Adsense Di Youtube

Bagaimana Pembayaran Youtube? Berikut Ini Ilustrasi Dan Penjelasannya

Pasti banyak sobat yang bertanya, bagaimana sih cara pembayaran youtube? Bagimana saya bisa menghasilkan uang dengan video youtube? Dan bagaimana seseorang menghasilkan uang jutaan hanya dengan mengupload video di youtube.

Posting ini sengaja saya buat terpisah untuk menjawab pertanyaan seputar pembayaran youtube, setelah lebih dari 100 pertanyaan mengenai pembayaran adsense. Sederhana saja, yang penting mudah dipahami.

Secara singkat saya akan memberi gambaran, bagaimana video anda bisa menghasilkan uang melalui youtube. Nah, karena sudah banyak penjelasan diposting sebelumnya jadi saya akan membuat secara ringkas.

  1. Anda harus punya video.
  2. Anda harus punya akun youtube.
  3. Anda harus mengaitkan youtube dengan adsense.
  4. Anda dapat uang.

Mudah sekali bukan, untuk point pertama dan kedua tidak perlu dijelaskan. karena untuk mempunyai akun youtube kita tinggal mendaftar menggunakan email dari google secara gratis.

Mendapatkan Akun Adsense youtube

Tahap berikutnya adalah mendapatkan akun Adsense youtube, syaratnya juga cukup mudah. Anda hanya membutuhkan 1 Video original (Termasuk Audio) minimal berdurasi 6 menit untuk didaftarkan adsense.

Proses pengajuannya juga tidak membutuhkan waktu lama, maksimal 3 hari anda sudah mendapatkan pemberitahuan melalui email bahwa akun Adsense youtube anda diterima. Selengkapnya anda bisa baca artikel dibawah ini.

Update April 2017 – Saat ini peraturan terbaru Youtube adalah video baru bisa dimonetisasi atau dipasang iklan, apabila sudah mencapai 10.000 views/tayangan. Setelah tembus 10.000 views masih akan ditinjau pihak Youtube, apakah melanggar kebijakan atau tidak untuk dipasang iklan.

Baca : Mendaftarkan youtube ke google adsense

Setelah semua proses selesai anda sudah bisa  menghasilkan uang dari video anda yang di upload ke youtube, nah sederhana sekali bukan.

 Bagaimana sistem pembayaran youtube

Video yang anda daftarkan ke Adsense youtube otomatis akan mendapatkan iklan dalam setiap tayangan. Iklan ini yang menempatkan adalah pihak Adsense atau kita bisa tempatkan secara manual disetiap video.

Baca : Trik Menambah Dan Memperbanyak Jumlah Iklan Di Youtube (Untuk Video Durasi Panjang)

Sistem penghasilan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

  • Iklan yang ditayangkan melalui lelang AdSense.
  • Iklan yang dijual dengan dasar pemesanan melalui DoubleClick.
  • Iklan dari berbagai sumber lainnya yang dijual YouTube

Dari semua iklan yang ditayangkan pada video yang Anda upload itulah yang menghasilkan uang, sistem pembayaran youtube bisa melalui klik yang didapatkan dari penonton video ataupun jumlah tayang iklan dalam video secara keseluruhan.

Jadi walaupun iklan video tidak mendapatkan klik dari pengunjung, kita masih mendapatkan bayaran melalui jumlah tayangan iklan dalam video, biasanya setelah 1000 tayangan iklan akan mulai dihitung dan dimasukkan dalam data pembayaran.

Sistem Biaya Per Seribu tayang

Pembayaran youtube ini lebih dikenal dengan BPS (Biaya Per seribu) untuk setiap tayangan iklan dalam video Anda yang ditayangkan sebanyak 1000 kali di youtube maka anda akan dibayar. Pendapatan per 1.000 tayangan iklan ini merupakan penghasilan tertaksir, atau merupakan penghasilan kotor.

Rumusnya adalah RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Keterangan :

RPM=Revenue Per Thoushand Impression Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi.

Untuk penghasilan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5 Hal ini juga tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. (Termasuk durasi tayang pada setiap video)

  • Contoh : Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

Lihat sumber resmi google

Melihat hasil pembayaran sementara dari dashboard analytics youtube

Untuk dapat melihat pembayaran youtube sementara atau hasil taksiran atau kotor bisa langsung ke dashboard youtube analytics. Untuk Selanjutnya penghasilan tertaksir ditampilkan dalam waktu 24 jam menurut zona waktu yang digunakan.

pembayaran youtube

Dalam dashboard youtube analytic bisa dilihat perkembangan jumlah taksiran pendapatan harian, mingguan maupun bulanan. Selain itu juga akan mencatat penambahan subsriber setiap bulannya dengan lengkap.

Dashboard youtube analytics juga melaporkan hasil secara lengkap, mulai durasi tayangan (waktu nonton permenit) atau jumlah tayangan setiap bulan dengan tampilan visual grapich seperti gambar dibawah ini.

pembayaran youtube

Nah, dari dashboard youtube analytic kita hanya bisa melihat pendapatan tertaksir, semua penghasilan bersih akan dimasukkan kedalam dashboard akun Adsense anda setiap tanggal 15 pada bulan berikutnya.

Bagaimana saya menerima pembayaran youtube?

Sebelum menerima pembayaran youtube, pastikan anda sudah melakukan verifikasi PIN adsense yang akan dikirimkan ke alamat rumah anda melalui kantor pos, jadi dalam membuat akun adsense youtube pastikan alamat anda ditulis secara benar.

PIN Adsense ini akan dikirim oleh pihak Adsense setelah akun Adsense berumur 3 bulan atau anda sudah mendapatkan jumlah saldo sebesar 10 USD atau dengan mata uang Rupiah yang setara dengan 10 USD.

Baca :PIN Adsense tidak datang bisa verifikasi dengan KTP

Anda akan menerima pembayaran youtube Adsense setelah mencapai minimal ambang batas sebesar 100 USD atau setara dengan mata uang rupiah senilai 100 USD (Kurs pada bulan tersebut)

Pembayaran youtube adsense ini bisa diterima melalui Western Union dengan menunjukkan KTP yang sesuai dengan nama pembayaran Adsense tanpa dikenakan biaya potongan apapun.

Atau bisa juga menngunakan pembayaran melalui transfer bank (Wired Transfer), biasanya akan dikenakan potongan biaya minimal 5 USD atau tergantung kebijakan bank setempat.

Baca :Sekarang Pembayaran Adsense Dengan Transfer Bank Mudah, Cepat dan Aman

Nah, sangat mudah bukan? Kumpulkan video anda sebanyak mungkin dan upload ke youtube untuk menghasilkan uang. Bawa ponsel kesayangan anda untuk mengambil moment-moment penting dalam hidup anda.

Koleksikan semua video anda di youtube dan anda akan menerima pembayaran youtube dari hasil kreasi anda.

Semuanya gratis…Tunggu apalagi?


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

129 Comments

  1. Saya belim sampe 10hari si mas masih 5 hari gitu

    1. Kalo idh tgl 15 berarti baru bisa bulan depan dong gajiannya?

      1. Tunggu sampai 10 hari kerja (minggu dan hari libur ttidak termasuk).
        Ya betul mas, akan diakumulasikan bulan depan.

  2. Mas ko saya udh isi rekening tpi belum dapet kode uang yh kurng dari 1000 itu? Itu di ceknya dimana? Fotoin dong mas? Orang tua saya jadi gk percaya nih mas tolongin

  3. Mas, kalo masukin nama rekening itu depanya kita tulis “ibu” apa enngak?! Jawab mas mumpung belum tgl 15

  4. Selamat siang, Saya mau bertanya doang,
    saya sudah Verifikasi PIN alamat, dan Verifikasi Bank. Semuanya itu saya verifikasi tanggal 10 bulan ini. Nah yg Ingin saya tanyakan, apakah Pembayaran saya akan tetap dikirim oleh google pada bulan Ini juga. atau bulan berikutnya. Untuk Earn dll, saya sudah melebihi ambang minimal 100$. dan tidak dalam masa penangguhan atau lainnya. Untuk ada yg bisa menjawab, saya ucapkan terimakasih.

    1. Untuk verifikasi dibawah tanggal 15 dan saldo sudah melebihi ambang minimal 100$ (saldo bulan lalu, sampai tanggal 31) maka akan menerima pembayaran bulan ini.

  5. Mas gani nih baik banget deh.sabar jawab nya..hehe…makasih pencerahannya lho mas

  6. Pembayaran nya dihitung kalo ada yang klik iklan aja ya?
    Lalu apakah bisa permohonan kita di accept google adsense kalo tayangan publik belum bahkan jauh dari 10000?

    1. Selain klik iklan ada juga sistem pembayaran BPS (Biaya Per seribu)
      Betul, sekarang aturan terbaru untuk mendaftar Adsense youtube minimal harus mencapai 10.000 tayangan.

      1. Gan Gani saya mau nanya saya kan baru buat channel dan harus 10000 view dulu baru di monetisasi nah itu kalo saya udh sampe 10000 view itu langsung dibayar dari 10000 view itu atau nunggu lagi setelah iklan…dan gan mau nanya penghasilan sekarang per 1000 view berapa ya?

      2. Salam,
        Bang gani, maaf mohon pencerahannya bang,
        Dulu akun saya udah pernah ada pendapatan, tp baru 0,13 dollar, apakah itu berarti pendaftaran sudah berhasil???
        Dan tapi setelah sekian lama karna suatu hal, sy lama gak upload, kok bisa hilang ya?? Sekarang baru mau aktif lagi.. Dan ternyata dollarnya nol.. Mohon pencerahannnya bang… Maturnuwun,
        Salam dr jogja,
        Febri

  7. Clanel saya VREZTO STAG vedeo konyol bantu subscribe ya teman

  8. mas, mo tnya ne..
    berapa banyk mononton dr youtube kita agar dibayar oleh google
    promblem y sya penayangan sdh mencpai 800an and wktu y jg sudh 2000an
    mhon coment y…

    1. Buat yang punya chanel ini : Mantap videonya Mas Brooo :
      Pengalaman Saya dan saran, BANYAK YANG MENONTON BUKAN BERARTI BANYAK UANGNYA, untuk cepat naik subscribe harus juga sering SUBSCRIBE ULANG DAN LIKE KE YANG SUBSCRIBE, dan saya sudah menerima hasilnya udah pasti naik broo…harus sering konsultasi ke kawan2 juga, makasih subscribnya ya,segera subscribe dan like kembali biar cepat naik rating. Ini sudah terbukti brow

  9. Mas, Saya punya Adsense Google
    Pertanyaan saya. Apakah dengan Adsense google akan mudah mendapat Youtube Adsen.

    >>>thks<<<

  10. Maaf mas mau tanya nih,pembayaran per 1000 itu berlaku buat video yang ada iklannnya apa berlaku juga buat video yang ga ada iklannya?

    1. Bukan tayangan video, tetapi tayangan iklan dalam video mas.
      Otmatis yang tidak ada iklan tidak masuk dalam perhitungan pembayaran.

  11. Mas, mau nanya ni mas. Ane kan pemula di youtube. Dapat email dari youtube gini :
    Your payments are on hold

    Recently, you placed payments on hold to Google AdSense. To remove the hold, or make other changes to your payment settings, view your payment schedule.

    Mohon solusinya mas…

  12. Mas rating iklan saya lumayan banyak puluhan dolar. Mengapa google adsense tidak membayar rating iklan youtube. Hanya di bayar dengan viewer saja.

  13. Mas rating iklan saya di youtube lumanayan banyak puluhan dolar.. Tapy tidak masuk pembayaran google adsense ia.. Jelaskan mengapa mas.

  14. untuk mendapatkan uang di youtube sekarang harus mencapai 10.000 viewer yah min…bukan 1000 lagi?

    1. Ya bner bgt om…10.000 viewer mas tuk semua video.. kalo channel baru..

      1. Ya, mulai April 2017 video baru bisa dimonetisasi atau dipasang iklan, apabila sudah mencapai 10.000 views/tayangan. Setelah tembus 10.000 views masih akan ditinjau pihak Youtube, apakah melanggar kebijakan atau tidak untuk dipasang iklan.

  15. Min…Google adsen saya di tangguhkan…solusi?.

    1. Buat yang punya chanel ini : Mantap videonya Mas Brooo :
      Pengalaman Saya dan saran, BANYAK YANG MENONTON BUKAN BERARTI BANYAK UANGNYA, untuk cepat naik subscribe harus juga sering SUBSCRIBE ULANG DAN LIKE KE YANG SUBSCRIBE, dan saya sudah menerima hasilnya udah pasti naik broo…harus sering konsultasi ke kawan2 juga, makasih subscribnya ya,segera subscribe dan like kembali biar cepat naik rating. Ini sudah terbukti brow
      Sering tanya langsung ke google adsence, pasti di balas kok, jd dak salah arah bro

  16. Min…Google adsen saya di tangguhkan…solusi?

  17. mas kira kira untuk pemula biar dapat $100 untuk perbulan yang bagus berapa dollar mas? aku baru 2 minggu udah $5 mas masih lama banget..

  18. Mas saya sering sekali baca potingan artikelnya mas gani, saya seorang youtuber pemula mas mo nanya nih,sekitar 2 minggu terakhir ini saya upload kira” 9 video dan udah saya monetisasi dan saya cek di dashboar jumlah viewernya sekitar 1300 sekian, akan tetapi saya msh bingung dengan sistem rincian hasilnya yang muncul kira” 0.14 $ mhn sudilah kiranya mas gani memberikan pencerahannya.terima kasih

    1. jumlah bayaran tergantung jumlah iklan yang diklik/ditonton, jumlah penonton, jumlah likers (orang yang mengklik “like/suka”), dan jumlah subscribers (orang yang berlangganan saluran anda)

  19. video wajib minimal 6 menit yah? atau bisa saja yg 2 menit?

  20. Bermanfaat banget nih Ilmunya.. terima kasih sudah mau berbagi Ilmu
    Sekalian mau nanya nih gan…. saya sudah memiliki Akun Youtube dan sudah banyak Video yang saya Up Load
    ke Youtube dan ada beberapa yang sudah mencapai Viewer lebih dari 10000.
    Tapi saya belum mendaftarkan akun Yotube sy ke Google Adsense..
    Pertanyaannya : Apakah jika saya mendaftarkan sekarang, Video yang sudah saya upload akan di hitung?

    Terima kasih sebelumnya

  21. nanya mas,,, bulan januari kemarin hsl adsen saya 600.000. bulan februari 6jt. tapi kok di saldo yang home sampe tgl 15 maret ini msh 600.000. brarti tgl 21 maret gak bisa gajian dong?? bingung nih

    1. Penghasilan bulan februari akan diakumulasi pada tanggal 12 maret dan penghasilan bulan maret akan di akumulasi bulan april..tergantung perolehan 6 juta dicapai tanggal berapa.

      1. 6 juta akhir februari kang,, akhir maret 8jt.. ini sdh lewat sampe tgl 26 maret. tapi saldo masih 600rb. harusnya kan maret ini 21 kemarin bisa gajian 6jt. berhubung saldo di home msh 600rb. terpaksa gigit jari.
        apa ada pengaruhnya karena sempat 2x permintaan PIN.
        ket : PIN datang tgl 12 maret

        1. gmna cranya minta pin y ko aq belum di ksi pin?

  22. Mas mau tanya dong, saya merasa janggal dengan pembayaran youtube saya mas. Akun youtube saya kan udah tembus 100.000 view dari keseluruhan video, tapi ko pendapatan saya cumn $4 jika di hitung secara BPS kan seharusnya hitungan kotornya $100, apa ada yg salah dengan akun youtube/adsense saya . mohon arahannya mas, saya masih newbe.

  23. Mas , Saya Mau Tanya , saya sudah mengaitkan akun youtube ke google adsense , cman saya disuruh ngisi saldo di google addnya , apa itu memang di Haruskan? karena ada catatan bahwa akun saya belum aktif (Google add)

  24. mas mau nanya nih pembayarannya dikirim lewat rekening ya tolong penjelasanmya, terima kasih

  25. Maaf mas gani. Saya mau tanya, akun youtube saya kena banded beberapa hari yang lalu. Sedangkan penghasilan dari youtube pada saat belum kena banded sampai sekarang belum masuk ke rek. adsense saya. Apakah nantinya penghasilan youtube saya sebelum saya kena banded akan masuk ke akun adsense saya? Terima kasih.

  26. mas, mau nanya
    apa yg dimaksud :
    – akun youtube
    – adsense youtube
    – google adsense

  27. bang.. tanya nih,,
    gambaranya gini bang… saya punya akun 1.GA. 2.channel youtube, keduanya sya monetesi menggunakan akun GA yg sama,, katakanlah channel.A & channel.B keduanya tertaut dg akun 1.GA,
    .pertanyaanya,, penghasilan kedua channel tadi klo di lihat dr akun GA tertera global. (A & B) atau terpisah bang..???
    contoh: penghasilan channel A= $10,00
    penghasilan channel B= $20,00
    .soalnya akun GA sya kok cuma mendeteksi penghasilan dr channel.B sja $20,00
    mohon penjelasanya sesuai wawasan & pengalaman sampean bang,, terima kasiih….

  28. Mau nanya nih mas, pendapatan adsense sengaja tidak di ambil selama berbulan-bulan, istilahnya saya kumpulin.. kira² bisa ga mas?

    1. bisa saja, atur batas pembayaran, misalnya $200 atau $ 500 dan seterusnya. Apabila belum mencapai saldo yang sudah ditetapkan maka belum bisa dicairkan.

  29. mas mo naya klo sudah batas ambang pembayaran trus kita gajian apa kah bulan besok y gajian lagi ap nunggu yang nonton banyak lagi dan nung penghasilan iklan lagi

      1. mas ko aku belum dapat pin pdhl penghasilnnya uda banyak gmn mau gjian klu bgni pin nya tk knjung dtang

  30. Mas mau nanya kon punya ane nggak ada yg tonton ya padahal udah di menotisasi gimana solusinya mas tolongg .. ?

    1. masalah banyak sedikitnya video yang menonton tergantung dari menarik tidaknya video tersebut, selain itu kualitas video juga sangat berpengaruh.

      1. mau tanya lagi broo , setelah video sudah di monetisasi , apakah channel saya sudah terhubung dengan adsense ?

          1. Kalau seperti ini sudah aktif mas ya ?

            Saat ini Anda terkait dengan akun AdSense berikut:

            Id AdSense:
            2452660492807103
            Status:
            Aktif
            Tanggal Terkait:
            31 Januari 2017 03.30 (GMT-8)

              1. Tapi kenapa nggak ada yg tonton padahal semua sudah saya lakukan mas , dari monetasi dan iklan , ?

  31. Maaf mau tanya, masih awam masalah adsense.

    Misal begini, total saldo yang bisa saya liat di dasbor itu sekitar 67$, setelah saya tarik saldo itu, apa saldo akan kereset / bakal diakumulasi buat kedepannya?
    Trims.

    1. Saldo $67 belum bisa ditarik, pembayaran akan dilakukan apabila minimal sudah mecapai $100, apabila belum mencapai angka 100 maka akan terus diakumulasikan pada bulan berikutnya.

  32. Mas saya mau tanya
    Akun uoutube saya kan kena d tangguhkan 3 hari yang lalu trus saya ajukan permohonan k youtube
    Apakah hasil pendapatkan paymal bulan yg lalu yetap d trnfer mas
    Dan saya cek d adsen masi utuh nominal pembayarannya blom nol masih merah

  33. setiap video wajib min 6 menit taw bisa kurang gan?

  34. Malam Gan, lgs aj,
    1. kalo misalkan kita punya 2 akun adsense tapi untuk metode pembayaran di satu no rek, dan satu alamat, apakah itu bisa?

  35. Hlo mas sy kan punya vedio udh lama yg nnton jg udh byk lbh dr 100rb x lbh tp dulu blm sy hubungkan ke adsense,dan sekarang sy hubungkan dgn adsense ..apakah bisa dihitung ya utk pembayaran misalkan diklaim begitu?

  36. Maaf mas mau tanya tadi diatas disebutkan bila sudah mencapai viewer 1000 itu baru bisa terhitung jumlah uangnya, nah apakah 1000 viewer harus tiap video ataukah boleh digabungkan dengan viewer dari seluruh video yang kita upload? Yang kedua: saya sudah mengupload video cukup banyak, tetapi setiap video saya upload viewer tidak pernah meningkat setelah beberapa hari tidak pernah lebih dari 50 viewer bahkan paling sedikit cuma 5 viewer, ini solusinya gimana mas? Mohon pencerahannya trims 😀

  37. Mas, video youtube ku kok dilaporin pelanggaran hak cipta ya. padahal cuma audio lagu yg bagroundnya aku buat sendiri.

  38. Gmana cara verifikasi KTP ke google adsense mas?

    1. Tinggal di scan saja, lalu kirimkan melalui formulir scan identitas.
      HAl ini hanya berlaku apabila PIN tidak terkirim sampai 3 kali.

  39. mas mau tanya kalo kita lihat vidio youtube kita dg akun lainnya pada satu komputer apa akan mendapat komisi buat youtube kita mas ????

    1. Tidak, justru nanti akan kena pelanggaran invalid activity karena menggunakan IP komputer yang sama.

  40. Mas mau tanya, pendapatan youtube yg di dashboard sama pendapatan iklan yg di peringkat iklan itu beda atau gimana ? (Maksudnya beda “pendapatan di dashboard sama pendapatan peringkat iklan itu di jumlah (pendapatan didashboard + pendapatan iklan di peringkat iklan= real estimasi pendapatan sementara sebelum masuk adsense) atau pendapatan di dashboard itu yg sudah termasuk pendapatan peringkat iklan juga ?

    1. Pendapatan yang ada di dashboar youtube adalah pendapatan tertaksir (perkiraan pendapatan) . Nantinya akan masuk ke dashboar penghasilan Adsense setiap bulan antara tanggal 12-15, nah itulah yang namanya pendapatan sesungguhnya.

      1. Oohh berarti pendapatan di peringkat iklan itu hanya gambaran kotor aja ya. Yg real estimasi untuk ke adsense yaitu pendapatan yg di dashboard

  41. selamat sore mas gani, begini mas, Saya mempunyai 1 akun adsense dan 5akun youtube yang saya salurkan ke akun adsense yang sama, pertanyaan saya, pada laporan adense saya ada sekitar 3000.an klik pada tanggal 1-31 Oktober 2016 dan saya cek total penghasilan sementara hampir 500rb (memang gak pasti) tetapi hari ini 12 november saya hanya menerima pembayaran 27 ribu. memang dari ke 5 akun youtube saya, ada yang udah di tangguhkan adajuga yang bad standing. apa itu berpengaruh? terimakasih sblmnya

      1. oh jadi asumsi saya, jika akun youtube masih aktif namun ber reputasi buruk ada kemungkinan pembayaran bisa masuk setelah akun bereputasi baik?
        dan apabila akun youtube tertangguhkan maka pengasilan pun tidak terhitung di pembayaran, apakah bnar bgitu mas gani?

        1. ya betul mas, apabila channel sudah tidak ada masalah nantinya penghasilan akan dikurangi dengan penghasilan yang sudah didapat sebelumnya. Mengenai hal-hal lain seperti invalid activity dan kelayakan video untuk ikut program periklanan juga akan diperhitungkan.

          1. 1 Pertanyaan Lagi mas gani heheh.
            misalkan saya upload video dan udah 100.000 views, dan saya hapus video tersebut, sebelum pembayaran adsense di lakukan tanggal 11-15 . apakah nantinya pengasilan dari video yang di hapus tersebut akan masuk ke pembayaran adsense nantinya?
            saya kira mas juga tidak tahu pastinya jadi saya minta pendapat dan sepengetahuan mas gani saja. terimakasih lagi mas, mungkin bisa buat nambah wawasan juga buat yang membaca komentar setelah ini, heheh

            1. Pembayaran akan tetap dihitung berdasarkanjumlah tayangan iklan dan hasil klik terakhir mas avris bayura, jadi penghasilan yang tidak masuk adalah setelah video dihapus.
              Contoh, video dihapus tanggal 20, maka setelah tanggal 20 sudah tidak ada pemasukan lagi.
              Sedangkan sebelum tanggal 20 jumlah klik dan tayangan iklan tetap akan masuk ke earnning.

              1. terimakasih mas gani, sangat bermanfaat untuk saya, dan siapa tau ada yang bacasetelah ini

  42. Gan sya mau nanya… Klo subscriber itu dpat duit gk gan?? Klo dpat bisa kasih rinciannya gk gan…
    Thx atas blasanny. Maaf repotin

    1. Untuk untuk banyaknya subscriber/penggemar tidak akan medpatkan uang mas, yang mendapatkan uang adalah jumlah tayang iklan dan jumlah klik iklan dalam video.

  43. Saya juga seorang pemula youtubers…saya dari sulawesi tapi sekarang saya sudah kerja di jakarta…masalahnya saya tidak berdomisili di jakarta karna saya merantau…pertanyaan saya yaitu alamat yg di sulawesi atau yang di jakarta yang saya isi data alamat di channel youtube saya…jadi intinya yang alamat yang mana gan saya saya isikan itu alamat profil saya…mohon bantuannya

    1. Bantu jawab.
      Bisa di isi dengan alamat yang sekarang mas Munawir, nanti akan dikirimkan PIN ke alamat tersebut.
      Apabila PIN tidak sampai ke alamat, bisa dirubah ke alamat yang sesuai dengan KTP. Apabila PIN tidak datang juga maka bisa verifikasi dengan menggunakan scan KTP.

  44. maaf tanya ya gan, jadi gini : ane dah dapet PIN n verifikasi tanggal 3 bulan ini. Saldo berjalan dah USD 630-an lah, nah setelah verifikasi PIN, ane setting metode pembayaran pake WU, lalu ane coba cek VIEW PAYMENT (pengennya dicairin),, tapi kok ada tombol dicairkan ya mas??? apakah kalau ada pencairan dana itu selalu ada pemberitahuan dari google bahwa dana siap dibayarkan? atau kita request agar dana dibayarkan??? atau karena masih tanggal 3 mas? saldoku dah $630… makasih maaf panjang mas. semoga mas tambah rejeki dah njawab2 pertanyaan kami2 yg nubie ini…

  45. mas bisa minta pin bb, atau fbnya ga mas soalnya saya ada masalah di adense dan analytic yt saya udah mencapai 200$ tapi penghasilan tertaksir dan saldo berjalan adense adense saya masih nol. terus ada nitice seperti ini

    “”Penghasilan YouTube akan ditambahkan ke laman pembayaran AdSense Anda sebelum tanggal 15 bulan bersangkutan dan disertakan dalam pembayaran Anda jika penghasilan total Anda melebihi ambang pembayaran. Taksiran penghasilan tidak akan diperbarui untuk menyertakan penghasilan YouTube Anda.”

    kebetulan saya yutuber pemula, dan umur acount yt dan ga saya baru berumur satu bulan tepatnya saya membuat acount itu tgl 5 september 2016 mohon solusinya? terima kasih

    1. Penghasilan youtube memang akan masuk ke dashboar Adsense sebulan sekali, yaitu antara tanggal 12-15 setiap bulannya,
      Jadi tunggu saja dulu. Untuk akun Adsense juga harus diverifikasi dengan PIN yang akan dikirimkan ke alamat rumah, jadi pastikan nama dan alamat sesuai dengan KTP.

  46. Selamat malam mas.. saya mau tanya, kenapa sampai malam ini, tanggal 24/10/2016 pukul 21:43, pembayaran adsense saya masih tertunda, kira-kira apa yg terjadi mas? apa yang lain juga begitu?? mohon pencerahannya, makasih

    1. Untuk pembayaran WU masih tertunda mas, untuk pembayaran melalui transfer bank sudah cair tadi pagi.

  47. Mas mau tanya jika kita bikin teks bahasa jepang apa akan pengaruh penghasilan adsense kita atau menambah penghasilan di indo?

    1. Apabila yang buka dan klik iklan orang jepang ya makin bertambah mas, kalau yang klik orang Indo ya sama saja 😀

      1. mas ada trik eg buat target negara yang termasuk cpm gede?

  48. Mas mau nanya..
    Saya sudah daftar google adsense, dan sudah disetujui… Klo udah gitu, langkah selanjutnya gimana mas? Mohon bimbingannya

    1. Langkah selanujutnya adalah upload video original hasil kreasi sendiri sebanyak-banyaknya mas wawan 😀
      Dengan begitu potensi untuk mendapatkan dolar juga akan semakin besar.

  49. ijin copy artikel boleh gak bang

  50. ada yang bisa bantu akun adsense saya ada pemberitahuan..”You have no valid forms of payment available.
    This account has no valid form of payment. Please specify a form of payment in order to get paid.”

    1. Sampeyan bisa melengkapi dan memilih jenis pembayaran yang disediakan, itu berlaku apabila saldo minimal telah mencapai Rp.130.000.
      Sebelum mencapai saldo itu belum bisa menentukan jenis pembayaran.

      1. Comment Text*bagaimana cara ubahnya.. saya masih new di adsense

  51. mas mau tanya bagaimana menautkan adsense youtube kalau akun utama youtube kita yang di kaitkan dengan google adsense sudah di tangguhkan?

  52. salam kenal gan geejhon
    saya mau nya ni, mengenai dolar saya di youtube
    sya kn udah dapat 3.42dolar dari pendapatan, trus sya klik peringkat iklan dan sya liat kira” ada 3000an iklan yang tayang pda vidio saya.. yg sya mau tanyakan kn perseribu x iklan yang tanyang dapat 1dolar? trus apakah pendapatan iklan yang tayang itu masuk ke 3.42 dolar itu? atau nnt masuk ke google adsense pas tgl 15? mohon bantuan nya gan

    inti nya saya mau nnyak penghasilan dari klik iklan dan perseribu kali tayang itu di gabung jdi 3.42 dolar atau di sendirikan

    1. maaf gan gani 🙂 saya gk edit kata” nya hehe
      langsng sya kopy paste aja 😀 maaf ya gan gani
      saya mau nya ni, mengenai dolar saya di youtube
      sya kn udah dapat 3.42dolar dari pendapatan, trus sya klik peringkat iklan dan sya liat kira” ada 3000an iklan yang tayang pda vidio saya.. yg sya mau tanyakan kn perseribu x iklan yang tanyang dapat 1dolar? trus apakah pendapatan iklan yang tayang itu masuk ke 3.42 dolar itu? atau nnt masuk ke google adsense pas tgl 15? mohon bantuan nya gan

      inti nya saya mau nnyak penghasilan dari klik iklan dan perseribu kali tayang itu di gabung jdi 3.42 dolar atau di sendirikan

      sebelum nya makash gan gani

      1. Dalam perhitungan Adsense semua sudah di global menurut rumus yang sudah ditetapkan, semisal belum mencapai seribu tayangan iklan maka akan langsung dibagi dari hasil tayangan pada saat itu juga.

        Hanya saja yang menjadi patokannya adalah jumlah tayangan iklan, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman.

        Intinya penghasilan tertaksir adalah hasil yang didapatkan dari perumusan diatas, tidak ada penjumlahan kembali 😀 Dan finalized earning (perhitungan akhir) akan dimasukkan ke dashboard Adsense setiap tanggal 15.

  53. Mas gani saya mau nanya.. saya baru 1 bulan daftar di google adsense dan bulan ini views di youtube saya udah total nya 300ribu berarti nanti saya dapat bayaran donk.
    Terus nanti kalo metode pembayaran lewat bank. Apakah nanti perlu PIN verifikasi dari google ?
    Lalu alamat yang saya pakai alamat kantor saya bukan sesuai dengan KTP , apakah tidak apa apa ?
    Maaf yaa mas saya banyak bertanya mohon di jawab. Terima kasih.

    1. Untuk melihat hasil Earning youtube sementara bisa dilihat pada dashboard analytic youtube, untuk melihat total penghasilan bisa dilihat pada dashboard adsense pada tanggal 15 setiap bulannya.

      Betul harus verifikasi PIN yang akan dikirimkan ke alamat rumah mas Billy, sebaiknya samakan dengan KTP..sebab jika PIN tidak sampai bisa verifikasi menggunakan Scan KTP.

      1. mas mau nanya youtube saya dah banyak yang nonton dh 12 rb lebih padahal dah di monetas,,,tapi oug ga nambah di analitic maupun dollarnya ea?

  54. Mas mau tanya, jika youtube di monetize dan kemudian di banned, apakah akun adsense ikut di banned?

    Pertanya yang kedua, kenapa ya video publik seperti video “PRILLY LATUCONSINA hina keluarga Aliando” atau video “penangkapan agus pemutilasi nur atikah” yang jelas merupakan rekaman pribadi dan telah menjadi video publik tp di klaim hak cipta oleh trans 7 dan rcti padahal bukan video rekaman dari tv.. Jika pun ada klaim tentunya klaim dari Prilly untuk video hujatannya, dan video Agus tentu dari kepolisian karena itu video mereka. Apakah ini modus stasiun tv mencari kesempatan klaim video publik? jika di ajukan banding dan menang, dengan alasan video publik, besoknya muncul klaim dari pihak stasiun tv lainnya.. trus begitu

    1. 1. TIdak mas, jenis Banned ada 2 macam.
      – Banned akun Adsense karena aktifitas tidak valid (Invalud Activity)
      – Banned video atau channel karena melanggar pedoman komunitas.

      2. Jika video bersifat public maka lisensinya adalah lisensi standar. Ini artinya pemilik video pertama yang berhak atas gugatan atau pengajuan banding ke pihak stasiun TV.

      Memang rata-rata pihak Stasiun TV menggunakan Content ID sebagai lisensi, ini terkait juga dengan diskripsi penulusuran dan judul, jika ada kecocokan maka secara otomatis akan meng- claim kepemilikan.

      Namun hal itu akan bisa diralat, jika ada yang melakukan banding dan disetujui.

      1. Ok mas terima kasih penjelasannya.. iya mas saya ajukan banding tp ya itu harus menunggu, jika menang kadang akan ada klaim lagi dari pihak tv lain.. padahal video tersebut masuk dalam tren list dengan jumlah view ratusan ribu. Dari pengalaman video yang sering kena klaim biasanya video indonesia sih, kalau video dari luar negeri justru aman.. (sejauh ini) dan penghasilan juga lebih besar.

  55. mas gani, Sy lagi nunggu kiriman PIN dari google. sementara sy setting metode pembayaran, karena yg tersedia cuma melalui transfer bank ( gak ketemu pembayaran via WU) Sy arahkan ke Bank Nasional. prosesnya mentok di keterangan : Anda tidak memiliki bentuk pembayaran yang valid.
    Rekening bank Anda Rekening bank • • • 6XX6 harus diverifikasi agar dapat digunakan.
    Pertanyaannya : apa yg harus sy lakukan setelah proses ini ?? trima kasih..

        1. sudah ketemu permasalahannya mas. jd pihak GA mengirim percobaan rekening ke rekening kita, dengan nilai dibawah RP.1000 sebagai kode verifikasi ke GA. nah berarti sy tidak usah nunggu PIN lg ya? klo sudah verifikasi rekening?

        2. Ini bentuk pembayaran terbaru mas via transfer bank, di Adsense saya tidak memerlukan verifikasi nomor rekening Bank..Coba saya tanyakan pada forum IAPD, Bisa ikuti beritanya langung mas.
          Biasanya kalau Saldo sudah diambang batas pengambilan baru menyiapkan bentuk pembayaran. Dan dulunya hanya menggunakan kode SWIFT.

  56. mas mau nanya,andai kita punya 3 video,lalu 3 video kita tersebut hanya dapat 500 view per videonya,apa kita masih bisa dapat bayaran dari youtube? trima kasih atas jawabannya

    1. bantu jawab ya

      bisa kok dapat bayaran dari youtube, apalagi jika video tersebut menarik. kemungkin pendatapatan yang didapat akan semakin meningkat. menarik yang aku maksud disini, bisa membuat 500 view itu menonton sampai akhir, beda lagi jika 500 views hanya lewat saja.

      Pengalaman saya, untuk channel baru memang kurang begitu terasa pendapatan yang masuk, namun jika terus rutin dan semakin memperbaiki kualitas konten, semakin banyak views nantinya semakin bertambah pendapatannya.

Back to top button
Close