Adsense Di YoutubeArtikel Adsense

Cara Paling Mudah Daftar Adsense Melalui Youtube (Update Lengkap)

Alasan apa kita mendaftar akun Google Adsense?
Jawaban yang singkat dan sederhana adalah ingin mendapatkan uang.
Lantas bagaimana cara paling mudah untuk mendaftar Akun google adsense?
Menurut pengalaman saya yang paling mudah dan tidak ribet adalah melalui Youtube.
Bagaimana Proses pendaftaran akun google adsense melalui youtube?
Yang jelas kamu harus mempunyai video yang original (asli) untuk di upload ke youtube
Berati kita harus mempunyai akun di Youtube juga dong?
Ya..iyalah, dari pada bertanya terus dan saya jawab sendiri. 😀

Silhakan simak artikel cara paling mudah mendaftar akun google adsense di bawah ini. 

Satu Akun Gmail untuk Semua

Satu akun Gmail saja untuk semua, jadi persoalan yang susah menjadi mudah karena hanya dengan 1 akun Gmail, kita sudah bisa mendaftar semua.

Itulah keistimewaan google, jadi kita tidak di buat ribet untuk membuat email lagi sampai tahapan pembuatan akun adsense.

Karena semua nya milik google, hanya perlu melalui tahapan proses dalam pendaftaran. Jadi harus di ingat betul email dan paswordnya kalau perlu dicatat dan disimpan.

Kenapa harus melalui Youtube?

Cara ini adalah yang paling mudah diterima dibandingkan mendaftar akun google adsense melalui blogspot (blog), yang harus melalui tahap review posting. Yang jelas kita harus mempersiapkan artikel atau blog yang sudah layak. (bukan versi beta)

Loading...

Baiklah, langsung saja kita persiapkan tahap tahap mendaftar akun adsense melalui youtube

Tahap 1
Mendaftar email Google,di sini saya tidak akan menjelaskan cara membuat akun Gmail, karena saya rasa tidaklah terlalu susah untuk membuat akun Gmail. Bagi yang sudah punya akun gmail, langsung masuk tahap ke 2.

Tahap 2
Sign in (masuk) ke Youtube, silahkan masuk ke halaman Youtube (dengan Gmail anda) upload video yang sudah anda persiapkan sebelumnya, usahakan video buatan anda yang original. Untuk mempermudah proses dan jangan memakai background lagu yang melanggar hak cipta orang lain.

Tahap 3
Pengaturan akun, Lakukan verifikasi akun youtube anda terlebih dahulu, biasanya menggunakan nomor ponsel anda. Selanjutnya lakukan proses sesuai dengan gambar dibawah ini.

daftar adsense youtube
Klik gambar untuk memperbesar

Keterangan gambar no 1
1. Klik pada creator studio,yang berada di gambar profil anda
2. Klik saluran – status dan fitur
3. Dibagian monetasi, klik Aktifkan.

Selanjutnya ikuti petunjuk sesuai gambar, no 2, no 3, no 4 dan no 5

daftar adsense youtube
Klik gambar untuk memperbesar

daftar adsense youtube

adsense youtube

adsense youtube

adsense youtube

Keterangan Gambar nomor 6

Isi kolom negara /wilayah : Indonesia
Jenis akun : Perseorangan

Selanjutnya masukkan nama penerima pembayaran berikut dengan alamat lengkap, pada bagian ini sangat penting!!, tulis alamat sesuai dengan indentitas anda. Sesuaikan dengan alamat yang ada di KTP anda (cantumkan nomor rumah). Setelah selesai, klik kirim permohonan saya.

Mengapa harus mengisi alamat sesuai KTP? Karena pihak dari Google akan mengirimkan PIN melalui surat pos (bukan email) ke rumah anda jika saldo anda nantinya sudah diambang batas, untuk memverifikasi alamat anda. Jadi harap di perhatikan dengan seksama.

Karena banyak kasus, membuat akun google adsense dengan alamat yang tidak jelas, membuat pengiriman PIN dari google tertunda atau tidak sampai ke alamat yang dituju, hal ini akan merugikan anda sendiri di kemudian hari.

Baca juga : Mengetahui Perbedaan Akun Google Adsense Hosted Dan Non Hosted

Demikianlah cara membuat akun Google adsense melalui Youtube, setelah proses selesai (gambar 5) anda akan di minta memverifikasi akun google adsense anda yang baru melalui nomor HP.

Setelah itu tinggal menunggu persetujuan dari pihak google adsense, biasanya lamanya waktu 1 – 7 hari atau mungkin bisa lebih, tergantung kebijakan dari google adsense.

Tetapi pengalaman yang sudah sudah, dalam waktu kurang dari 3 hari sudah langsung di approved ( disetujui). Jadi rajin rajin saja memeriksa email anda.

Note : 

Akun Adsense ini hanya berlaku untuk Youtube saja, untuk bisa menampilkan iklan  di blog maka harus meningkatkan status akun Adsense (upgrade) dengan menggunakan nama domain sendiri (Domain TLD)
Selengkapnya bisa baca disini : Panduan Upgrade Akun Adsense Hosted Menjadi Non Hosted

Update maret 2017 : Perubahan Youtube Pasca di Boikot Beberapa Perusahaan (Aturan baru untuk monetisasi dan menampilkan iklan di Youtube)



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

473 Comments

  1. Halaman komentar pada artikel ini dipindahkan ke Forum Klik Mania.
    Dikarenakan sudah terlalu panjang dan membuat loading halaman menjadi lambat.
    Anda bisa membuat threat dan pertanyaan yang berhubungan pendaftaran akun adsense Youtube.

  2. Salam kenal mas, mohon pencerahanya :
    saya punya chanel youtube dg 20 video yg sudah saya monetisasi melalui akun adesense dari blog, selama ini bejalan lancar. setalah 2 minggu tidak pernah OL saya kaget di dasbor pendapatan youtube kok menurun drastis dan lebih kaget lagi saya gak bisa masuk untuk lihat saldo adsense.
    Di dasbor blog (penghasilan) ada tulisan
    “Akun yang dikaitkan dengan nomor penayang ca-pub-9448961596xxxxx tidak disetujui. Pelajari lebih lanjut”
    Padahal selama ini baik baik saja dan saldo adsense sudah hampir PO.
    Sementara di youtube untuk fitur monetisasi tidak aktif dengan alasan (dari email yang masuk)
    “Anda mungkin baru saja menutup akun AdSense atau menerima email dari [email protected] tentang aplikasi AdSense yang ditolak. Tanpa akun AdSense yang valid, Anda tidak dapat berpartisipasi dalam program monetisasi YouTube.” (saya tidak pernah menerima email dari [email protected])
    Pertanyaan saya :
    1. Maksud dari kata “tidak disetujui” di dasbor blog? padahal selama ini sudah berjalan 1 tahun.
    2. Kira kira apa yang salah dengan video saya? padahal untuk
    Status Hak Cipta dan Status Pedoman Komunitas pada bagian yang kanan.
    3. Apakah karna selama 2 minggu tidak pernah OL sehingga pertanyaan dari pengunjung saya tidak terjawab yang menyebabkan ini semua terjadi?
    4. Langkah terbaik apa yang harus saya lakukan untuk mengmbalikan akun adsense saya?
    Maaf mas kalau terlalu banyak pertanyaan, karna saya cuman tukang service yang coba meraih keburuntungan di depan laptop. terimakasih

    1. Wah kasusnya agak membingunkan juga ya mas, apa sebelumnya pernah menambahkan user baru untuk Adsense?

      1. Dari keterangan yang dimaksud diatas, akun Adsense sudah dibatalkan “Anda mungkin baru saja menutup akun AdSense” jadi dalam dashboar Adsense blog terlihat akun tidak disetujui.

      2. Nah, pada bagian status dashoar youtube apakah disebutkan jenis pelanggarannya?
      3. TIdak menjadi masalah mas, Offline tidak berpengaruh apada status apapun.
      4. Langkah terbaik adalah pengajuan banding, ceritakan apa permasalahannya secara jelas dan terperinci, PAsti nanti akan dapat surat balasan dari google.

      Untuk banding Adsense bisa melalui link berikut : Pengajuan Banding

  3. mas.. mau nanya , kan saya udah daftar adsense youtube, iklan udah tayang dan viewer udah ribuan tapi kok saldonya masih $0 terus yah.. itu kenapa yah ?

  4. mas, saya ingin bertanya mas. saya pas klik aktifkan monetisasi, keterangannya “Siapkan Adsese”, pas saya klik, langkahnya berbeda degan panduan, itu bagaimana ya mas?

    1. Intinya sama saja mas, tutorial ini menggunakan gambar versi lama, untuk tampilan dashboar pendaftaran terbaru mungkin hanya beda sedikit.

  5. Saya sudah mencobanya mas. Setelah ituu, saya klik “kirim permohonan saya”. Tetapi mengapa di bawahnya selalu ada tulisan “Gagal membuat akun., silahkan mulai kembali”. Dan sudah saya coba kembali masih aja gabisa. gimana ini ya mas?? tolong bantuannya

    1. Berarti ada trouble pada bagian pendaftaran akun Adsense mas, silahkan coba untuk besok harinya.

  6. bang,aku mau nanya nih ,(toloong di jawab) ,berarti sebelum kita daftar google adsense harus upload video ke youtube dulu gitu ???

  7. mas kenapa ya proses no. 5 nya lama bner ya mlh gak slesai2 tuh , bntuannya donk ????

  8. Kak di akun AdSense saya ada tape merah ini
    Akun AdSense Anda hanya diizinkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda perlu memberi kami URL situs yang ingin dimonetisasi.
    apakah saya tidak bisa menautkan diblogger (blogspot.co.id) saya? Saya sudah mencoba tapi gagal. Saya ingin tulisan saya bisa disisipi iklan. Mhon bantuannya

  9. Mas mau tanya, saya YouTube nya sudah di monetisasi dan sudah disetujui oleh AdSense beberapa minggu lalu, so pengiriman PIN sampai ke saya nya berapa lama ya? And surat PIN nya di segel ga? Thanks.

    1. PIN akan dikrimkan ke alamat rumah setidaknya dalam 3 bulan mas, PIN hanya berupa amplop saja yang di dalamnya berisi 6 nomor dari google.

  10. mas. mau tanya. mohon dijawab. pas saya mau monetize akun yutub saya seperti langkah diatas (akun youtube yg saya monetize beda dgn akun adsense yg saya buat) kan udah selesai tuh semua langkah langkah diatas. Dapat email dari GA akun anda telah disetujui. saya balik ke youtube eh belum juga di monetize. saya coba ulang langkahnya ga bsa bsa (klik mengaitkan adsense, masukka gmail OK, pas situs web dan bahasa klik simpan dan lanjutkan malah langsung dialihkan ke youtube dan tidak ada perubahan pada monetisasi. ttp sama aja disuruh mengaitkan akun adsense)

    1. Memang akhir-akhir ini agak susah membuat akun channel baru yang langsung dikaitkan dengan Adsense, halaman pengaitan seperti di redirect oleh pihak google. Coba tunggu saja dulu hingga channel-nya berumur.

  11. min, adsense youtube sudah disetujui, namun adsense blogger belum bisa menerapkan kode google adsense, dimana kesalahan nya tu min? mhn bntu y min

    1. Mas cara2 nya udah lancar tapi pas terakhir lansung kembali ke youtube ke monetisasi disana ada status akun “siapkan adsense” trus aku klik aku ikut cara satu dan dua,setelah saya klik cara kedua lansunh balik lagi ke youtube monetisasi status akun siapkan adsense, itu kenapa ya mas?? Terimah kasih mas

      1. Sekarang memang agak ketat untuk mendaftarkan ke Adsense youtube, rata-rata channel baru kebanyakan dialihkan ke halaman youtube lagi.

        COba tunggu saja beberapa hari, soalnya banyak kejadian yang sama.

  12. gan saya udh daftar adsense tadi malam dan akun saya sudah terhubung
    tapi saat sy ingin memonetiasi di youtube kok masih tidak aktif dan menunggu persetujuan

    1. Ya betul mas, harus menunggu persetujuan dari piha Adsense, kalau sudah disetujui nanti pasti aktif.

  13. Makasih banyak infonya mas. sangat bermanfaat