Peluang usaha

6 Profesi Alternatif Ala Kids Zaman Now yang Bisa Bikin Tajir!

Zaman dulu, mungkin banyak dari kita yang bercita-cita menjadi dokter, pilot atau artis. Profesi itu setidaknya bisa menghantarkan seseorang menjadi kaya, sekiranya ‘mapan’ dalam urusan ekonomi dan menjadi profesi menjanjikan.

Namun sekarang sudah berbeda zaman. Seandainya kids zaman now itu ditanya mau jadi apa, mungkin jawaban yang paling banyak didapat adalah menjadi Selebgram, kalau tidak ya jadi Youtuber. Sebenarnya maklum sih banyak anak-anak yang menjawab seperti itu.

Gaya hidup glamour yang mungkin sering dibagikan para Selebgram dan Youtuber di sosial media memang cukup memikat orang-orang yang melihatnya.

Gaya hidup mewah itu pastinya bukan karena sebab, mereka sudah menikmati hasil jerih payahnya membuat konten secara rutin. Bahkan, penghasilan mereka itu bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Bukan hanya Selebram dan Youtuber aja, ternyata ada profesi lain di zaman yang serba digital ini. Tentunya kalau diseriusi dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan uang dan bisa membuat kaya raya.

Mungkin dulu profesi-profesi ini tidak begitu bersinar, bahkan belum ada sama sekali.

Profesi Menjanjikan dan Alternatif Ala Kids Zaman Now yang Bisa Bikin Tajir!

Apa saja profesi yang bisa membuat kaya ala kids zaman now ini? Mari kita bahas satu per satu…

1. Blogger

Loading...

Saat Anda sedang mencari informasi di Google, biasanya kamu akan menyimak tulisan-tulisan di dalam sebuah blog. Bagi orang awam, kenapa sih para blogger ini suka banget nulis di blognya? Kenapa tidak di media yang lain aja?

Nyatanya, para blogger ini bukan kurang kerjaan. Mereka itu menulis untuk merawat blognya sehingga bisa dimonetize.

Dari sinilah sumber penghasilan blogger bisa mendapat uang bahkan banyak juga yang menjadikannya sebagai profesi menjanjikan untuk ladang bisnis.

Contohnya saja blogger veteran Eka Lesmana yang bisa mengantongi puluhan hingga ratusan juta rupiah dari hasil monetize blognya.

Eka Lesmana merupakan satu dari sekian banyak blogger yang sudah merasakan gurihnya menghasilkan uang dari blog. Bagi yang sudah lama terjun seperti Eka lesmana, membuat dan membangun blog menjadi mesin penghasil uang tentu sangatlah mudah.

2. YouTuber

Sumber gambar famous.id

Cara menjadi kaya ala kids zaman now yang selanjutnya adalah menjadi Youtuber. Siapa sih yang gak kenal para Youtuber seperti Chandra Liow, Agung Hapsah, Bayu Skak, Edho Zell, Reza Oktovian, Kevin Anggara dan Eka Gustiwana?

Hampir semua anak muda yang doyan buka Youtube sepertinya tahu mereka semua.

Bayaran dari channel Youtube yang terkenal dan banyak subscribernya bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan dan bahkan sampai miliaran per bulan.

Daniel Middleton, tercatat sebagai YouTuber dengan penghasilan terbesar di Dunia 2017 , pendapatannya mencapai US$ 16,5 Juta atau sekitar Rp 222 Miliar di sepanjang tahun 2017.

Hasil yang bisa didapat juga bukan hanya dari monetize AdSense Youtube saja, melainkan ada juga yang menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui sponsor brand-brand ternama.

Untuk menjadi Youtuber terkenal, kamu bisa memulainya dengan membuat konten video yang berkualitas. Kalau bisa, buatlah yang menjadi ciri khas dari channelmu.

Entah itu tentang gaming, komedi, daily vlog, filmmaker, tutorial atau niche lainnya yang sesuai dengan passionmu. Sekiranya, konten yang kamu berikan bisa berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Kamu juga bisa kolaborasikan jenis video yang disukai banyak orang, menghibur atau edukatif. Lebih kerennya lagi, kamu bisa meleburnya menjadi satu, menghibur tapi edukatif atau sebaliknya.

Menjadi YouTuber adalah alternatif terbaik Ala Kids Zaman Now dan merupakan profesi menjanjikan dimasa depan, karena hampir semua orang beralih ke media digital dan video.

3. Selebgram

View this post on Instagram

lotta bitches wanna be like us, but you know the difference baby ;(

A post shared by karin novilda @thisisnotkarin (@awkarin) on

Nah ini nih yang sedang kekinian banget. Selebriti Instagram atau sering disebut Selebgram adalah seseorang yang populer di Instagram dan biasanya memiliki banyak followers, dari sini ia meraup pundi-pundi rupiah dengan cara memposting/mempromosikan produk orang lain.

Awkarin bahkan pernah berkata bahwa dia bisa dapat 32 juta rupiah hanya dalam waktu 2 hari saja. Itu juga beberapa tahun yang lalu loh, bagaimana dengan sekarang? Tentunya semakin tinggi saja karena followersnya pun semakin bertambah banyak.

Dalam sekali posting di Instagram Stories, ia bisa mematok harga 500 ribu rupiah. Jika kita analogikan dalam sehari bisa mencapai 20 brand, maka kalikan saja 500 ribu kali 20 brand. Setidaknya ia bisa meraup 10 juta per hari, kalau sebulan berarti sekitar 30 juta bisa masuk kantong.

Ini hanya estimasi perkiraan saja, mungkin saja lebih besar atau kurang dari perhitungan itu. Bagaimana dengan selebgram lain?

Ya tentu saja, harga itu tergantung dari pihak manajemen dan kepopuleran selebgram tersebut di sosial media. Biasanya, makin banyak followersnya maka makin mahal pula biaya endorsenya.

Perhitungan tadi baru dari Insta Story, belum lagi foto Instagram dan yang lain. Pasti lebih banyak pendapatannya dalam satu bulan. Wah enak tenan yah jadi selebgram?

Tapi ya tentu itu semua didapat karena hasil usaha selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Salah satu strategi memperbanyak followers Instagram tentu saja dengan menyajikan foto-foto yang ciamik dan enak dipandang.

Bukan hanya itu, diperlukan konsistensi dan komitmen yang tinggi untuk menggaet lebih banyak pengguna Instagram.

Meskipun begitu, menjadi selebgram tentu terlihat lebih kece dibanding profesi kantoran yang terkesan biasa-biasa saja dan bisa menjadi profesi menjanjikan dimasa depan melalui sosial media.

Profesi ini juga sangat cocok bagi kamu yang suka foto hits dan kekinian, kamu bisa mengekspresikan hal-hal yang menarik untuk dilihat.

4. Fotografer dan Videografer

Zaman old, profesi fotografer juga sebenarnya sudah banyak dikenal. Nama-nama terkenal dari fotografer professional juga sudah berkiprah sejak belasan tahun yang lalu.

Sebut saja Jimmy Iskandar dan Andreas Darwis Triadi yang sudah menggeluti dunia fotografi sejak tahun 1980-an silam. Dari dulu hingga sekarang, potensi dari dunia fotografi juga cukup menjanjikan.

Terbukti banyak juga fotografer muda yang memanfaatkan Instagram sebagai portofolio, sebut saja akun Rio ‘Motret’ yang menyajikan foto-foto yang sangat apik dan elegan.

Puluhan bahkan ratusan juta per bulan mungkin bisa mereka raih jika mau menyelesaikan berbagai proyek dan sesi foto konsumen. Apalagi berkembangnya media digital saat ini membuat permintaan jasa fotografer dan videografer semakin meningkat.

Para Youtuber dan selebgram pun mungkin saja membutuhkan bantuan dari seorang fotografer dan videografer dalam membuat konten-kontennya. Kalau hanya sendiri, tentu repot juga bukan?

Memang sih nyatanya, profesi zaman now ini saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Ada suatu ekosistem yang bisa menguntungkan banyak pihak, terlebih bagi orang-orang yang ‘tech savy’ dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga : Menghasilkan Uang Dari Jepret Kamera di Situs Foto Terbaik

5. Gamer Professional

Siapa bilang jadi gamer gak bisa dapat duit? Dulu mungkin kegiatan gaming dianggap sebagai sesuatu yang buruk, kurang kerjaan dan buang-buang waktu.

Namun sekarang, cobalah open minded karena menjadi gamer di zaman sekarang sudah bisa jadi kaya.

Aktivitas gaming kini digolongkan menjadi e-sport dimana banyak ‘atlet’ yang tidak boleh dianggap remeh. Para gamer pro ini tentu bukan hanya main, tapi dibayar juga.

Bacae-Sport, Menjadikan Gamer Sebagai Profesi Pilihan dan Menjanjikan di Indonesia

Ada yang menjadi beta tester, ajang kompetisi game kancah internasional dan lain sebagainya. Bahkan ada juga gamer yang merangkap sebagai Youtuber juga, sebut saja channel MiawAug, FFGaming dan Pokopow.

Hampir semua kontennya berbau gaming, jadi setidaknya ada dua profesi yang dikerjakan sekaligus.

Buat yang ingin mencoba, kamu bisa menjual akun game, jadi joki akun game orang, ikut lomba gaming, bekerja diperusahaan atau menjadi seorang youtuber gaming karena ini adalah salah satu profesi menjanjikan.

6. Internet Marketer dan Digital Marketer

profesi menjanjikan internet marketer
Yodhia Antariksa

Dulu, orang-orang yang kerjaannya dibidang marketing dianggap sebagai tukang jualan atau sales. Sekarang, sebenarnya juga sama. Namun mungkin saat ini agak sedikit berubah model pemasarannya.

Beberapa puluh tahun silam, mungkin kita lebih familiar dengan belanja secara offline namun sekarang semuanya sudah sedikit bergeser dengan adanya jual beli online.

Hal ini tentu dikarenakan berkembangnya kemajuan internet yang mampu menjaring berbagai kalangan. Para pengusaha mulai mencoba menjual barang dagangannya secara online.

Nah disinilah peran dari seorang internet marketer atau digital marketer. Mereka sama-sama menjual produk untuk mendapatkan sales dan profit setiap harinya. Bedanya internet marketer dan digital marketer itu terletak pada sistem pemasarannya.

Jika internet marketer menjualnya secara straight-to-the-point, maka digital marketer menjual dagangannya dengan membangun sistem dan database. Namun sebenarnya sama saja tujuannya, yaitu melariskan dagangan/produk yang dijual secara online.

Karena maraknya pasar dunia maya, banyak brand yang muncul saling berlomba untuk menggaet banyak pelanggan di internet. Dalam hal ini, seorang internet marketer atau digital marketer yang andal pun kian dibutuhkan.

Jika tidak bekerja di perusahaan ternama, seorang internet marketer dan digital marketer sebenarnya bisa menjadi profesi menjanjikan dengan mendapat penghasilan secara mandiri.

Bisa menjadi seorang praktisi atau juga seorang pebisnis, kalau mereka mau mungkin uang ratusan juta per bulan bisa dilampaui.

Jadi, untuk menjadi kaya di era digital saat ini sudah sangat banyak macamnya. Menjadi orang kaya ala kids zaman now sudah berbeda metodenya dengan zaman old.

Memiliki penghasilan puluhan hingga ratusan juta tidak hanya bisa ditempuh dengan metode konvensional, ada banyak caranya.

Para veteran di bidang tersebut bisa menunjukkan potensi dalam dirinya, bahwa dengan mengikuti passion dan minat lalu diolahnya menjadi konsistensi, maka mereka-mereka ini bisa menjadi seorang pesohor yang kaya raya.

Mungkin beberapa tahun ke belakang, profesi menjanjikan seperti ini dianggap remeh dan tidak mutu. Namun, mereka malah memikat hati jutaan pasang mata di seluruh dunia, khususnya di bumi pertiwi.

Jadi, kapan guys kita ikutin jejak mereka?



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *