Adsense Di Youtube

Bagaimana Pembayaran Youtube? Berikut Ini Ilustrasi Dan Penjelasannya

Pasti banyak sobat yang bertanya, bagaimana sih cara pembayaran youtube? Bagimana saya bisa menghasilkan uang dengan video youtube? Dan bagaimana seseorang menghasilkan uang jutaan hanya dengan mengupload video di youtube.

Posting ini sengaja saya buat terpisah untuk menjawab pertanyaan seputar pembayaran youtube, setelah lebih dari 100 pertanyaan mengenai pembayaran adsense. Sederhana saja, yang penting mudah dipahami.

Secara singkat saya akan memberi gambaran, bagaimana video anda bisa menghasilkan uang melalui youtube. Nah, karena sudah banyak penjelasan diposting sebelumnya jadi saya akan membuat secara ringkas.

  1. Anda harus punya video.
  2. Anda harus punya akun youtube.
  3. Anda harus mengaitkan youtube dengan adsense.
  4. Anda dapat uang.

Mudah sekali bukan, untuk point pertama dan kedua tidak perlu dijelaskan. karena untuk mempunyai akun youtube kita tinggal mendaftar menggunakan email dari google secara gratis.

Mendapatkan Akun Adsense youtube

Tahap berikutnya adalah mendapatkan akun Adsense youtube, syaratnya juga cukup mudah. Anda hanya membutuhkan 1 Video original (Termasuk Audio) minimal berdurasi 6 menit untuk didaftarkan adsense.

Proses pengajuannya juga tidak membutuhkan waktu lama, maksimal 3 hari anda sudah mendapatkan pemberitahuan melalui email bahwa akun Adsense youtube anda diterima. Selengkapnya anda bisa baca artikel dibawah ini.

Update April 2017 – Saat ini peraturan terbaru Youtube adalah video baru bisa dimonetisasi atau dipasang iklan, apabila sudah mencapai 10.000 views/tayangan. Setelah tembus 10.000 views masih akan ditinjau pihak Youtube, apakah melanggar kebijakan atau tidak untuk dipasang iklan.

Baca : Mendaftarkan youtube ke google adsense

Loading...

Setelah semua proses selesai anda sudah bisa  menghasilkan uang dari video anda yang di upload ke youtube, nah sederhana sekali bukan.

 Bagaimana sistem pembayaran youtube

Video yang anda daftarkan ke Adsense youtube otomatis akan mendapatkan iklan dalam setiap tayangan. Iklan ini yang menempatkan adalah pihak Adsense atau kita bisa tempatkan secara manual disetiap video.

Baca : Trik Menambah Dan Memperbanyak Jumlah Iklan Di Youtube (Untuk Video Durasi Panjang)

Sistem penghasilan yang didapatkan adalah sebagai berikut:

  • Iklan yang ditayangkan melalui lelang AdSense.
  • Iklan yang dijual dengan dasar pemesanan melalui DoubleClick.
  • Iklan dari berbagai sumber lainnya yang dijual YouTube

Dari semua iklan yang ditayangkan pada video yang Anda upload itulah yang menghasilkan uang, sistem pembayaran youtube bisa melalui klik yang didapatkan dari penonton video ataupun jumlah tayang iklan dalam video secara keseluruhan.

Jadi walaupun iklan video tidak mendapatkan klik dari pengunjung, kita masih mendapatkan bayaran melalui jumlah tayangan iklan dalam video, biasanya setelah 1000 tayangan iklan akan mulai dihitung dan dimasukkan dalam data pembayaran.

Sistem Biaya Per Seribu tayang

Pembayaran youtube ini lebih dikenal dengan BPS (Biaya Per seribu) untuk setiap tayangan iklan dalam video Anda yang ditayangkan sebanyak 1000 kali di youtube maka anda akan dibayar. Pendapatan per 1.000 tayangan iklan ini merupakan penghasilan tertaksir, atau merupakan penghasilan kotor.

Rumusnya adalah RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Keterangan :

RPM=Revenue Per Thoushand Impression Pendapatan rata-rata yang bisa di dapatkan dari setiap 1.000 impresi.

Untuk penghasilan Publisher Adsense, RPM yang di peroleh antara $1 – $5 Hal ini juga tergantung dari wilayah, jenis konten, dan relevansi iklan. (Termasuk durasi tayang pada setiap video)

  • Contoh : Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan halaman, maka BPSe hahalaman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

Lihat sumber resmi google

Melihat hasil pembayaran sementara dari dashboard analytics youtube

Untuk dapat melihat pembayaran youtube sementara atau hasil taksiran atau kotor bisa langsung ke dashboard youtube analytics. Untuk Selanjutnya penghasilan tertaksir ditampilkan dalam waktu 24 jam menurut zona waktu yang digunakan.

pembayaran youtube

Dalam dashboard youtube analytic bisa dilihat perkembangan jumlah taksiran pendapatan harian, mingguan maupun bulanan. Selain itu juga akan mencatat penambahan subsriber setiap bulannya dengan lengkap.

Dashboard youtube analytics juga melaporkan hasil secara lengkap, mulai durasi tayangan (waktu nonton permenit) atau jumlah tayangan setiap bulan dengan tampilan visual grapich seperti gambar dibawah ini.

pembayaran youtube

Nah, dari dashboard youtube analytic kita hanya bisa melihat pendapatan tertaksir, semua penghasilan bersih akan dimasukkan kedalam dashboard akun Adsense anda setiap tanggal 15 pada bulan berikutnya.

Bagaimana saya menerima pembayaran youtube?

Sebelum menerima pembayaran youtube, pastikan anda sudah melakukan verifikasi PIN adsense yang akan dikirimkan ke alamat rumah anda melalui kantor pos, jadi dalam membuat akun adsense youtube pastikan alamat anda ditulis secara benar.

PIN Adsense ini akan dikirim oleh pihak Adsense setelah akun Adsense berumur 3 bulan atau anda sudah mendapatkan jumlah saldo sebesar 10 USD atau dengan mata uang Rupiah yang setara dengan 10 USD.

Baca :PIN Adsense tidak datang bisa verifikasi dengan KTP

Anda akan menerima pembayaran youtube Adsense setelah mencapai minimal ambang batas sebesar 100 USD atau setara dengan mata uang rupiah senilai 100 USD (Kurs pada bulan tersebut)

Pembayaran youtube adsense ini bisa diterima melalui Western Union dengan menunjukkan KTP yang sesuai dengan nama pembayaran Adsense tanpa dikenakan biaya potongan apapun.

Atau bisa juga menngunakan pembayaran melalui transfer bank (Wired Transfer), biasanya akan dikenakan potongan biaya minimal 5 USD atau tergantung kebijakan bank setempat.

Baca :Sekarang Pembayaran Adsense Dengan Transfer Bank Mudah, Cepat dan Aman

Nah, sangat mudah bukan? Kumpulkan video anda sebanyak mungkin dan upload ke youtube untuk menghasilkan uang. Bawa ponsel kesayangan anda untuk mengambil moment-moment penting dalam hidup anda.

Koleksikan semua video anda di youtube dan anda akan menerima pembayaran youtube dari hasil kreasi anda.

Semuanya gratis…Tunggu apalagi?



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

129 Comments

  1. Saya belim sampe 10hari si mas masih 5 hari gitu

    1. Kalo idh tgl 15 berarti baru bisa bulan depan dong gajiannya?

      1. Tunggu sampai 10 hari kerja (minggu dan hari libur ttidak termasuk).
        Ya betul mas, akan diakumulasikan bulan depan.

  2. Mas ko saya udh isi rekening tpi belum dapet kode uang yh kurng dari 1000 itu? Itu di ceknya dimana? Fotoin dong mas? Orang tua saya jadi gk percaya nih mas tolongin

  3. Mas, kalo masukin nama rekening itu depanya kita tulis “ibu” apa enngak?! Jawab mas mumpung belum tgl 15

  4. Selamat siang, Saya mau bertanya doang,
    saya sudah Verifikasi PIN alamat, dan Verifikasi Bank. Semuanya itu saya verifikasi tanggal 10 bulan ini. Nah yg Ingin saya tanyakan, apakah Pembayaran saya akan tetap dikirim oleh google pada bulan Ini juga. atau bulan berikutnya. Untuk Earn dll, saya sudah melebihi ambang minimal 100$. dan tidak dalam masa penangguhan atau lainnya. Untuk ada yg bisa menjawab, saya ucapkan terimakasih.

    1. Untuk verifikasi dibawah tanggal 15 dan saldo sudah melebihi ambang minimal 100$ (saldo bulan lalu, sampai tanggal 31) maka akan menerima pembayaran bulan ini.

  5. Mas gani nih baik banget deh.sabar jawab nya..hehe…makasih pencerahannya lho mas

  6. Pembayaran nya dihitung kalo ada yang klik iklan aja ya?
    Lalu apakah bisa permohonan kita di accept google adsense kalo tayangan publik belum bahkan jauh dari 10000?

    1. Selain klik iklan ada juga sistem pembayaran BPS (Biaya Per seribu)
      Betul, sekarang aturan terbaru untuk mendaftar Adsense youtube minimal harus mencapai 10.000 tayangan.

      1. Gan Gani saya mau nanya saya kan baru buat channel dan harus 10000 view dulu baru di monetisasi nah itu kalo saya udh sampe 10000 view itu langsung dibayar dari 10000 view itu atau nunggu lagi setelah iklan…dan gan mau nanya penghasilan sekarang per 1000 view berapa ya?

      2. Salam,
        Bang gani, maaf mohon pencerahannya bang,
        Dulu akun saya udah pernah ada pendapatan, tp baru 0,13 dollar, apakah itu berarti pendaftaran sudah berhasil???
        Dan tapi setelah sekian lama karna suatu hal, sy lama gak upload, kok bisa hilang ya?? Sekarang baru mau aktif lagi.. Dan ternyata dollarnya nol.. Mohon pencerahannnya bang… Maturnuwun,
        Salam dr jogja,
        Febri

  7. mas, mo tnya ne..
    berapa banyk mononton dr youtube kita agar dibayar oleh google
    promblem y sya penayangan sdh mencpai 800an and wktu y jg sudh 2000an
    mhon coment y…

    1. Buat yang punya chanel ini : Mantap videonya Mas Brooo :
      Pengalaman Saya dan saran, BANYAK YANG MENONTON BUKAN BERARTI BANYAK UANGNYA, untuk cepat naik subscribe harus juga sering SUBSCRIBE ULANG DAN LIKE KE YANG SUBSCRIBE, dan saya sudah menerima hasilnya udah pasti naik broo…harus sering konsultasi ke kawan2 juga, makasih subscribnya ya,segera subscribe dan like kembali biar cepat naik rating. Ini sudah terbukti brow