Artikel Adsense

Apakah Diperbolehkan Mengubah Nama Pembayaran Adsense? (Hati -hati)

Ini yang sering menjadi perdebatan pemilik akun adsense terutama non hosted yang asal-muasalnya membeli dari orang lain, atau mendapatkan dari jasa pembuatan akun adsense yang belakangan ini masih marak. Apakah bisa kita mengganti ataupun mengubah nama pembayaran adsense atau sering disebut payee name?

Lantas bagaimana solusi yang paling tepat jika hal ini tidak diperbolehkan oleh pihak google adsense? Apakah beresiko dan berbahaya? Mari kita ulas satu-persatu.

Pasti ada rasa was-was dan takut apabila mengganti nama pembayaran adsense nanti ujung-ujungnya terkena banned. Nah, kalau takut ya jangan dirubah namanya, walaupun saya juga belum pernah mengalami kejadian banned. Kita cari solusi lain yang aman agar akun adsense tetap bisa kita gunakan.

Karena pihak google adsense sendiri melarang memindah tangankan akun adsense atau mentransfer akun adsense kepada orang lain.

Pemahaman tentang mengubah nama pembayaran adsense dan alamat pembayaran adsense

Baiklah, kita pahami dahulu keterangan yang ada di halaman bantuan adsense dibawah ini. Kita harus seksama dan benar benar paham agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan pada akun adsense kita.

  • Mengubah nama penerima pembayaran adsense

Pihak google hanya memperbolehkan mengganti atau mengubah nama penerima pembayaran, sebatas nama tersebut hanya salah eja atau membuat penyesuaian untuk perubahan seperti pernikahan, kematian, atau merger perusahaan. Dengan kata lain kita hanya memperbaiki salah eja saja, bukan mengganti nama secara total.

Lihat sumber resmi

Loading...

Dan didalam keterangan link di atas negara Indonesia adalah salah satu negara yang tidak diperbolehkan mengubah nama pembayaran adsense, jadi hanya sebatas mengedit kesalahan saja. Jika ingin mengganti nama secara keseluruhan, maka Anda harus menutup akun dan mengirimkan permohonan baru dengan nama penerima pembayaran yang diinginkan.

  • Mengubah nama atau alamat pengiriman

Jika hanya ingin mengubah nama alamat pengiriman maka masih diperbolehkan. Tujuannya antara lain memastikan alamat di tulis dengan benar. Contohnya untuk pengiriman PIN adsense yang tidak sampai ke alamat, maka perubahan alamat bisa dilakukan, karena PIN adsense akan datang selama 3 kali jika alamat yang ditulis tidak sesuai.

Baca juga :Jika PIN adsense tidak datang bisa verifikasi menggunakan KTP

Solusi agar pembayaran sampai ditangan tanpa mengubah nama pembayaran adsense

Kesimpulan dari keterangan diatas adalah kita tidak bisa mengubah  nama pembayaran adsense, tetapi kita diperbolehkan mengganti alamat pembayaran. Dan pihak google sudah menerangkan dalam link bantuan adsense ini.

“Jika Anda memiliki bentuk pembayaran di akun yang membutuhkan alamat pengiriman, Anda harus memperbarui informasi ini secara terpisah dari profil penerima pembayaran Anda”

Jadi walaupun nama profil pembayaran adsense berbeda, kita bisa menerima pembayaran adsense dengan menggunakan nama orang lain. Contohnya anda akan memberikan pembayaran adsense melalui Western Union atas nama istri anda atau kepada adik anda. Asalkan nama sesuai dengan data di KTP.

Untuk lebih detail membahas masalah pembayaran dengan nama orang lain , silahkan baca artikel dibawah ini. Sudah saya persiapkan secara lengkap beserta bukti pendukung yang sangat kuat, jadi tidak perlu ragu. Dan caranya adalah menambahkan pengguna baru dalam akun adsense.

Baca : Menambahkan Pengguna Baru Di Akun Adsense (Multi User) untuk penerima pembayaran

Selain penerima pembayaran melalui Western Union, kita bisa pilih cara pembayaran melalui bank transfer atau lebih dikenal dengan wired (tranfer kawat). Semua bisa dilakukan dengan nama penerima yang berbeda. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

132 Comments

  1. Mas. Kalau pas daftarnya pakai ktp orang tua. Apakah bisa nanti ganti nama dan lainnya ke ktp pribadi (saya sendiri)?

  2. misi mas mau nanya.. kalo kita verifikasi identitas dengan menggunakan ktp orang tua apakah bisa ? lalu apakah harus di ganti dulu nama google adsensenya dengan nama orang tua saya? terimakasih tolong solusinya ya mas…

  3. bang..mau nanya..
    kebetulan saya sedang mengalami permasalahan seperti di artikel ini.. saya ingin mengganti nama dan akun rekening pembayaran, dr sebelumnya atas nama saya, ke nama teman saya.. karena kebetulan posisi pekerjaan sy saat ini yang agak “ketat” thdp transaksi diluar penghasilan gaji sy di kantor..
    apa benar mengganti no. rek sy ke no.rek teman sy itu dibolehkan? apa mas punya pengalaman pribadi ttg masalah ini?

    terima kasih banyak…
    semoga blognya semakin sukses..

  4. Malem pak, mau nanya kalau saya sudah po setiap bulan, namun karena pindah rumah otomatis saya pindah alamat, apakah dengan ganti nama alamat akan bisa kena baned.? Mohon pencerahanya

  5. Bang.. Mau tanya
    Akun saya dapat beli dari orang malaysia, jadi alamat Malaysia udh peri pernah po jg. Untuk pengambilan di indo apa bisa pakai WU. soalnya yg bisa di ubah cuma nama.. ambil WU klo beda negara bisa ga ya?

  6. Pagi mas gani…saya mau nanya mas, kemarin dpt email disuruh verifikasi alamat dgn mengirim identitas diri. Salah satu kalimat berbunyi nama pada profil pembayaran harus sama dengan nama tanda pengenal tsb. Nama profil pembayaran saya adalah nama channel yt saya, jadi tidak sama dgn nama di ktp. Bolehkah saya ganti nama di profil pembayaran sama dengan nama di ktp? Mohon jawabannya mas gani, terima kasih.

    1. Halo, Lina.
      Iya, sebaikya nama diganti sesuai KTP terlebih dulu, untuk verifikasi alamat bisa dilakukan setelah beberapa hari, jangan langsung ya.

  7. nama di pembayaran western union saya pake nama teman, saya ganti tanggal 17.
    kok di Payment Receipt ngga ada nama penerima western union ya mas?
    adanya nama & alamat akun saya..
    kira2 bisa ngga teman saya yg ngambil?

  8. Mas, maaf mau tanya. Saya kemarin baru request pin verifikasi alamat di adsense. Namun ada notif peringatan juga yg bunyinya pembayaran anda saat ini ditangguhkan, diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran. Sy disuruh verivikasi identitas. Namun setelah saya ikuti dan verifikasi ada keterangan nama profil pembayaran dan nama di identitas tdk sama. Memang dlu nama adsense sy hnya Radhinal M trus diktp Radhinal Mochtar, itu solusinya bagaimana? Mohon pencerahan mas

  9. mas Gani….apa bisa nama akun deda dengan nama di KTP untuk dapat pin dari google adsense…?? MAKASI……

      1. halo mas Gani….tanya lagi mas…kalo bikin alamat diakun baru dan alamat yang lama,apa boleh mas….soalnya akun yang lama disable. MAKASI…..

        1. Boleh gan… kita bisa menggunakan alamat yang sama pada adsense yang baru, tetapi dengan catatan akun adsense lama harus di tutup atau disable kemudian mendaftar adsense baru menggunakan email yang berbeda.

  10. Artikelnya bermanfaat dan berkualitas sekali mas.
    Btw, kalau sudah 88% ambang batas pembayaran lalu sy mau ganti rekening bank beda misal jadi bca atau cimb niaga (karena rek sebelumnya mandiri tidak aktif lagi), amankah?
    Fyi rek bca milik an istri (profil adsense), rek cimb niaga dan mandiri milik an saya. Alamat ktp sama, dan sudah pernah terima pin (pertama kali, bbrp bulan setelah daftar adsense) dikirim ke alamat rumah.
    Mohon bantuannya. Tks.

    1. Sebelum atau sesudah menerima pembayaran, kita masih bisa mengganti nama penerima pembayaran (atas nama rekening) . Untuk Adsense terbaru, harus melakukan verifikasi rekening yang nantinya akan dikirimkan 3 digit PIN. Selengkapnya mengenai verifikasi rekening PIN bisa baca Pembayaran Adsense Dengan Transfer Bank

  11. Mas, Mau nanya Bagaimana cara mengatasi jika sudah terlanjur mengganti nama akun pembayaran adsense supaya tidak di banned? Apakah jika kita ubah ke nama yang bawa asli bisa mengembalikan nya seperti semula?

  12. Mas saya mau tanya, kalo mengganti rekening pembayaran bisa ga ya? saya denger katanya gabisa pake nama pemilik rekening yang sama. soalnya saya ada 2 akun adsense, tetapi no rekeningnya berbeda. itu baiknya diganti apa gmn ya mas? tp saya udh verifikasi bank untuk akun yg baru

  13. saya ada pertanyaan lain gan, masih terkait Adsense.
    Saya udah mendaftar adsense (domain TLD) sudah dari 3 bulan yang lalu dan sudah di approve tahap pertama, lalu beberapa lama kemudian di approve juga tahap kedua.

    masalahnya ialah, setelah saya ganti slot iklan malah iklan tidak tayang (blank), padalah di Account Information tertulis produk aktif: Content, AdMob, Penelusuran.

    saya sudah kirimkan feedback terkait hal itu, tetapi iklan tetap tak kunjung muncul.

    Mungkin mas ada solusi atau aralan apa gitu untuk masalah tersebut. Trima kasih sebelumnya mas, maaf sudah ngerumput di kolom komentar ini.

  14. Malam mas gani. Terimakasih artikelnya cukup luas menjelaskan permasalahan yang ingin saya tahu.
    Saya mau tanya ni mas. Jadi saya sebelumnya punya akun adsense youtube yang sudah pernah payout dengan transfer kawat dengan nama asli saya dan no rekening asli saya juga. Sekarang adsense itu sudah tidak menghasilkan dolar lagi karena di blokir. 🙁
    Jadi saya membuat akun youtube dan akun adsense yang baru dengan nama ayah saya. Pertanyaan saya mas Gani, apakah penghasilan akun saya yang sekarang ini bisa masuk ke rekening saya yang sebelumnya yang sudah pernah payout? atau memang harus di payout ke rekening ayah saya tersebut?
    Mohon penjelasannya mas.
    Terimakasih mas Gani & Klikmania.

    1. Bisa menggunakan nama rekening yang berbeda mas, Artinya bisa menggunakan nama rekening yang dulu. Asalkan nomor rekeningnya di verifikasi

      1. Wah. Fast respon as always mas Gani. Makasih mas Gani. Semoga ane payout secepatnya. 🙂

        Tx Klikmania

      2. Jadi mas kalau nama pengguna adsense dengan nama akun rekening berarti masih bisa payout ya? Soalnya saya gak punya rekening, jadi rencananya mau payout pake rekening ortu saya, itu bisa kan mas?

    2. Mau tanya mas, saya punya akun adsense udah pin udah po, kalo ganti alamat di profil pembayaran apa jadi masalah ke depannya? Trimakasih.