dalam membangun sebuah bisnis. Sikap pantang menyerah dan pantang menyerah dari Chairul Tanjung inilah yang patut kita jadikan teladan hidup.

Baca : 5 Cara Menyikapi Kegagalan untuk Meraih Kesuksesan

Ingat satu hal penting ini, jika kita ingin mendapatkan hasil yang besar, maka bekerjalah dengan lebih keras lagi. Hasil yang besar tidak akan datang menghampiri jika perjuangan yang kita berikan masih sangat kecil.

Kemauan Adalah Modal yang Penting

Kesuksesan selalu diawali dengan adanya kemauan yang kuat dari diri pribadi untuk dapat maju.

Chairul Tanjung memulai bisnis karena beliau memiliki keinginan dan kemauan yang kuat untuk memulai. Hal inilah yang menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh para wirausahawan jika ingin mendapatkan kesuksesan seperti Chairul Tanjung.

Saat kita memiliki kemauan, faktor penggerak untuk memulai usaha sudah ada sebagai modal. Selanjutnya dari kemauan inilah akan tumbuh aksi untuk memulai usaha. Tanpa adanya kemauan, akan sangat mustahil seseorang untuk mampu menjalankan usaha, karena tidak adanya sebuah faktor penggerak.


Loading...

Bagikan

Wahyu Utama

Penulis

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Komentar

    Andika

    Andika

    ( - 13:22)

    inspiring… semoga kita kedepannya bisa menyamai beliau… amin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *